Kodingareng Keke, Serasa Liburan di Pulau Pribadi

Kodingareng Keke, Serasa Liburan di Pulau Pribadi

Kodingareng Keke, Serasa Liburan di Pulau Pribadi
5 (100%) 2 votes

Jika ingin merasakan akhir pekan yang berbeda, yuk mari ke pulau Kodingareng Keke menikmati alam bawah lautnya yang indah, pasir putihnya yang menggoda serta memanjakan mata dengan biru langit dan birunya laut. Anda akan merasakan sensasi liburan di pulau pribadi.

Liburan di Pulau Kodingareng Keke

Kodingareng Keke, serasa liburan di pulau pribadi

Pulau Kodingareng Keke memang merupakan sebuah pulau kosong tidak berpenghuni. Hanya ada semak-semak, pohon pinus dan beberapa ekor kucing. Entah darimana kucing-kucing ini berasal, saya gak pernah nanya 😀 Pertama kali berkunjung ke sana, kucingnya hanya ada dua ekor. Ternyata kemudian yang dua ekor ini beranak pinak karena terakhir kali ke Kodingareng keke, tampak beberapa ekor kucing berkeliaran di pulau.

Secara geografis, pulau ini masuk dalam Kecamatan Ujung Tanah, Makassar dan berjarak kurang lebih 14 km dari pesisir Makassar. Merupakan salah satu dari sekian banyak pulau dalam gugusan Kepulauan Spermonde, pulau ini berbentuk memanjang dari timur laut ke barat daya.

Salah satu keunikan pulau Kodingareng Keke adalah memiliki jenis pasir yang berbeda di sisi-sisi pulaunya. Di bagian selatan adalah pecahan karang halus dan kerikil sedangkan di bagian utara berupa pasir putih yang lembut. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan pasir putih dengan perairan yang biru jernih.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke pulau ini, beberapa informasi yang perlu diketahui adalah :

Merapat di Pulau Kodingareng Keke

Merapat di Pulau Kodingareng Keke

1. Akses

Tidak ada pelayaran regular menuju pulau ini. Jadi jika ingin berkunjung, harus menyewa perahu motor tempel (atau biasa disebut pappalimbang/jollorok) di dermaga Kayu Bangkoa Jl Pasar Ikan atau Dermaga Popsa yang ada di seberang benteng Rotterdam. Perahu motor ini memiliki kapasitas 8 sampai 10 orang.

Akses menuju pulau Kodingareng Keke juga bisa melalui pelabuhan tradisional Paotere. Nah di sini, anda bisa menyewa kapal kayu dengan kapasitas yang lebih besar. Namun akses melalui dermaga kayu bangkoa lebih terkenal karena mudah dijangkau dari berbagai penginapan atau hotel di Makassar.

Lama perjalanan menuju pulau Kodingareng Keke sekitar 40-60 menit tergantung kecepatan perahu motor dan kondisi cuaca saat menyeberang.

Bale-bale di Pulau Kodingareng Keke

Bale-bale di Pulau Kodingareng Keke

2. Biaya

Biaya yang diperlukan untuk menyeberang ke pulau ini bervariasi, tergantung kelihaian melakukan negosiasi dengan pemilik kapal, jumlah rombongan dan akan menginap atau tidak. Normalnya sekitar 500-600 ribu rupiah untuk satu jollorok dengan kapasitas 10 orang. Jadi biaya yang harus dibayarkan akan lebih murah jika berangkat beramai-ramai, bisa sharing cost.

Bila akan menginap, harus membawa tenda dan perlengkapan camping karena tidak ada penginapan sama sekali. Dan tentu biaya akan bertambah karena perahu motor akan pulang dan datang lagi menjemput keesokan harinya dalam keadaan kosong. Namun biasanya pengunjung lebih memilih menginap di pulau Samalona, pulau berpenghuni yang lebih dekat dengan pulau ini.

Walaupun tidak berpenghuni, biasanya ada beberapa nelayan atau warga pulau lain yang datang ke sini. Mereka membuat bale-bale untuk beristirahat dan disewakan untuk pengunjung dengan harga 50 ribu rupiah per petak. Alternatif lain adalah membawa tikar sendiri yang bisa digelar di bawah pohon pinus.

Diving di Pulau Kodingareng Keke

Diving di Pulau Kodingareng Keke

3. Aktivitas

Sebagai salah satu pulau dengan pemandangan bawah laut yang indah, Kodingareng Keke menjadi tempat favorit para penyelam. Di sana bahkan terdapat bangkai mobil VW combi yang sengaja ditenggelamkan dan menjadi spot yang bernama Combi wreck. Terdapat juga beton-beton berongga yang sengaja disusun seperti piramida sebagai karang buatan untuk rumah ikan.

Jika tidak menyelam, free dive dan snorkeling juga bisa jadi kegiatan lain. Dengan kedalaman kurang dari 5 meter, spot untuk free dive dan snorkeling terdapat di sisi timur pulau. Cukup berenang sekitar 10 meter dari bibir pulau, terumbu karang beragam bentuk dan warna, serta gerombolan ikan yang berenang ke sana ke mari sudah bisa memanjakan mata. Pemandangan bawah laut pulau ini memang relatif lebih bagus dibanding pulau Samalona.

Alam bawah laut Kodingareng keke

Alam bawah laut Kodingareng keke (Foto: Herman Laja)

TIKET ONLINE MURAH KE MAKASSAR

Jika tidak bisa snorkeling, cukup berenang di pinggir pantai. Atau bermain pasir dan berjemur menikmati birunya langit yang berpadu dengan birunya laut Makassar.

Kegiatan lain yang tidak kalah asiknya adalah bakar-bakar ikan. Biasanya ikan dibeli di tempat lain, seperti di pelelangan ikan atau singgah di Pulau Samalona dan membeli di nelayan/penduduk setempat. Jika beruntung, terkadang ada nelayan yang singgah ke pulau dan menawarkan hasil tangkapan mereka, tentunya dengan harga yang lebih murah. Menikmati ikan bakar sehabis bermain air tentu menjadi salah satu pengalaman yang menarik, terlebih di pulau kosong seperti Kodingareng Keke ini.

Aktivitas di kodingareng keke

Mari berenang …

4. Tips

  • Waktu terbaik untuk liburan ke Pulau Kodingareng Keke adalah di bulan Mei hingga Oktober saat cuaca sedang cerah-cerahnya.
  • Jika ingin mengunjungi pulau ini, sebaiknya berangkat lebih pagi karena jika terlalu siang cuaca sangat menyengat, sementara tidak ada fasilitas berteduh selain pohon-pohon pinus.
  • Sebelum berangkat, tawarlah harga sewa perahu motor karena biasanya tukang perahu memasang harga di atas harga normal. Selain itu, sebaiknya dipaketkan dengan pulau Samalona. Setelah puas menikmati alam bawah laut di Kodingareng Keke, bisa singgah di Pulau Samalona untuk makan siang ataupun sekadar menikmati secangkir teh hangat dan sepiring pisang/ubi goreng dengan sambel yang menggugah selera.
  • Bawalah bekal jika berkunjung ke pulau ini, misalnya air mineral dan cemilan. Biasanya rasa lapar melanda sehabis berenang padahal di pulau ini sama sekali tidak ada warung.
  • Jika ingin membasuh badan, sebaiknya membawa air sendiri karena tidak ada fasilitas air tawar dan kamar mandi di sana. Jangan lupa bawa sarung juga yak untuk ganti baju.
  • Jangan lupa juga untuk selalu mengoleskan sunblock karena sinar matahari yang cukup menyengat kulit. Gak mau dong sehabis liburan, harus menahan perih karena sunburn.
  • Sebaiknya memakai sepatu/alas kaki ketika snorkeling, ada bahaya bulu babi yang bersembunyi di sela-sela karang. Dan yang paling penting, jangan menginjak karang karena bisa merusak ekosistem bawah laut tersebut.
TIKET MURAH KE MAKASSAR
bersama EzyTravel ke Kodingareng Keke

Bawalah bekal yang cukup saat ke Kodingareng Keke

**

Jadi tunggu apalagi, hayuk wisata ke Makassar dan kunjungi pulau Kodingareng Keke untuk merasakan sensasi berlibur serasa di pulau pribadi.

(Visited 7,493 times, 2 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Kodingareng Keke, Serasa Liburan di Pulau Pribadi' have 3 comments

  1. May 7, 2015 @ 5:35 pm depz

    Cakeup bingitsss.
    😀

    Reply

    • May 7, 2015 @ 8:07 pm Nanie

      Nah! hayuk ke Makassar :))

      Reply

  2. September 19, 2015 @ 11:22 am Irwan Ar Rahim

    Kerennnnn….. serasa pengen kesana 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool