Berkunjung Ke Gowa dan Takalar

Berkunjung Ke Gowa dan Takalar
Vote Us

Di tulisan sebelumnya, saya sudah memperkenalkan dua kabupaten yang termasuk dalam 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. Nah, di tulisan ini saya akan coba ajak Ezytravelers sekalian untuk mengenal dua kabupaten lainnya, yaitu: Gowa dan Takalar.

Simak cerita tentang Kabupaten Maros dan Pangkep di sini

Kalau Kabupaten Maros dan Pangkep berada di sebelah utara kota Makassar, maka Gowa dan Takalar berada di sebelah selatan kota Makassar. Keduanya punya sejarah panjang bagi provinsi ini, bahkan sebelum masa penjajahan Belanda.

Yuk, kita simak!

Letak Geografis.

Kabupaten Gowa dan Takalar ibaratnya dua wilayah yang bersaudara, punya akar yang sama dan punya kedekatan sejarah yang sama. Kabupaten Gowa berada tepat di selatan kota Makassar, berbatasan langsung dengan kota Makassar. Ibukota kabupatennya yaitu Sungguminasa hanya berjarak sekitar 17 km sebelah selatan kota Makassar. Sangat dekat bukan?

Sementara Kabupaten Takalar lebih ke selatan lagi, berjarak sekitar 40 km dari kota Makassar. Takalar berbatasan langsung dengan Gowa dan Gowa sendiri selain berbatasan dengan Makassar dan Takalar juga masih berbatasan dengan tiga kabupaten lain. Kabupaten Maros, Sinjai dan Jeneponto tercatat berbatasan dengan Gowa. Luas juga ya?

Takalar dan Gowa berada di pesisir barat pulau Sulawesi, sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan Selat Sulawesi. Tapi di bagian belakang dataran luas membentang, dan bahkan Gowa punya wilayah dataran tinggi di kaki Gunung Bawakaraeng dan Bulusaraung.

Gerbang Kabupaten Gowa

Gerbang Kabupaten Gowa

Gowa dan Takalar termasuk dua wilayah penghasil padi terbesar di Sulawesi Selatan. Selain padi, kedua wilayah ini juga termasuk penghasil sayuran yang kadang dikirim sampai ke luar pulau. Wilayah yang subur jadi salah satu penyebabnya, apalagi Kabupaten Gowa punya daerah ketinggian.

Budaya dan Sejarah.

Kalau menyebut Gowa, banyak orang yang pasti sudah mengenalnya. Kerajaan Gowa adalah salah satu kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan dan punya sejarah panjang utamanya di abad 16 hingga abad 18. Waktu itu kerajaan Gowa menjadi salah satu kerajaan paling berpengaruh di Nusantara. Pelabuhan milik kerajaan Gowa adalah pelabuhan yang sangat ramai oleh pedagang Nusantara bahkan pedagang dari luar negeri. Sisa-sisa kejayaan itu bisa dilihat di Benteng Somba Opu yang berada di delta sungai Jeneberang. Sementara istana terakhir Raja Gowa bisa dilihat di Sungguminasa, ibu kota Kabupaten Gowa.

Sementara itu, wilayah Takalar yang sekarang dahulunya masuk sebagai bagian dari kerajaan Gowa. Salah satu wilayah kabupaten Takalar saat ini adalah wilayah yang sangat penting bagi kerajaan Gowa. Daerah Galesong namanya. Salah satu penasehat raja Gowa berasal dari daerah itu, dan di dalam wilayah Takalar sekarang ada beberapa benteng pertahanan kerajaan Gowa jaman dahulu.

Kabupaten Gowa dan Takalar dihuni sebagian besar oleh orang dari suku Makassar, bahasa dan adat istiadat suku Makassar sangat lekat dengan keseharian warga kedua kabupaten itu.

Di jaman pergolakan revolusi kemerdekaan, kedua wilayah ini juga dikenal sebagai tempat lahirnya beberapa pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia. Nama-nama seperti Ranggong Daeng Romo atau Laskar Harimau Indonesia dan Lipang Bajeng berasal dari daerah Takalar dan Gowa. Nama-nama itu sangat menggetarkan hati para penjajah Belanda di jaman dahulu.

Destinasi Wisata.

Meski mungkin belum terlalu terkenal, namun sesungguhnya Kabupaten Gowa dan Takalar juga punya banyak potensi wisata. Untuk Kabupaten Gowa, destinasi wisata yang paling terkenal tentu saja dataran tinggi Malino yang berada di Kecamatan Tinggi Moncong.

Malino yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng terkenal dengan alamnya yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Di sini kita bisa menikmati udara yang sejuk, pemandangan yang membuai serta tidak lupa hasil alam yang bisa dibawa pulang. Ada sayuran, bunga dan makanan-makanan kecil hasil produksi warga setempat. Malino berjarak kurang lebih 70km dari kota Makassar dan bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar dua jam.

Balla Lompoa yang merupakan destinasi wisata Kabupaten Gowa

Balla Lompoa yang merupakan destinasi wisata Kabupaten Gowa

Destinasi wisata lain yang bisa ditemukan di Kabupaten Gowa adalah wisata sejarah di bekas istana Kerajaan Gowa. Istana itu bernama Balla Lompoa dan berada di jantung kota Sungguminasa. Selain melihat sisa-sisa kerajaan Gowa yang dipamerkan di museumnya, pengunjung juga bisa mencoba berfoto menggunakan baju adat Makassar yang disewakan di sini.

Kalau mau berwisata religi, kita bisa mendatangi masjid tua Al Hilal atau kerap disebut Masjid Katangka. Masjid ini berada di perbatasan Kabupaten Gowa dan Makassar dan merupakan salah satu masjid tertua di Sulawesi Selatan. Masjid ini konon didirikan oleh Syech Yusuf, salah satu tokoh agama terbesar di Sulawesi Selatan dan bahkan terkenal hingga ke Afrika Selatan.

Sementara itu Takalar lebih banyak menjual destinasi wisata bahari. Tidak jauh dari kota Makassar, Takalar punya wilayah yang disebut Pantai Galesong. Pantai ini juga ramai dikunjungi wisatawan di hari-hari libur, meski belum terlalu populer.

PPLH Puntondo Kabupaten Takalar

PPLH Puntondo Kabupaten Takalar

Kalau buat saya, tempat paling menarik dari Takalar adalah PPLH Puntondo yang berada di wilayah Puntondo sekitar 90 km dari kota Makassar. Di tempat ini kita bisa berwisata sambil belajar. Belajar mengenal kehidupan pesisir dan belajar menyelamatkan bumi. Pokoknya sangat menyenangkan!

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Oke deh, itulah sekilas perkenalan dengan dua kabupaten yang ada di selatan kota Makassar itu. Selanjutnya saya kan meneruskan cerita tentang tempat-tempat lain di Sulawesi Selatan. Tempat-tempat yang mungkin akan memberi pengetahuan baru bagi Ezytravelers sekalian.

(Visited 171 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Berkunjung Ke Gowa dan Takalar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool