pulau kayangan makassar

Kayangan, Pulau Yang Tak Terlupakan

Kayangan, Pulau Yang Tak Terlupakan
5 (100%) 1 vote

Seperti namanya, Kayangan, pulau ini memang indah bak kayangan. Pulau kecil seluas satu hektare ini secara administratif termasuk dalam kelurahan Bulo Gading, Makassar. Lokasinya berjarak lebih kurang delapan kilo meter dari pantai Kota Makassar. Pulau yang dulunya bernama Marrouw atau Meraux ini dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan dengan perahu motor.

Tak sama dengan pulau lainnya, untuk ke pulau kayangan, ada dermaga khusus yang telah disediakan untuk kapal-kapal yang khusus pula dipersiapkan sebagai sarana transportasi. Tarifnya Rp. 35.000 untuk dewasa dan Rp.20.000 untuk anak-anak. Walaupun ada dermaga khusus yang dapat mengangkut pengunjung ke pulau ini, akan tetapi tetap ada alternatif angkutan lainnya yang dapat kamu pertimbangkan untuk melakukan pejalanan ke pulau ini, yakni dengan menggunakan perahu umum dan menyewanya dengan ongkos Rp.200.000 – Rp. 300.000 pergi pulang yang tersedia di dermaga sebelahnya. Kalau dihitung-hitung, tarifnya memang tak jauh berbeda, bahkan terbilang lebih murah tentunya. Baiknya jika kamu menggunakan kendaran bermotor, dermaga khusus ke Pulau Kayangan menjadi pilihanmu. Sebab dermaga khusus ini menyediakan lahan parkir yang menjamin keamanan kendaraanmu.

Pulau yang juga berpasir putih ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup menyenangkan untuk rekreasi keluarga, diantaranya; tempat menginap, resort atau pondokan, panggung hiburan, restoran dan café, gedung serba guna, arena bermain untuk anak-anak, sarana olah raga, anjungan memancing serta terdapat sejumlah aquarium yang mengoleksi beragam jenis ikan hias air laut.

Diakhir tahun 80an, pulau ini menjadi tempat hiburan favorit bagi warga Makassar. Muda-mudi warga Makassar kala itu senang menggelar berbagai acara dan kegiatan di pulau ini. Misalanya panggung hiburan tujuh belasan, acara fashion show, bina akrab, atau pun sekadar berkencan dan menghabiskan waktu bersama orang terkasih sambil menanti sunset dan menikmati kelapa muda yang segar.

Pulau ini menyimpan banyak kenangan, begitu juga kata Tante Jeaan kepada saya, wanita paruh baya yang tak sengaja saya temui sore itu berbagi cerita bahwa betapa beliau merindukan masa-masa mudanya yang menyenangkan besama sahabat-sahabatnya saat berkunjung ke Pulau Kayangan.

Selain sunset yang mempesona, dari pulau ini kamu juga dapat menikmati pemandangan selat Makassar, melihat kota Makassar dari sudut pandang yang berbeda. Merasakan aroma yang laut yang khas, medengarkan deburan ombak yang menenangkan, dan merasakan sepoian angin yang akan membuatmu merasa lebih santai dan nyaman berada di pulau ini.

Tak hanya itu, kamu tak perlu khawatir untuk bisa terus terhubung dengan keluarga dan teman-temanmu yang tidak ikut bersamamu, sebab di pulau ini telah dilengkapi akses untuk berinternet dengan jaringan yang cukup baik. Keamanan para pengunjungpun tak perlu diragukan lagi, beberapa perahu kemanan telah disediakan untuk sesuatu yang darurat.

Itulah Pulau Kayangan, dulu dan sekarang tetap selalu dirindu.

kayangan

(Visited 3,506 times, 5 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Kayangan, Pulau Yang Tak Terlupakan' have 4 comments

  1. July 7, 2015 @ 10:20 am triadicl

    pulau kayangan memang indah namun sayang air bersih masih kurang, khususnya air tawar.

    Reply

    • July 21, 2015 @ 3:02 pm Tenri Pakkua Bungawalia

      XD

      Reply

      • August 12, 2015 @ 2:38 pm afif

        kalau estimasi biaya penginapan disana berapa ya??trus fasilitas dalam penginapannya apa2 saja? thanks sebelumya atas jawabannya mba.

        Reply

  2. January 2, 2016 @ 12:55 am Erick

    Terakhir kesana thn 90…sdh 25 thn.. One day kesana lagi

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool