malam takbiran di makassar

Kemeriahan Malam Takbiran di Makassar

Kemeriahan Malam Takbiran di Makassar
Vote Us

Hari Raya Idul Fitri atau yang sering disebut juga sebagai hari Lebaran, adalah momen perayaan umat Muslim setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Hari raya ini menjadi kesempatan untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama kerabat dan sahabat. Selain mudik, malam takbiran merupakan salah satu tradisi saat lebaran yang terus bertahan dan dilaksanakan setiap tahunnya.

Malam takbiran adalah malam di mana umat Muslim merayakan berakhirnya bulan Ramadan, dimulai sejak maghrib tiba pada malam tanggal 1 Syawal. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua turut bersukacita. Masjid-masjid akan mengumandangkan takbir semalaman hingga tiba waktu untuk sholat Idul Fitri.

Mau tau tradisi lebaran Idul Fitri warga Makassar? Baca di sini yukk

Malam takbiran ini dirayakan secara unik di beberapa daerah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Misalnya Grebeg Syawal di Jogjakarta dan Surakarta. Gunungan hasil pertanian akan diarak berkeliling keraton hingga ke Masjid Kauman atau Masjid Agung untuk didoakan lalu dibawa keluar. Masyarakat akan bererbutan mengambil isi gunungan hingga tak bersisa. Atau Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo yaitu memasang ratusan hingga ribuan lampu minyak di berbagai tanah lapang dengan formasi yang berhubungan dengan lebaran. Tumbilotohe sudah dilakukan secara turun temurun sejak abad ke-15 dan biasanya dilakukan selama tiga hari sebelum lebaran.

Di Pontianak lain lagi, tradisi malam takbiran dilakukan dengan menyulut meriam bambu  berbagai ukuran (dinamakan meriam karbit) yang dijejerkan di sepanjang Sungai Kapuas. Tradisi ini meneruskan kebiasaan Sultan Syarif Abdurahman Alkadri yang membunyikan meriam karbit pada malam takbiran. Sedangkan di Aceh Negeri Serambi Mekkah, ada yang namanya Meugang yaitu tradisi menyembelih sapi atau kambing dalam jumlah banyak pada malam takbiran. Sebagian dibagikan kepada tetangga yang kurang mampu dan sebagian dikonsumsi sendiri. Ada yang melakukannya secara individu tapi umumnya dengan berkelompok dan dilakukan di masjid setempat atau di tempat penyembelihan hewan.

malam takbiran di makassar

(photo : Antara News Makassar)

Pada beberapa daerah, tradisi malam takbiran dilakukan dengan melakukan takbir keliling secara beramai-ramai. Dulu sih takbir keliling dilakukan sambil berjalan kaki tapi sekarang sudah dilakukan dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Mobil-mobil akan dihias atau dimodifikasi dan pawai bersama keliling rute yang telah ditentukan. Bersamaan dengan takbir yang dikumandangkan dari atas kendaraan, bunyi bedug yang ditabuh akan terdengar bertalu-talu.

Di kota Makassar, pada malam takbiran, biasanya ada pawai takbir keliling di sejumlah ruas jalan protokol dengan rute Jalan Sudirman, Haji Bau, Pasar Ikan Pantai Losari, Penghibur, kembali ke Jalan Ahmad Yani, dan berakhir (finish) di Monumen Mandala Jalan Sudirman. Para peserta pawai berkumpul di depan Balaikota Makassar Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kegiatan ini memang sudah menjadi agenda tahun pemerintah dan tradisi sebelum lebaran yang dilaksanakan masyarakat Makassar setiap tahunnya.

Sejumlah kecamatan dan kelurahan berpartisipasi pada pawai keliling malam takbiran di Makassar dengan membawa kendaraannya masing-masing. Kendaraan tersebut dihias dan dimodifikasi seperti replika masjid dan dihiasi beduk mini. Kadang dilengkapi dengan pengeras suara dan sound system yang mengumandangkan gema takbir, tahmid dan tahlil.

malam takbiran di makassar

(photo : Rayapos)

Dengan iring-iringan ratusan sepeda motor dan dikawal oleh lurah/camat masing-masing serta mobil patroli petugas kepolisian, kendaraan hias akan bergerak menyusuri rute yang sudah ditentukan.  Biasanya ada perlombaan yang diadakan untuk memeriahkan pawai malam takbiran ini. Kendaraan hias yang paling menarik dari segi ornamennya, paling bagus cara menghiasnya, dan paling bersemangat pesertanya akan mendapat hadiah.

Penting untuk berhati-hati saat ikut dalam kemeriahan pawai keliling malam takbiran di Makassar ini ya karena biasanya macet atau paling tidak kendaraan padat merayap. Bersabar, tidak terburu-buru dan mau mengantri, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket, paket tour  sekaligus pesan hotel murah.

Nah kemeriahan pawai takbiran keliling yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Makassar setiap tahunnya. Bagaimana dengan di daerah kamu, adakah tradisi unik yang dilakukan sebelum hari Lebaran tiba atau ada pawai keliling seperti malam takbiran di Makassar? Mari berbagi yuk untuk saling mengenal keunikan daerah masing-masing 🙂

(Visited 275 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Kemeriahan Malam Takbiran di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool