Jajanan Pasar Khas Makassar

Jajanan Pasar Khas Makassar
5 (100%) 1 vote

Yang namanya kuliner pasti gak akan ada habisnya untuk dibahas. Dari penganan berat hingga ringan, bahkan untuk yang berat dan ringan dikantong pun ada!.

Ini dia beberapa jajanan pasar terbaik yang masuk dalam ketegori jajanan pasar pilihan khas Makassar kategori dari saya yang tentu saja ringan dikantong dan membuat kamu bersemangat mencicipinya! 😀

putucangkir2

Putu Cangkir

Putu Cangkir atau Putu Cangkiri adalah kudapan yang terbuat dari beras ketan, gula merah/gula putih dan kelapa. Nama putu cangkir diadopsi dari bentuknya yang memang mirip dengan bagian bawah cangkir terbalik. Putu cangkir ada dua macam; yang berwarna coklat menggunakan gula merah dan yang berwarna putih yang menggunakan gula putih dengan isian kelapa parut yang gurih.

pawakacang

Paawa Kacang

Paawa atau bakpao KW ini juga cukup menjadi primadona untuk dijadikan sarapan. Jika pada umumnya bakpao memiliki warna yang putih bersih, paawa kacang tidak demikian, paawa tidak sebersih bakpao, itulah mengapa saya menyebutnya bakpao KW heheh. Paawa kacang nyaris mirip dengan bakpao, yang membedakannya hanya teksturnya yang tidak terlalu lembut namun legit. Paawa kacang biasanya berisi kelapa gula merah atau berisi rajangan kacang dan gula pasir. Kudapan yang satu ini cukup nikmat jika disandingkan dengan teh atau kopi hangat.

rokorokounti

Roko-roko Unti

Roko-roko unti alias Nagasari mungkin sudah tidak asing lagi. Penganan yang dibungkus daun pisang ini memiliki rasa manis, gurih dan lembut dilengkapi dengan potongan pisang. Roko-roko unti berati pisang yang dibungkus -roko-roko: bungkus, unti: pisang-

rokorokocangkuning

Roko-roko Cangkuning

Nah yang satu ini masih kerabat dekat  dengan roko-roko unti, yang mana juga dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, jika roko-roko unti berisi potongan pisang, rook-roko cangkuning berisi ketan hitam dengan kelapa parut dan gula merah. Rasanya? Tentu saja gurih, manis dan legit.

bikangdoang

Bikang Doang

Hampir semua orang menyukai gorengan yang satu ini. Ya, bikang doang atau bakwan udang adalah satu dari beragam gorengan yang ada di Makassar. Bikang doang terbuat dari tepung terigu, tauge, parutan wortel dan daun bawang dengan garnis sepotong udang yang kadang lebay; kulitnya gede isinya cuman 1/4 dari yang terlihat XD. Walaupun demikian, bikang doang akan semakin nikmat bila disajikan dengan saos sambal cuka.

buroncong

Buroncong

Buroncong adalah kue cubit, kue cubit yang satu ini memiliki rasa yg begitu khas, tekturnya legit dan sedikit lengket dengan wangi kelapa yang dominan. Selain wangi khas buroncong yang didapatkan dari kelapa sangrai yang di campur dalam adonan, proses pemanggangan dengan menggunakan kayu bakar juga menambah cita rasa tersendiri untuk kudapan yang satu ini. Buroncong akan sangat nikmat bila disantap hangat dengan dengan kondisi agak gosong… XD.

bolucukke

Bolu Cukke

Bolu cukke adalah salah satu kue bugis, seperti kebanyakan kue tradisional lainnya, bolu cukke juga terbuat dari tepung beras dan gula merah. Bolu cukke beraroma kuat gula merah, rasanya manis dan lembut. Saat ini sudah mulai berkurang orang yang membuat bolu cukke, kebanyakan bolu cukke dijumpai jika ada hajatan atau memang dipesan khusus. Bolu cukke pun kebanyakan tidak dijual satuan, melainkan perkotak atau pertoples. Tertarik untuk mengecernya? XD Sebelum itu, icip dulu kudapan manis yang satu ini.

(Visited 1,568 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Jajanan Pasar Khas Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool