Ruas Jalan Poros Dan Protokol Di Makassar

Vote Us

Sekali lagi, tak kenal maka tak sayang, lalu mau bertanya sesat di jalan. Untuk kalian yang sering berpergian mungkin membaca peta dan mengenali jalan-jalan protokol dari kota-kota yang akan dikunjungi atau kota yang sedang dikunjungi adalah hal yang tidak lagi sulit. Namun beberapa mungkin masih bingung dengan jalan-jalan dari tempat-tempat yang akan dikunjungi. Jika kalian akan jalan-jalan ke Makassar, atau sedang berada di Makassar ada baiknya mengetahui beberapa jalan-jalan protokol untuk memudahkan kalian berkeliling kota Makassar.

Kota Makassar sendiri sebagai ibukota provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur dengan luas 175,8 kilometer persegi memiliki ruas-ruas jalan protokol yang banyak, beberapa diantaranya akan ditutup dan dibuka ketika ada perayaan-perayaan. Untuk lebih memudahkan berkeliling dan  jalan-jalan ke Makassar beberapa ruas jalan berikut akan membawamu ke pusat kota Makassar dari Arah Bandara:

Cari tahu jalur alternatif anti macet dari bandara Sultan Hasanuddin di sini

Jalan Perintis Kemerdekaan

Jalan Perintis Kemerdekaan akan kalian temui pada belokan ke kiri setelah keluar dari kawasan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, jalan ini akan membawamu hingga masuk ke pusat kota. Ruas jalan Perintis Kemerdekaan adalah salah satu ruas jalan terpanjang yang ada di Makassar setelah ruas jalan Veteran yang terbagi dari ruas jalan Veteran Utara dan Ruas Jalan Veteran Selatan. Di ruas jalan ini terdapat kantor imigrasi, Departemen Kehutanan, Kantor Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Rumah Sakit Umum Daya, Universitas Dipanegara dan Mall Makassar Town Square.

Kalau kalian jalan-jalan ke Makassar, sepertinya jalan ini pasti pernah kalian lewati.

jalan-jalan ke makassar

Salah satu sisi Jalan Urip Sumoharjo yang memang padat

Jalan Urip Sumoharjo

Selepas jalan Perintis Kemerdekaan, setelah jembatan Tello kalian akan mendapati jalan Urip Sumoharjo, jalan ini membelah kota Makassar bagian barat dan kota Makassar bagian timur. Beberapa bangunan pentinga terdapat di jalan ini, yaitu PLTU, Perkuburan Umum, Markas KODAM VII Wirabuana, Kantor Gubernur, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Bosowa dan Bisnis Center Graha Pena, Jamsostek dan Pengadilan Tinggi Makassar, kantor DPRD, kantor pajak dan kantor gabungan dinas pemerintah kota Makassar.

jalan-jalan ke makassar

Ruas jalan AP Pettarani

Jalan AP Pettarani

Jalan AP Pettarani terdapat di sebelah kiri jalan perempatan antara fly over Urip Sumoharjo dan tol Reformasi. Jalan ini membelah Jalan Urip Sumohardjo, membujur dari utara ke selatan. Di sepanjang jalan AP Pettarani ini merupakan kawasan perkantoran; Dinas Pekerjaan Umum PemProv, kantor Persatuan Wartawan Indonesia, kantor POLANTAS, Kantor Bulog, Mahkamah Militer TNI, Kantor DPRD, Universitas Negeri Makassar, kantor TELKOM, mall, café juga restaurant.

Jalan Veteran

Jalan Veteran juga membelah Jalan Urip Sumohardjo, hampir bersisian dengan Jalan AP Pettarani yang membentang dari utara ke selatan. Jalan ini merupakan daerah pertokoan. Hampir di sepanjang jalan ini bangunannya berbetuk ruko. Ruas jalan Veteran ini terbagi atas dua bagian, yaitu jalan Veteran Utara dan jalan Veteran Selatan.

Jalan Jendral Sudirman

Jalan Jendral Sudirman adalah salah satu jalan protokol yang ada di bagian barat Makassar. jalan jendral Sudirman ini dulunya diperuntukkan untuk kawasan pemerintahan, di jalan ini terdapat rumah jabatan Gubernur, pengadilan negeri Makassar, rumah sakit, bisnis center, rumah sakit, lapangan Karebosi, gedung serbaguna, monument Mandala dan rumah jabatan Gubernur.

jalan-jalan ke Makassar

Beginilah kira-kira rute jalanan utama di Makassar

Jalan Sam Ratulangi

Jalan Sam Ratulangi adalah jalan setelah ruas Jendral Sudirman, hampir sama dengan jalan Jendral Sudirman, dulunya di sepanjang jalan ini juga disiapkan untuk kawasan pemerintahan. Namun saat ini sebagai salag satu jalan yang ada di pusat kota, di jalan ini terdapat hotel-hotel, perkantoran dan salah satu Mall yang ada di Makassar.

Jalan Sultan Alauddin

Untuk Makassar bagian selatan dibelah oleh jalan Sultan Alauddin, jalan ini juga temasuk jalan perbatasan antara kota Makassar dan kabupaten Gowa. Di ruas jalan yang hampir setiap waktu padat kendaraan ini terdapat markas Brimob, kantor departemen hukum dan HAM, Universitas Muhammadiyah, Perpustakaan Daerah, catatan sipil, dinas kesehatan dan kantor PolSek Rappocini.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Lalu kalian dapat menemukan mall dan pusat keramaian lainnya? Tenang … Mall dan pusat keramaian lainnya masih dapat dengan mudah kalian dapati di beberapa jalan besar berikut; Jalan Boulevard yang dapat diakses melalui jalan AP Pettarani, jalan Metro Tanjung Bunga yang dapat kalian akses dari jalan penghibur serta jalan-jalan besar lainnya yang dapat diakses melalui jalan ratulangi dan jalan Ahmad Yani.

Itulah beberapa jalan poros utama di kota Makassar. Bila kalian memang ingin jalan-jalan ke Makassar, pastikan setidaknya kalian tahu tentang jalan-jalan poros utama tersebut.

(Visited 226 times, 3 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Ruas Jalan Poros Dan Protokol Di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool