kebun raya massenrempulu_1

Kebun Raya Massenrempulu

Kebun Raya Massenrempulu
Vote Us

Kebun raya. Mendengar nama ini yang terbayang dalam kepala sebagian besar orang Indonesia mungkin adalah Kebun Raya Bogor. Tidak salah memang karena kebun raya peninggalan jaman kolonial Belanda ini memang paling terkenal se-Indonesia. Apalagi karena di sana ada bangunan yang juga jadi salah satu istana kepresidenan.

Tapi, tahukah Anda kalau di salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan ada juga kebun raya? Namanya Kebun Raya Massenrempulu, letaknya di Kabupaten Enrekang sekitar 215 km sebelah utara kota Makassar.

Kebun raya seluas 300 hektar ini terletak di Batu Mila, Maiwa, Kabupaten Enrekang. Di jalur poros Makassar-Tana Toraja, Kebun Raya Massenrempulu berada di sebelah kanan jalan. Sebuah gerbang besar dengan tulisan “KEBUN RAYA MASSENREMPULU ENREKANG” berdiri tegak menarik perhatian.

Baca Juga  Rekomendasi Objek Wisata Enrekang di SINI

Dalam bahasa Bugis, massenrempulu bisa diartikan sebagai “menyusuri gunung”. Namun, orang Enrekang sendiri memaknai kalimat itu sebagai: gotong royong dan saling menolong. Massenrempulu juga jadi nama julukan bagi Kabupaten Enrekang.

Kebun Raya Massenrempulu diresmikan Bupati Enrekang, H. La Tinro La Tunrung tanggal 14 Maret 2007. Kebun raya ini adalah hasil kerjasama pemerintah daerah Enrekang dengan PKT, Kebun Raya Bogor-LIPI. Tujuannya tentu sangat jelas, sebagai pusat pengembangan beragam tanaman sekaligus tempat belajar dan berwisata bagi warga Enrekang dan sekitarnya.

Untuk masuk ke dalam Kebun Raya Massenrempulu kita harus membayar retribusi sebesar Rp. 5.000,-/orang. Di bagian depan kita akan disambut sebuah papan besar yang menggambarkan rencana master plan Kebun Raya Massenrempulu Enrekang.

Peta Kebun Raya Massenrempulu

Peta Master Plan Kebun Raya Massenrempulu

Rencananya di lahan seluas 300 hektar itu akan ada Enrekang Technopark, koleksi campuran, koleksi cadangan Sulawesi dan yang paling menarik akan ada wilayah khusus untuk koleksi tanaman endemik Sulawesi. Saya membayangkan di wilayah itu nantinya akan banyak tanaman-tanaman yang khas atau endemik pulau Sulawesi. Mungkin beberapa di antaranya sudah mulai susah ditemukan.

Selain beragam tanaman yang besar-besar, Kebun Raya Massenrempulu juga dilengkapi dengan berbagai taman dan fasilitas pendukung lainnya. Taman-taman dibagi menurut temanya. Ada Taman Wangi, Taman Formal, Taman Tematik Air, Taman Tematik Wallacea, Taman Hias dan Taman Palem. Dari nama-namanya mungkin Anda yang tahu tentang tanaman bisa membayangkan isi tamannya seperti apa. Sebagai orang yang tidak mengerti tanaman, jujur saya tidak tahu persis apa beda tiap taman itu.

Di dalam Kebun Raya Massenrempulu juga ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti toserba flora yang berisi berbagai macam bibit tanaman yang dijual, masjid, ruang serbaguna, resort yang bisa dijadikan tempat bermalam, lapangan olahraga, laboratorium tanaman dan banyak lagi.

salah satu bagian di Kebun Raya Massenrempulu

salah satu bagian di Kebun Raya Massenrempulu

Dari informasi yang saya dapat, ruang serbaguna di Kebun Raya Massenrempulu ini sering digunakan oleh orang-orang di Enrekang untuk menggelar kegiatan. Penggunanya dari komunitas sampai dinas pemerintahan. Lokasinya berada di dalam gedung pengelola.

Selain di dalam ruang serbaguna, beberapa komunitas juga menggunakan lahan terbuka untuk berkemah dan berkegiatan. Salah satunya adalah kegiatan Kemah Pustaka 2016 yang digelar oleh beberapa komunitas literasi di Enrekang. Mereka memanfaatkan lahan luas di kebun raya ini untuk berkemah dan menggelar kegiatan mereka.

Menyusuri Kebun Raya Massenrempulu lumayan menyenangkan. Udara sejuk dari pepohonan benar-benar membuai, apalagi di beberapa titik ada danau buatan yang dikelilingi pepohonan dan lahan datar berumput. Kita bisa duduk bersantai di sana bersama teman atau pasangan sambil menikmati alam. Di beberapa titik juga ada gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

Kalau mau berolahraga maka Kebun Raya Massenrempulu juga menyiapkan jogging track di salah satu bagiannya. Kita bisa berjogging di sana, lumayan kan? Berolahraga sambil menikmati alam yang hijau.

Ada banyak titik di Kebun Raya Massenrempulu yang memungkinkan kita untuk berhenti sejenak, menikmati deretan perbukitan jauh di belakang sana, membiarkan angin sejuk pegunungan membuai kita sambil tentu saja tidak lupa untuk berfoto. Ah iya, Kebun Raya Massenrempulu lumayan instagram-able loh.

Saat ini Kebun Raya Massenrempulu memang belum sempurna. Koleksi tanamannya belum terlalu banyak, tentu saja belum seperti Kebun Raya Bogor yang terkenal itu. Tapi, Kebun Raya Massenrempulu menyimpan harapan besar untuk bisa menjadi salah satu pusat belajar botani di Sulawesi Selatan.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket online, Bikin tiket passport online, dan Beragam paket wisata

Saya membayangkan kelak jika dikelola dengan baik dan serius, kebun raya ini akan sangat ramai dikunjungi dan jadi referensi buat para siswa atau mahasiswa yang ingin belajar banyak tentang dunia botani. Untuk saat ini bolehlah Kebun Raya Massenrempulu jadi salah satu pilihan ketika melintasi Enrekang.

(Visited 291 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Kebun Raya Massenrempulu' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool