Mie Anto

Ke Makassar, Jangan Lupa Mencicipi Mie Anto

Ke Makassar, Jangan Lupa Mencicipi Mie Anto
5 (100%) 2 votes

Belumlah lengkap  bertandang ke Makassar, jika belum mencoba berbagai macam menu makanan khasnya. Makassar terkenal dengan surganya kuliner. Ada beberapa jenis kuliner  andalan dari Makassar. Salah satunya yang terbuat dari mie.  Mie merupakan makanan yang paling populer di Asia yang berasal dari China sejak ribuan tahun lalu.  Mie termasuk makanan yang hampir selalu ditemui di setiap daerah dan mempunyai cita rasa tersendiri dan aneka olahan yang unik dan khas.

20150524_194103Jika berwisata ke Makassar, maka menu wajib yang harus dicoba saat berwisata kuliner adalah mie kering. Kenapa disebut  “mie kering”? Karena mie yang disajikan adalah mie yang  digoreng hingga kering dan kriuk. Kemudian disiram dengan kuah kental dan irisan daging ayam serta beberapa pelengkap seperti hati ayam, ampela, sayuran dan gorengan yang terbuat dari tepung kanji.

‎Setiap kali menjamu teman yang datang dari luar Makassar, menu yang pertama kali wajib dicicipi dan tidak boleh dilewatkan adalah mie Anto. Mie Anto salah satu kedai mie kering yang terkenal di Makassar. Ada beberapa kedai mie kering lainnya tapi yang paling favourite buat saya adalah Mie Anto. Mie Anto terkenal dengan slogannya yang tidak membuka cabang di tempat lain. Semua kembali ke soal selera sih.

Mie Anto Makassar

Porsi Besarnya Slurrrpppp

Keistimewaan dari mie Anto terletak pada kuahnya yang lebih gurih serta cita rasa bawang putih lebih pekat sehingga menambah lezatnya cita rasa mie kering tersebut. Berbeda dengan mie kering lainnya yang sudah saya cicipi. Pemandangan menarik  ‎saat memasuki kedai ini akan terlihat aktifitas kokinya meracik dan mencampur bahan-bahan yang akan dijadikan kuah. Kuah ini berasal dari rebusan daging ayam yang dicampur dengan tepung kanji dan telur. Kuah diolah dalam wajan yang super besar dan dimasak menggunakan tungku dengan bahan bakar arang. Setelah proses pembuatan kuahnya selesai kemudian disiramlah kuah tersebut ke dalam piring yang telah berisi mie.

Mie Anto Makassar

Sang Koki Sedang Asyik Meracik Kuahnya

Pun selera dalam memilih kadar kuah juga beragam. Kalau saya selalu memilih kuah yang sedikit saja agar renyah dan kriuknya lebih terasa saat dinikmati. Ada juga yang memesan kuahnya hingga banjir. Oh yah, di kedai mie Anto hanya ada satu jenis makanan yang dijual yaitu hanya mie kering. Ini juga yang menjadi pembeda di antara semua kedai mie kering di Makassar. Kedai lainnya, ada beberapa jenis hidangan mie yang ditawarkan. Mie Anto menawarkan dua macam pilihan porsi. Porsi besar dan porsi kecil. Saran saya, jangan lupa untuk memesan porsi besar agar lebih puas merasakan  kriuknya.

anto

Sambel dan Cabe Rawit

Jeruk nipis adalah pendamping setia dari beberapa jenis hidangan di Makassar. Tanpa jeruk nipis, makanan itu akan serasa hambar. Jadi jangan lupa memberi perasan jeruk nipis secukupnya. Mie Anto ini akan serasa lebih nikmat jika ditambahkan dengan beberapa potongan cabe rawit yang direndam cuka dan merica bubuk serta beberapa sendok sambal kuning khas Makassar. Slurppp….maka sensasi kriuk dan lezatnya mie kering akan tersaji sempurna. Apalagi ditambah dengan keringat yang bercucuran meski malam kian merambat. Tarif untuk porsi besar dihargai dengan Rp 25.000/porsi dan porsi kecil Rp 23.000/porsi.

Kedai mie Anto mulai buka jam 6 sore hingga larut malam. Semakin malam semakin ramai pengunjung yang berdatangan. Terkadang mesti antri hingga bisa mendapatkan meja yang kosong. Apalagi lokasinya tak jauh dari pusat kota dan pusat kuliner di Makassar. Terletak di perempatan jalan Bali dan jalan Lombok yang juga merupakan lokasi pecinan. Di sekitar jalan Bali juga banyak  hotel yang ditawarkan dengan berbagai ragam fasilitas dan tarifnya. Cukup lengkap bukan? Ke Makassar, jangan lupa mencicipi sensasi mie Anto yang kriuk itu yah. Dijamin ketagihan 🙂

(Visited 1,427 times, 6 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Ke Makassar, Jangan Lupa Mencicipi Mie Anto' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool