Kapurung, Kuliner Sagu Dari Kota Luwu

Kapurung, Kuliner Sagu Dari Kota Luwu
5 (100%) 1 vote

Meski tak setenar Coto Makassar dan Sop Konro, menu satu ini sering jadi pilihan favorit untuk makan siang orang Makassar. Kapurung adalah makanan berbahan baku sagu yang tergolong sehat karena disajikan bersama dengan sayur-sayuran hijau. Makanan yang banyak dijumpai dikota Makassar ini berasal dari kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
Kurang berkesan rasanya jika pergi ke suatu tempat tanpa ikut merasuk dengan adat dan kebudayaan penduduk asli setempat. Santapan sehari-hari mereka patut dicoba dan dianalisa baik dari segi rasa, komposisi bahan, maupun alasan masyarakat setempat menyukai makanan tersebut.

Kapurung

Kapurung

Di Sulawesi Selatan, ada makanan berat yang cukup familiar ditengah masyarakat yaitu kapurung. Ini kerap dijadikan santapan makan siang. Bahan dasar yang terbuat dari sagu menandakan masyarakat setempat juga memiliki panganan pokok selain nasi.

Di kabupaten asalnya Luwu, Sulawesi Selatan, lebih dari 52% masyarakat mengkonsumsi sagu sebagai sumber karbohidrat utama. Bahan pokok ini kemudian diramu sedimikian rupa hingga menghasilkan makanan yang disebut Kapurung. Kuah kuning kapurung memiliki cita rasa asam yang menyegarkan. Dari segi penampilan, kapurung mengingatkan kita pada papeda, makanan khas Papua yang juga berbahan baku sagu. Sayuran yang dicampurkan pada kapurung antara lain kacang panjang, tomat, bayam, terong, jagung, dan yang paling unik adalah jantung pisang. Sementara sumber proteinnya berasal dari ikan, udang, dan ayam.

Kapurung

Kapurung

Kapurung

Kapurung

Ketika menyantap bola-bola sagu, ada sensasi berbeda yang pecah didalam mulut. Tekstur aneka sayur, ayam, dan ikan yang agak kasar berbaur dengan bola sagu yang kenyal. Saat kita menguyahnya secara bersamaan, bola-bola sagu melepaskan diri dan tergelincir masuk ke dalam tenggorokan bersamaan dengan sari ikan yang gurih.

Kapurung semakin nikmat jika dimakan dalam hidangan panas dengan tambahan keripik atau kacang goring kemudian disajikan dengan kuah yang agak kental. Rumah makan yang cukup kondang dengan sajian kapurungnya adalah Aroma Luwu yang terletak di jalan Rajawali II, Makassar.

Rumah Makan yang terkenal dengan menu andalanna Kapurung

Rumah Makan yang terkenal dengan menu andalanna Kapurung

Dirumah makan ini, kuah kapurung dicampur dengan kaldu ayam agar rasanya lebih gurih. Kapurung disajikan dalam porsi ukuran kecil dan besar. Ukuran kecil biasanya untuk pelanggan yang menjadikan kapurung sebagai makanan pembuka.

Kapurung merupakan makanan khas dari Tanah Luwu yang meliputi Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, dan Kota Palopo. Sejak dulu, kawasan ini menjadi ladang subur bagi tanaman sagu. Produksi sagu Luwu dan sekitarnya mencapai 25.000 ton/ tahun. Tidak mengherankan, jika daerah ini melahirkan banyak makanan olahan berbahan sagu, termasuk kapurung.

(Visited 998 times, 1 visits today)


About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Kapurung, Kuliner Sagu Dari Kota Luwu' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool