Pusat Oleh-Oleh Makassar

Jalan Somba Opu, Gudang Emas dan Ole-ole Makassar

Jalan Somba Opu, Gudang Emas dan Ole-ole Makassar
4 (80%) 5 votes

Seperti menjadi sebuah peraturan tak tertulis, bahwa sepulang dari bepergian harus membawa ole-ole. Memang jika berkunjung ke suatu daerah, tak lengkap rasanya jika pulangnya tidak membawa buah tangan atau ole-ole khas dari daerah tersebut. Buah tangan bisa berupa makanan, pakaian, atau souvenir yang unik. Demikian pula jika anda melakukan kunjungan wisata ke Makassar, wajib hukumnya menginjakkan kaki di Jalan Somba Opu, pusat ole-ole khas Makassar.

Pintu Gerbang Jalan Somba Opu

Pintu Gerbang Jalan Somba Opu (Sumber: Celebesonline)

Jalan Somba Opu berada di kelurahan Maloku, Kec. Ujung Pandang, bagian barat kota Makassar. Membentang dari utara ke selatan dengan panjang ± 1 Km, jalan ini bersebelahan dengan Jalan Penghibur, yang merupakan lokasi Pantai Losari. Jalan ini juga berada tidak jauh dari Fort Rottedam yang berada di Jalan Ujungpandang. Dermaga Kayu Bangkoa yang merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal menuju pulau-pulau yang ada di Selat Makassar juga berada tidak jauh dari sini. Selain itu, berbagai hotel di Makassar juga banyak berdiri di sekitar lokasi tersebut. Tidak salah dengan lokasinya yang strategis tersebut, pada tahun 1970, H.M. Patompo, walikota saat itu, menetapkannya sebagai pusat ole-ole dan cinderamata Makassar.

Ada puluhan toko yang khusus menjual cinderamata khas asal Sulawesi Selatan. Harga yang ditawarkan umumnya tidak berbeda jauh antara toko yang satu dengan yang lainnya. Beberapa toko biasanya sudah memasang label harga di item jualannya, namun harga tersebut biasanya masih bisa ditawar. Jadi jika berkunjung ke sini, jangan malu untuk menawar.

Berbagai macam souvenir di salah satu toko di Jalan Somba Opu

Berbagai macam cinderamata di salah satu toko di Jalan Somba Opu

Setiap toko biasanya selain menjual aneka kerajinan tangan atau souvenir, juga menjual penganan dan obat-obatan khas dari Sulawesi Selatan. Souvenir-souvenir yang terkenal seperti songko’ Bone, kain dan sarung sutra bugis dari Wajo, baju kaos dan gantungan kunci bertuliskan Makassar, atau miniature perahu Phinisi tersedia hampir di semua toko souvenir yang ada di sini. Begitupun makanan ringan seperti kacang disko, jambu mete, kue bagea, kue baruasa, markisa, dodol, sirup DHT, kopi toraja dan kue-kue kering khas Makassar lainnya. Sementara obat-obatan yang terkenal dari Makassar dan banyak diminati adalah minyak gosok cap tawon dan cap beruang.

Aneka souvenir dan kopi toraja di Toko Ujung, salah satu toko cinderamata di Jalan Somba Opu

Aneka souvenir dan kopi toraja di Toko Ujung, salah satu toko cinderamata di Jalan Somba Opu

Aneka warna sarung sutra wajo

Berbagai macam corak warna sarung sutra wajo

Jalan yang namanya diambil dari nama benteng peninggalan kerajaan Gowa ini juga terkenal sebagai pusat penjualan perhiasan emas di Makassar. Tak heran ketika berada di jalan tersebut, bukan hanya penjual ole-ole khas Makassar yang akan ditemui, namun juga deretan toko perhiasan emas di kiri-kanan jalan tersebut. Konon emas yang dijual di sini, kadar emasnya lebih tinggi dibanding rata-rata kadar emas di Jakarta. Umumnya pedagang di sini, baik penjual emas maupun ole-ole berasal dari etnis Tionghoa yang sudah lama bermukim di Makassar.

Deretan toko emas dan souvenir di Jalan Somba Opu

Deretan toko emas dan souvenir di Jalan Somba Opu (sumber: anekatempatwisata)

Jalan Somba Opu ini biasanya mulai ramai menjelang siang sampai malam hari. Namun di malam hari sebagian besar toko emas yang berada di bagian utara (gerbang masuk) biasanya sudah tutup, hanya penjual souvenir, toko-toko alat olahraga dan musik yang melayani pembeli sampai menjelang larut malam.

 Jadi, jika berkunjung ke Makassar, Jalan Somba Opu wajib masuk dalam itinerary kamu.

(Visited 15,824 times, 5 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Jalan Somba Opu, Gudang Emas dan Ole-ole Makassar' have 1 comment

  1. May 24, 2015 @ 2:44 pm Aida Al Fath

    belanja belinji di sini emang asyik yang penting murah meriah yaaa

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool