karst di Makassar

Ini Dia 4 Karst di Makassar yang Bikin Kalian Gak Mau Pulang!

Ini Dia 4 Karst di Makassar yang Bikin Kalian Gak Mau Pulang!
Vote Us

Karst adalah pembentukan gugusan tebing akibat erosi yang terjadi di bawah tanah batuan. Gugusan tebing tersebut umumnya terjadi pada batu gamping, batu marmer atau batu kapur. Karst menjadi fenomena alam yang menarik untuk Ezytravelers lihat secara langsung.

Provinsi Sulawesi Selatan memang memiliki obyek wisata alam yang menarik tidak terkecuali karst. Di Makassar, Ezytravelers dapat menjelajahi obyek wisata karst yang sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota Makassar.

Penasaran mana saja Karst di makassar yang dapat Ezytravelers kunjungi saat berlabuh di Pulau Sulawesi?

Inilah obyek wisata karst di Makassar yang menyimpan pesona eksotisnya.

Obyek Wisata Karst Rammang-Rammang

Karst di makassar

Karst Rammang-Rammang. Sumber: 2.bp.blogspot.com

Rammang-Rammang merupakan pegunungan karst atau dikenal juga hutan batu terbentuk dari erosi bawah tanah bebatuan. Obyek wisata Makassar ini masuk kategori pegunungan karst terbesar kedua setelah pegunungan karst yang ada di Yunnan, negara Cina. Indonesia ternyata tidak kalah memiliki obyek wisata alam menakjubkan seperti di luar negeri.

Karst Rammang-Rammang terbentuk dari bebatuan jenis gamping yang sudah ada sejak ribuan tahun silam dan membentang dari Kabupaten Maros hingga Kabupaten Pangkep. Sehingga jika diukur, maka luas dari pegunungan karst ini mencapai empat puluh ribu hektar.

Nama obyek wisata tersebut Rammang-Rammang yang dalam bahasa Makassar memiliki arti kabut atau awan. Menurut penuturan dari masyarakat sekitar di Rammang-Rammang terlihat muncul kabut atau awan di saat hujan turun dan khususnya saat pagi hari.

Karst di makassar

Karst Rammang-Rammang lebih dekat. Sumber: wisatasulawesi.com

Lokasi obyek wisata karst Rammang-Rammang ada di sebuah Desa Salenrang, masuk wilayah Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Ezytravelers dapat mengendarai motor untuk sampai ke Desa Salenrang. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih lima ratus meter.

Selain dapat menikmati eksotisnya pegunungan karst, Ezytravelers juga diperbolehkan naik katinting dengan menyewanya. Katinting sendiri sebutan perahu yang ada di obyek wisata karst tersebut. Menikmati bebatuan karst sambil naik katinting tentu masih jarang Ezytravelers lakukan saat mengunjungi obyek wisata karst.

Obyek Wisata Karst Pangkep

Karst di makassar

Karst Pangkep. Sumber: arnikumalasari.wordpress.com

Pangkep merupakan taman batu karst yang tidak jauh dari area persawahan. Nama obyek wisata karst ini adalah Pangkep. Banyak wisatawan remaja yang menghabiskan waktu luangnya dengan mengunjungi Karst Pangkep.

Jika Ezytravelers perhatikan hamparan dari karst yang terbentuk terlihat eksotis dengan paduan warna hijau persawahan yang ada di dekatnya. Lokasi obyek wisata karst Pangkep ada di Desa Balleangin, masuk wilayah Kabupaten Pangkep. Ezytravelers yang doyan selfie, tampaknya wajib mengunjungi karst Pangkep agar update dengan obyek wisata terkenal di Makassar ini.


Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Bantaeng


Obyek Wisata Karst Bantimurung

Karst di makassar

Karst Bantimurung. Sumber: mongabay.co.id

Bantimurung merupakan karst yang terbentuk dari bebatuan tandus, kering, panas, kapur dengan warna putih. Obyek wisata karst Batimurung dikenal pula dengan Taman Nasional Bantimurung. Di dalam obyek wisata ini Ezytravelers akan disambut dengan kupu-kupu dalam berbagai spesies serta yang tidak ketinggalan adalah pesona eksotis air terjun Bantimurung.

Obyek wisata Karst adalah tujuan yang tidak boleh dilupakan oleh Ezytravelers. Pemandangan dan udara yang menyegarkan turut menjadikan waktu wisata lebih menyenangkan selama di karst Bantimurung.

Ezytravelers juga akan melihat sumber mata air yang tidak pernah mengering. Pesona alam yang tentunya menambah kekaguman terhadap Sang Pencipta. Lokasi obyek wisata karst Bantimurung berada satu kawasan dengan Kabupaten Maros dan masih masuk Provinsi Sulawesi Selatan.

Obyek Wisata Karst Pundo Siping

Pundo Siping merupakan sebuah pegunungan karst yang juga terdapat air terjun di dekatnya. Mulanya, obyek wisata karst Pundo Siping dikenal Pondok Batu Jeneponto. Kemudian berganti menjadi nama Pundo Siping karena pembentukan karst tersebut terjadi pada bebatuan pondo. Sehingga namanya pun berubah.

Lokasi obyek wisata karst Pundo Siping berada di wilayah Desa Garasikan masuk Kecamatan Bangkala. Rata-rata wisatawan yang datang ke Karst di makassar untuk menikmati pemandangan bebatuan alam yang terbentuk secara natural.

Ezytravelers juga dapat mengikuti aksi para wisatawan di karst Pundo Siping dengan foto selfie. Atau, tidak masalah jika Ezytravelers datang sekadar menikmati pemdangan alam ciptaan Tuhan bersama saudara, sahabat, atau teman sejawat.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Karst adalah obyek wisata alam yang eksotis dan fenomenal. Tidak mengherankan setiap kali cuaca mendukung, banyak wisatawan yang memilih untuk pergi ke obyek wisata Karst di makassar.

Ezytravelers dapat menjelajahi semua karst tersebut. Pertama dengan mengunjungi karst Rammang-Rammang. Kemudian menuju ke karst Pangkep dilanjutkan melihat sisi eksotis karst Bantimurung. Dan berakhir di karst Pundo Siping.

Obyek wisata karst sendiri bukan hanya dijadikan tujuan wisata para remaja. Ezytravelers yang sudah bekerja atau ingin mengajak orangtua ke salah satu obyek wisata karst di sekitar Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar tentu saja dapat. Hanya saja sebaiknya tidak mengajak anak-anak saat merencanakan ke obyek wisata karst karena cukup berbahaya dan tidak cocok untuk mereka.

(Visited 150 times, 1 visits today)



'Ini Dia 4 Karst di Makassar yang Bikin Kalian Gak Mau Pulang!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool