Dermaga Kayu Bangkoa

Kayu Bangkoa, Akses Menuju Kepulauan Spermonde Makassar

Kayu Bangkoa, Akses Menuju Kepulauan Spermonde Makassar
3 (60%) 2 votes

Jika sedang melakukan perjalanan wisata ke Makassar, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pulau-pulau eksotis yang terdapat di sekitar Makassar. Beberapa pulau mungkin sudah familiar di telinga dan menjadi lokasi kunjungan wisatawan seperti Pulau Kayangan, Lae-Lae, Samalona, Barrang Lompo dan Kodingareng Keke.

Sebenarnya ada puluhan pulau yang tersebar di perairan Selat Makassar, pulau-pulau ini lebih populer dengan nama Gugusan Kepulauan Spermonde. Masyarakat sekitar menyebutnya Sangkarang. Konon, julukan Spermonde diberikan oleh orang-orang Belanda. Asal katanya adalah sperm (sperma) karena jika dilihat dari udara pulau-pulau ini tampak seperti pergerakan sperma yang berjejer.

Dermaga Kayu Bangkoa

Deretan kapal/jollorok yang bersandar di Dermaga Kayu Bangkoa

Dari kota Makassar, ada beberapa akses menuju Kepulauan Spermode ini, yaitu Dermaga Kayu Bangkoa, Dermaga Popsa, Pelabuhan Tradisional Paotere, Dermaga Galangan Kapal, dan Dermaga Barombong. Untuk kali ini, mari menelusuri tentang Dermaga Kayu Bangkoa. Kayu bangkoa berarti kayu bakau. Konon, dahulu banyak kayu bakau yang terdampar di pantai ini. Akhirnya dijadikan sebagai nama dermaga dan digunakan hingga kini.

Dermaga Kayu Bangkoa terletak di Jalan Pasar Ikan, tidak jauh dari keramaian pantai Losari Makassar. Jika tidak teliti, jalan masuknya bisa saja terlewat karena terhimpit di antara jejeran ruko dan hotel. Sebagai penanda, perhatikan letak Makassar Golden Hotel dan Hotel Pantai Gapura. Nah, pintu masuk dermaga Kayu Bangkoa berada di antaranya, berupa gerbang melengkung dengan tulisan Cafe Dermaga Penyeberangan Kayu Bangkoa.

Gerbang Dermaga Kayu Bangkoa

Gerbang Dermaga Kayu Bangkoa

Letak dermaga yang berada di pusat kota membuatnya mudah dijangkau dari berbagai hotel di Makassar. Bahkan untuk hotel-hotel di sekitaran Pantai Losari, anda hanya perlu berjalan kaki sambil menikmati pemandangan dan keramaian kota di sepanjang jalan.

Dermaga Kayu Bangkoa merupakan salah satu fasilitas publik tertua di Kota Makassar. Beroperasi sejak tahun 1970 dan menjadi gerbang masuk dan keluarnya masyarakat yang menghuni gugusan pulau-pulau Spermonde. Belakangan, ketika wisata bahari sudah semakin populer, dermaga ini juga menjadi salah satu pintu gerbang para wisatawan lokal dan mancanegara untuk mengakses pulau-pulau di sekitar kota Makassar.

Aktivitas di Gerbang Dermaga Kayu Bangkoa

Aktivitas menaikkan barang di Dermaga Kayu Bangkoa

Sehari-hari, aktivitas di dermaga kayu Bangkoa terbilang ramai. Puluhan kapal kayu besar dan perahu kecil bersandar silih berganti, menurunkan atau menaikkan barang bawaan dan para penumpang. Saat akhir pekan, suasana menjadi lebih ramai lagi karena para wisatawan yang ingin berlibur ke pulau untuk refreshing sejenak meninggalkan rutinitas yang terasa menghimpit.

Umumnya, kapal kayu besar menempuh rute yang lebih jauh seperti Pulau Kodingareng Lompo, Pulau Barrang Caddi dan Pulau Barrang Lompo secara reguler. Kapal kayu ini bersandar sekitar pukul 8 pagi dan siap-siap berlayar kembali di pukul 10 mengangkut penumpang dan barang bawaannya.

Sedangkan perahu motor kecil yang lebih umum disebut jollorok atau pappalimbang, mengantar penduduk dan wisatawan ke pulau Lale-lae yang berjarak kurang lebih 5-10 menit dari dermaga Kayu Bangkoa. Jollorok dengan kapasitas 10 orang ini juga bisa dicarter untuk mengantar ke pulau-pulau terdekat semacam Pulau Kayangan, Pulau Gusung, Pulau Samalona atau Pulau Kodingareng Keke. Biayanya bervariasi tergantung jauhnya pulau dan kelihaian melakukan negosiasi dengan pemilik kapal.

Dermaga Kayu Bangkoa

Menunggu jollorok di Dermaga Kayu Bangkoa

BOOKING HOTEL MURAH DI MAKASSAR

Untuk anda yang ingin berkunjung ke pulau dan tidak sempat membeli perlengkapan semacam sabun mandi, sikat gigi, cemilan atau air kemasan, jangan khawatir. Tepat di sisi gerbang masuk dermaga, terdapat minimarket dan toko yang menjual barang kebutuhan sehari-hari. Di dalam Dermaga Kayu Bangkoa, ada jejeran warung yang menjual barang campuran. Jika tidak sempat sarapan, anda bisa duduk-duduk menikmati secangkir kopi dan penganan kecil sambil menyaksikan riuhnya aktivitas di dermaga. Lokasi Dermaga Kayu Bangkoa juga tidak jauh dari Pasar Baru, yang menjual beragam cemilan dan makanan tradisional.

Terdapat pula penyewaan peralatan diving dan snorkeling yang cukup lengkap di dalam area dermaga, bahkan jika anda membutuhkan instrukstur selam. Untuk pengendara motor, tersedia parkir kendaraan di dalam area dermaga. Cukup bernegosiasi harga dengan penjaga, maka motor bisa ditinggalkan di area parkiran. Sayangnya, karena area dermaga yang sempit, kendaraan roda empat harus mencari lokasi parkir di luar Dermaga Kayu Bangkoa.

Selamat menikmati eksotisme pulau-pulau Gugusan Spermonde!

(Visited 1,466 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Kayu Bangkoa, Akses Menuju Kepulauan Spermonde Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool