Indahnya Pasir Putih Sejauh Mata Memandang di Pantai Samboang

Indahnya Pasir Putih Sejauh Mata Memandang di Pantai Samboang
5 (100%) 2 votes

Tempat wisata pantai di Sulawesi Selatan sangat identik dengan kabupaten Bulukumba. Sudah banyak sekali pantai yang terkenal dari wilayah ini seperti pantai Bira, pantai Lemo dan baru – baru ini pantai apparalang yang mulai dilirik wisatawan. Namun masih terdapat satu pantai lagi yang cukup mempesona wisatawan yang diberikan nama pantai Samboang.

Secara administratif pantai Samboang terletak di Desa Eka Tiro, kecamatan Bonto Tiro, Kabupaten Bulukumba, letaknya pun hanya beberapa kilometer dari pantai apparalang. Butuh waktu tidak kurang dari 5 jam dari Kota Makassar untuk sampai ke pantai Samboang. Arti kata samboang sendiri berasal sari bahasa konjo “Sambo” yang berarti bersenang – senang sehingga pantai Samboang adalah tempat yang cocok untuk bersenang – senang bersama keluarga dan rekan –rekan anda.

Pantai samboang3
Perjalanan menuju pantai samboang cukup mudah karena jalur yang dilewati sangat mulus dengan aspal hitamnya menuruni bukit diantara perumahan warga sekitar. Sewaktu penulis mendatangi tempat ini tidak ditetapkan biaya masuk alias masih gratis yang mungkin disebabkan karena tempat ini masih dalam tahap pembangunan untuk membuatnya lebih cantik.

Pantai samboang1

Gazebo di sekitar pantai

Penginapan dan rumah makan di sekitar pantai samboang

Penginapan dan rumah makan di sekitar pantai samboang

Untuk memudahkan pengunjung maka dibuatkan sebuah penanda besar yang bertuliskan “Pantai Samboang” Selanjutnya kita hanya perlu menuruni jalanan naik turun sekitar 1 km. Jalanan yang kita lewati dari puncak gunung ternyata membelah 2 pantai Samboang. Saat memasuki kawasan pantai anda akan kagum dengan pasir putih yang begitu luas sejauh mata memandang di sebelah kanan maupun kiri anda, bahkan pengunjung dapat berlarian diatas pasir hingga 50 meter ke arah lautan lepas. Pantai ini memberikan keindahan pasir putih yang begitu luas bahkan sejauh mata memandang anda hanya dapat melihat pasir putih yang sangat halus. Suasana pantai Samboang masih cukup sepi dibandingkan pantai bira. Terdapat beberapa buah gazebo kecil, pepohonan kelapa yang melambai tertiup angin dan hanya terdengar suara deru ombak di tengah laut.Walaupun pantai Samboang cukup sepi tetapi beberapa rumah makan dan tempat penginapan sudah ada disini. Biaya penginapan di tempat hanya berkisar antara Rp. 100.000-200.000 untuk satu malam.

Sumber: Edukreatif(dot)com

Sumber: Edukreatif(dot)com

Bagi anda yang hobby memancing dapat menyalurkannya di tempat ini. Terdapat sebuah spot cantik berupa pulau karang kecil di pantai samboang. Masyarakat sekitar menyebut tempat ini tanjung tiro dimana ada sebuah jembatan panjang berukuran 20 meter menuju ke pulau kecil tersebut. Anda dapat memancing dari atas jembatan ini pada saat air laut sedang naik atau anda juga dapat berdiri dari atas pulaunya kemudian melemparkan mata pancing ke lautan.

Ada beberapa hal unik yang dapat anda temukan di pantai ini seperti adanya kuburan di bibir pantai. Selain itu yang tidak kalah menariknya adalah pemandangan sunset dan sunrise yang cukup cantik dilihat dari pantai ini. Semoga setelah pantai ini di dekorasi akan terlihat lebih cantik dan sangat nyaman dikunjungi wisatawan.

(Visited 796 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Indahnya Pasir Putih Sejauh Mata Memandang di Pantai Samboang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool