toko oleh-oleh khas makassar

Ini Dia Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Makassar di Panakkukang

Ini Dia Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Makassar di Panakkukang
Vote Us

Lazimnya, saat berkunjung ke suatu daerah, pada saat pulang akan membawa oleh-oleh yang menjadi ciri daerah tersebut. Pun demikian halnya saat berkunjung ke Makassar, belum lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas Makassar.

Jika berbicara tentang tempat belanja oleh-oleh khas Makassar, biasanya yang langsung direkomendasikan adalah Jalan Somba Opu. Memang di jalan ini akan mudah ditemukan deretan toko oleh-oleh yang menjual aneka souvenir, kerajinan khas, kain sutera, minyak gosok, minyak kayu putih, kaos-kaos, ukiran Toraja, perhiasan emas hingga kuliner khas Makassar yang biasa dijadikan ole-ole seperti kacang sembunyi, kerupuk surya, otak-otak, sirup DHT, selai kaya dan lain-lain sebagainya.

Apa saja oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibawa pulang? Baca ini yaaa

Tapi jika kamu gak sempat ke jalan Somba Opu karena waktu terbatas yang kamu miliki, di sekitar Panakkukang juga bisa kamu jumpai toko yang berjualan oleh-oleh Khas Makassar. Panakkukang merupakan pusat bisnis yang terus berkembang. Ada banyak sekali penginapan di kawasan ini mulai dari homestay, wisma, hingga hotel berbintang. Bahkan apartment saja ada 3 yang sedang dibangun yaitu Vida View, ST Moris dan Royal Apartment. Lalu deretan café, toko-toko sandang pangan papan, beberapa pusat perbelanjaan seperti Mall Panakkukang, Panakkukang Square, Grand Mode dan Pasar Segar, bahkan pasar hewan dan pasar tradisional pun ada.

Jadi ya memang tepat jika di kawasan Panakkukang ini ada toko oleh-oleh khas Makassar, supaya para pebisnis ataupun wisatawan yang menginap di kawasan ini gak perlu jauh-jauh ke Losari untuk mencari oleh-oleh. Di mana saja itu? Ini dia tempat belanja oleh-oleh khas Makassar di Panakkukang yang bisa kamu kunjungi.

Oleh-oleh khas Makassar

Toko Cahaya Oleh-Oleh

Toko Cahaya Oleh-Oleh yang berlokasi di Jalan Toddopuli Raya Timur ini merupakan cabang dari Toko Cahaya di Jalan Sulawesi. Tanggal 8 Maret 2017 yang lalu, toko ini grand opening dan langsung mencuri perhatian. Berbeda dengan toko oleh-oleh khas Makassar lainnya, di sini juga ada babaThe café & resto yang bisa jadi tempat nongkrong asik, selepas belanja oleh-oleh atau menunggu keluarga yang sedang belanja.

Produk andalan Toko Cahaya Oleh-Oleh adalah Kacang Ayam (parent brand) dengan sub-brand seperti : Kacang Telooor, Kacang Disco, Kacang Rempah, Kacang Emas dan Kacang iPut. Ragam oleh-oleh khas Makassar lainnya yang dijual di Toko Cahaya ini cukup lengkap, mulai dari aneka jajanan dan snack, souvenir-souvenir khas Makassar, baju kaos, otak-otak, sirup DHT, sirup Markisa, sambel pecel, lombok kuning, selai kaya Cahaya dan lain-lain.

Oleh-oleh khas Makassar

Toko Otak-Otak Ibu Elly

Otak-otak Ibu Elly yang dirintis sejak tahun 1995 merupakan salah satu jenis makanan yang sering dijadikan oleh-oleh sepulang dari kota Makassar. Awalnya, kedai otak-otak Ibu Elly berlokasi di Jalan Kijang no 7D tak jauh dari Rumah Jabatan Gubernur Sulsel. Kemudian membuka cabang di Jalan Boulevard kawasan Panakkukang.

Sesuai namanya, yang menjadi andalan di toko tentu saja adalah otak-otak. Tapi di sini juga banyak jenis oleh-oleh khas Makassar lainnya seperti kacang disko, kacang telur, dan camilan khas Makassar lainnya. Juga minyak beruang, minyak tawon, minyak sumbawa dan minyak kayu putih. Tidak ketinggalan kain tenun Toraja, sutera sengkang, songkok racca dan lipa’ sabbe. Bahkan kopi Toraja, sirup DHT dan lombok kuning juga ada menghiasi etalase toko.

Oleh-oleh khas Makassar

Butik Sutera Losari Silk

Butik Sutera Losari Silk didirikan pada tahun 2004, sekarang ini ada dua butik Losari silk di Makassar di mana kedua-duanya berlokasi di kawasan Panakkukang yaitu di Jalan Boulevard Jasper II no.4 dan Jalan Adyaksa raya no.35. Sedangkan untuk rumah produksinya berlokasi di depan Pasar Sempange, Sengkang, Kabupaten Wajo.

Ragam produk yang tersedia di butik ini antara lain: tenunan ATBM berupa sarung sutera, kain tenun ikat, sutera polos, sutera liris songket, batik sutera motif Sul-Sel, curak labba, baju bodo modern, pakaian jadi pria maupun wanita dan masih banyak produk lainnya. Produk-produk unggulan tersebut diproduksi sendiri.

Oleh-oleh khas Makassar

Toko Sumber Sutera

Dimulai dari usaha kecil di Sengkang yang dirintis pada tahun 1978, yang kemudian berkembang menjadi Sumber  Sutera – Pusat Kerajinan Sutera yang dikenal oleh masyarakat luas sampai sekarang dan memiliki beberapa cabang. Di Makassar, Toko Sumber Sutera berlokasi di jalan Boulevard No. 19-20 dan di Jalan Pengayoman No 48, sedangkan di Jakarta ada 2 cabang yaitu di Thamrin City dan Jalan Penjernihan.

Barang yang dijual di toko Sumber Sutera sebagian besar kain tenun dan souvenir dari kain tenun, tetapi dikombinasikan dengan permintaan pembeli. Barang lain yang dijual seperti tas, bros, baju kaos, peci bugis, dan sebagainya.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket, paket tour  sekaligus pesan hotel murah.

Nah itu dia empat toko oleh-oleh khas Makassar yang berlokasi di kawasan bisnis Panakkukang, semoga membantu ya. Memang di Jalan Somba Opu tersedia lebih banyak pilihan baik dari jenis maupu harganya, tetapi jika waktu terbatas maka tempat belanja oleh-oleh khas Makassar di Panakkukang ini bisa menjadi salah satu alternatif. Selamat belanja oleh-oleh 🙂
(Visited 3,617 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Ini Dia Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Makassar di Panakkukang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool