10 Jenis Kerbau dan Nilainya Di Toraja Bagian 1

10 Jenis Kerbau dan Nilainya Di Toraja Bagian 1
5 (100%) 1 vote

Toraja merupakan salah satu kabupaten terbesar di Sulawesi Selatan yang tidak hanya besar secara administrasi tapi juga besar dalam destinasi wisata dan juga kebudayaannya. Kamu mungkin sudah sering mendengar ritual adat Rambu Solok. yang merupakan kebudayaan yang tiap tahun selalu di selenggarakan oleh masyarakat Toraja. Dalam setiap acaranya pun pasti selalu hadir kerbau-kerbau Toraja (Tedong) yang besar dan montok.

Baca juga tiga hal yang bisa dilakukan di Toraja. Menyenangkan loh

Pernah kah kamu berpikir apa hubungannya antara ritual Rambu Solok dan kerbau-kerbau Toraja ini? Nah berbicara soal ritual adat di Toraja dan kerbau (Tedong) ternyata keduanya memiliki hubungan yang erat khususnya di mata masyarakat. Bagi sebagian besar masyarakatnya, kerbau sering dikaitkan dengan status sosial seseorang. Maka tak heran jika harga jual/beli kerbau Toraja begitu fantastis mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Dalam sebuah acara pemakaman besar yang biasanya dilakukan oleh keluarga bangsawan, jumlah kerbau yang dikorbankan dalam ritual adat bisa mencapai puluhan hingga ratusan kerbau. Adapun jenis kerbau yang dikorbankan adalah jenis kerbau Toraja pilihan yang memiliki tingkatan tertentu yang dinilai dari bentuk, tanduk, ukuran dan warnanya. Berikut ini adalah 10 jenis kerbau Toraja (Tedong) terbaik beserta nilainya dalam upacara adat masyarakat Toraja.

1. Tedong Saleko

kerbau toraja

Tedong Saleko, Kerbau Paling Mahal di Toraja

Di urutan pertama terdapat kerbau yang paling ikonik yaitu Tedong Saleko. Kerbau ini memiliki badan yang besar dengan corak belang warna putih dan hitam serta memilik tanduk perkasa berwarna kuning. Kerbau ini merupakan kerbau paling mahal di Toraja kisaran harganya antara Rp.800.000.000 – Rp.1.000.000.000 per ekor. Satu kata untuk kerbau ini ‘wow’, kamu berani membelinya?

2. Tedong Bonga

kerbau toraja

Kembaran Dari Tedong Saleko yaitu Tedong Bonga

Sekilas Tedong Bonga ini hampir sama dengan Tedong Saleko yang membedakan hanya corak warnanya di mana Tedong Bonga lebih dominan corak hitamnya. Harga Tedong Bonga ini juga tidak kalah dengan dengan Tedong Saleko yang berkisaran ratusan juta untuk per ekornya.

3. Tedong Boko’

kerbau toraja

Tedong Boko adalah Kerbau Langka di Toraja

Selanjutnya ada Tedong Boko yang bentuk dan warnanya masih sama dengan kedua kerbau sebelumnya yang membedakan hanya corak warna hitamnya yang terletak di punggung. Untuk urusan nilai jual, harga seekor Tedong Boko berkisar ratusan juta atau di antara harga Tedong Saleko dan Tedong Bango. Mengapa demikian, karena Tedong Boko merupakan jenis kerbau Toraja yang cukup langka.

4. Tedong Ballian

kerbau toraja

Kerbau Primadona Masyarakat Toraja

Di urutan selanjutnya ada kerbau yang paling unik dan menjadi primadona di Toraja, namanya adalahnya Tedong Ballian. Tedong Ballian ini memiliki bentuk serta ukuran yang paling unik di mana kerbau ini memiliki tanduk panjang dengan ujung melengkung ke atas (terkadang ada juga yang ke bawah) yang memiliki panjang keseluruhan adalah 2 meter.

Dengan badannya yang gempal serta kakinya yang pendek dengan corak warnanya yang keabu-abuan membuat kerbau ini terlihat unik. Untuk per ekornya, kisaran harga Tedong Ballian adalah kurang lebih Rp.100.000.000. Bagaimana, kamu tertarik membelinya? Harganya cukup murah loh.

5. Tedong Pudu’

kerbau toraja

Seu-seruan Nonton Adu Kerbau di Toraja

Di antara semua kerbau Toraja, mungkin tidak ada yang bisa menandingi keperkasaan dari Tedong Pudu karena kerbau ini merupakan kerbau petarung dari jenisnya. Badannya yang besar dan kekar serta kulit warnanya yang didominasi hitam patutlah jika kerbau Toraja ini dilabeli kerbau terkuat. Seringkali kemampuan bertarung Tedong Pudu’ digunakan dalam acara Ma’palisaga Tedong (adu kerbau) dalam upacara Rambu Solo’. Biasanya kerbau yang menang, nilai jualnya akan naik mencapai 200-300 juta lebih per ekornya. Adapun harga jual Tedong Pudu yang biasa adalah kurang lebih 100 juta per ekor.

Itulah deretan 5 kerbau Toraja yang sering hadir dalam upacara adat Rambu Solo. Dan di antara 5 kerbau di atas harga paling tertinggi adalah Rp.1 milyar. Bagaimana rasanya yah jika memiliki salah satu kerbau tersebut, pastinya akan sangat menyenangkan apalagi jika kita menjadi peternak kerbaunya.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Selanjutnya kita akan bahas lagi 5 kerbau lainnya yang tidak kalah menariknya di Toraja, jadi jangan sampai ketinggalan membaca kelanjutan ceritanya. Sebagai tambahan rasa penasaranmu, di Toraja ada terdapat jenis kerbau Albino loh, kira-kira seperti apa bentuknya dan berapa harganya.

(Visited 418 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'10 Jenis Kerbau dan Nilainya Di Toraja Bagian 1' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool