Terumbu Karang Pulau Cangke

Keindahan Pulau Cangke Beserta Romantismenya

Keindahan Pulau Cangke Beserta Romantismenya
5 (100%) 1 vote

Dulu saat pertama kali datang ke pulau ini, saya sangat dibuat takjub dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikannya, terutama menyaksikan nemo yang meliuk-liuk di rumah anemonnya.

Ini kedatangan kedua saya ke pulau Cangke sejak dua tahun lalu saat pertama kali berkunjung. Tak banyak yang tahu keberadaan pulau ini saat itu, bahkan oleh orang Makassar sendiri. Pulau ini masuk dalam gugusan kepulauan spermonde di wilayah kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan).

Bagi yang berada di Makassar untuk datang ke pulau ini tak perlu jauh-jauh ke Pangkep karena bisa diakses melalui Pelabuhan Paotere dengan menyewa perahu. Bahkan sekarang sudah ada perahu reguler yang sampai kesana.

Pasir putih dan dermaga pulau Cangke

Pasir putih dan dermaga pulau Cangke

Dulu saat pertama kali datang ke pulau ini, saya sangat dibuat takjub dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikannya, terutama nemo. Sejak saat itu pula saya sangat suka laut dan snorkeling. Melihat teman-teman lain yang pintar melakukan freediving dengan bermanuver di dalam air, karena itu pula akhirnya saya belajar freedive supaya bisa melihat terumbu karang dan ikan lebih dekat lagi. Namun perlu hati-hati, kegiatan ini termasuk ekstrim dan juga menbutuhkan ketenangan tingkat tinggi.Dua tahun berselang, karang-karang yang dulu membuat takjub sudah banyak mengalami kerusakan. Ada yang patah. Ada yang mengalami pemutihan disebabkan oleh bius. Akibatnya semakin banyak juga bermunculan bulu babi.

Banyak hal yang menyebabkan kerusakan pada karang-karang cantik itu. Entah diinjak oleh pengunjung sendiri yang belum terlalu sadar akan kelestarian karang, kapal-kapal yang seenaknya membuang jangkar, sampai kegiatan nelayan yang menggunakan bom dan juga obat bius dalam menangkap ikan yang juga membunuh karang-karang itu. Memang dibutuhkan kesadaran dari semua pihak.

Keindahan Terumbu Karang Pulau Cangke

Keindahan Terumbu Karang Pulau Cangke

Namun masih ada tersisa keindahan yang dari pulau itu. Tunas-tunas baru bermunculan. Walau pertumbuhannya sangat super lambat. Dulu sangat gampang menemui nemo menari-nari dalam rumah anemonnya. Sekarang sudah lebih susah.Selain memiliki terumbu karang yang indah, di pulau ini juga bisa menikmati sunset dan sunrise yang cantik. Menyaksikan sunset dan sunrise seakan sudah menjadi ritual wajib saat berwisata ke pulau. Pada saat itulah langit menampakkan lukisan tercantiknya.

Sunrise di Pulau Cangke

Sunrise di Pulau Cangke

Saat malam tiba bisa menikmati taburan bintang di angkasa yang tampak jelas karena polusi cahaya yang sangat sedikit. Milky way yang melintang pun terlihat sangat jelas pula.

Kadang saat berada di pulau saya juga sangat suka sekedar duduk-duduk di demaga di malam hari sambil menikmati angin laut yang berhembus, diiringi suara desiran ombak menghantam pantai dan bercengkerama dengan teman-teman baru sekaligus berbagi cerita pengalaman menarik.

Dg Abu bersama istri tercintanya Dg Maidah

Dg Abu bersama istri tercintanya Dg Maidah

Satu dari yang paling unik dari pulau ini yaitu sepasang manusia yang sudah tinggal lama mendiami pulau ini. Yah, mereka hanya berdua. Kami biasa menyebutnya Romeo dan Julietnya pulau Cangke. Dg Abu bersama istri yang selalu setia menemani Dg Maidah.

Ketika Dg Abu bercerita bahwa ia sudah menempati pulau ini sejak tahun 1972. Kami yang saat itu mendengar spontan tertawa ringan karena membayangkan pada tahun tersebut rata-rata kami belum ada yang lahir. Sulit rasanya membayangkan perjuangan hidup berdua terisolasi di tengah lautan, terutama untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kini Dg Abu sudah terlihat renta. Penglihatannya pun sudah tidak terlalu jelas. Dengan usianya yang tidak muda lagi itu ternyata masih kuat merokok. Dia juga sangat suka mendengarkan radio. Jika ada pengunjung yang membawakannya baterai, tentunya dia akan senang sekali karena radionya akan berbunyi lagi.

(Visited 360 times, 1 visits today)


About

rangkaijejak.wordpress.com | Selalu penasaran dengan tempat baru ~ Blogger Newbie ~ Fotografer Wannabe


'Keindahan Pulau Cangke Beserta Romantismenya' have 2 comments

  1. May 29, 2015 @ 10:04 pm aldin

    makin bagus ceritanya bang.. mantap2

    Reply

    • May 29, 2015 @ 11:01 pm Roni

      Thanks Aldin udah mampir
      Masih terus belajar nulis

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool