Pantai Kaluku Bulukumba

Indahnya Sunrise di Pantai Kaluku Bulukumba

Indahnya Sunrise di Pantai Kaluku Bulukumba
5 (100%) 2 votes

Siapa yang tidak mengenal keindahan Tanjung Bira sebagai obyek wisata pantai andalan Bulukumba? Pasir putihnya yang begitu halus seperti tepung, air lautnya yang jernih dan keindahan sunsetnya sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Tapi ternyata, pantai indah di Bulukumba bukan hanya Tanjung Bira saja. Ada satu pantai indah di sebuah lokasi tersembunyi sebelum menuju Tanjung Bira, namanya Pantai Kaluku.

Dari kota Makassar, lama perjalanan menuju kabupaten Bulukumba yang terletak paling ujung di Sulawesi Selatan adalah sekitar 4-5 jam menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak sekitar 200-an km dan ditambah lagi 24 km untuk menuju ke pantai indah ini.

Pantai Kaluku Bulukumba

Penanda utama dari lokasi pantai Kaluku adalah pelabuhan laut Bira. Dari Pantai Tanjung Bira, jaraknya sekitar 2 kilometer. Berbeloklah ke arah utara menyusuri tepian dermaga hingga jalan aspal berganti dengan jalan kecil yang berbatu dan pasir pantai. Anda kemudian akan menemukan perkampungan nelayan, sebuah kampung di Bulukumba yang dianugerahi pantai yang indah.

Deretan pohon kelapa yang melambai, beberapa penginapan dan resort, rumah panggung milik nelayan, kapal nelayan yang tertambat hingga pinisi di kejauhan akan meyambut kedatangan kita dengan keindahannya. Di tempat ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Pantai Kaluku Bulukumba

Kondisi perairan di sini sangat tenang, ombak sangat kecil bahkan hampir tidak ada, air lautnya jernih dengan gradasi warna biru muda dan biru tua, pantainya bersih dengan pasir putih dan wisatawan masih kurang. Dengan sepinya itu justru lebih terkesan privat. Selama 2 hari menginap di sana, seakan menginap di pantai pribadi. Hanya rombongan kami dan para penduduk lokal yang terlihat. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menikmati kesendirian dan mencari ketenangan.

Di Pantai Kaluku ada beberapa resort dan homestay bagi yang ingin menginap, ada juga sebuah café dan warung kecil. Tapi jika ingin lebih dekat dengan alam, kita bisa memasang tenda di pinggir pantai. Dari pantai ini kita bisa melihat perlabuhan bira di sebelah kanan pandangan, juga pembuatan kapal-kapal Phinisi di area pandangan sebelah kiri.

Cuaca di Pantai Kaluku bertolak belakang dengan cuaca di sekitar Tanjung Bira. Jika Pantai di Bira sedang kotor oleh tumpukan sampah dan cuaca sangat tidak bersahabat karena sedang diterpa angin barat maka pantai Kaluku justru sebaliknya.

Selain berenang, snorkeling dan banana boat, hal mengasikkan yang dilakukan di Pantai Kaluku adalah menanti matahari terbit. Jangan karena lagi liburan lalu bermalas-malasan dan melewatkan waktu bangun pagi. Aduh sayang sekali.

Menyaksikan detik-detik pergantian hari menuju pagi, langit yang gelap perlahan-lahan memerah hingga kemudian sebuah bola emas menyembul dan perlahan merangkak naik dari balik horison. Sunrise di pantai Kaluku sangat indah! Pantai Kaluku memang adalah spot terbaik untuk hunting sunrise di Bulukumba, karena pantai ini menghadap tepat ke arah timur.

Pantai Kaluku Bulukumba

Pantai Kaluku Bulukumba

Pantai Kaluku Bulukumba

Untuk saat ini, Pantai Kaluku memang bukan merupakan destinasi wisata unggulan di Bulukumba sehingga fasilitas belum tersedia banyak di sekitarnya. Tapi mengingat potensi keindahan alamnya, bukan tidak mungkin suatu saat kepopulerannya akan menyaingi Tanjung Bira. Jadi jangan lewatkan Pantai Kaluku saat sedang berkunjung ke Bulukumba.

(Visited 944 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Indahnya Sunrise di Pantai Kaluku Bulukumba' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool