puncak kambo sulawesi

Indahnya Kota Palopo dari Puncak Kambo

Indahnya Kota Palopo dari Puncak Kambo
5 (100%) 1 vote

Masih ingat film 5cm? Sebuah film drama Indonesia yang mengisahkan persahabatan 5 anak muda Jakarta. Salah satu titik penting dalam film ini adalah kisah ketika mereka mendaki gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa. Kesuksesan film ini sontak mengangkat derajat “para pendaki”, aktivitas ini kemudian begitu populer di kalangan anak muda. Banyak anak-anak muda yang jadi terinspirasi untuk ikut mendaki gunung.

Bertahun-tahun kemudian, mendaki gunung jadi sesuatu yang bisa dibilang sedang ngetrend. Banyak stasiun televisi yang kemudian ikut-ikutan membuat acara perjalanan dengan tema mendaki gunung atau setidaknya naik ke bagian yang cukup tinggi. Faktor lainnya adalah produsen kamera yang berlomba memproduksi kamera khusus yang bisa digunakan para pendaki mengambil objek dan membuatnya lebih bagus.

Saya juga penasaran ingin melihat wilayah tempat tinggal saya, yakni kota Palopo (sekitar delapan jam perjalanan dari kota Makassar) dari ketinggian. Saya memang tidak bermaksud untuk mendaki gunung, tapi mungkin dengan mendaki sedikit dan naik ke ketinggian, saya bisa menikmati keindahan kota Palopo.

Saya pun mencoba untuk mencari kata kunci puncak Palopo di internet. Hasilnya saya menemukan sebuah tempat yang dikenal dengan nama Kambo. Kambo ternyata merupakan nama kelurahan yang terletak di kecamatan Mungkajang kota Palopo, banyak gambar menarik mengenai puncak kambo tetapi sayangnya saya tidak menemukan rute yang jelas untuk menuju ke tempat ini.

Sehari sebelum masuk Ramadan saya bersama seorang teman fokus mencari lokasi puncak Kambo. Kami menggunakan informasi dari penduduk sekitar sampai akhirnya rutenya ketemu juga. Puncak Kambo ternyata dapat diakses dari dua jalur yakni melalui kecamatan Battang yang berada di jalan poros Palopo ke Toraja atau bisa juga melalui kawasan Latuppa tepatnya setelah permandian Sungai Jodoh.

Namun jika ingin ke Kambo saya menyarankan melewati jalur Latuppa karena jalannya yang mulus beraspal sedangkan jika melalui Battang jalanan banyak yang masih dalam tahap pengerasan, kecuali jika Anda menggunakan motor trail dan senang bertualang dengan jalan tipe bebatuan.

Waktu tempuh menaiki puncak Kambo sekitar 15-20 menit saja, tetapi bisa jadi lebih lambat karena terpesona dengan keindahan pemukiman warga di pusat kota dilihat dari puncak. Untuk tiba di puncak ada banyak sungai kecil yang dilewati dan mungkin memberikan keindahan tersendiri jika sudah masuk musim hujan dan airnya menjadi lebih deras.

puncak kambo sulawesi

Segelas sarabba dan sepiring gorengan

Berada di puncak Kambo membuat saya ingin selalu berlama – lama karena udara yang sejuk dan begitu sunyi. Kita bisa berlama – lama menikmati keindahan kota Palopo dari puncak dengan mampir di salah satu warung yang menawarkan spot langsung menghadap ke kota Palopo. Tempat ini menjadi tempat favorit dan selalu penuh pelanggan, sehingga bila Anda datang terlambat maka dipastikan tidak akan mendapatkan tempat terbaik di sana.

Suasana tenang dan usapan lembut angin pegunungan sungguh menyenangkan. Rasanya tidak ingin cepat-cepat meninggalkan tempat ini. Sungguh sebuah pengalaman yang sulit didapatkan di kota besar. Suara serangga hutan lebih mendominasi daripada suara obrolan di warung tersebut. Segelas sarabba dan sepiring pisang goreng akan datang dengan cepat setelah kita memesan. Menu ini menjadi andalan dan sempurna dinikmati terlebih karena saya datang di sore hari dengan cuaca yang cukup dingin.

Kota Palopo puncak kambo sulawesi

Kota Palopo dari Puncak Kambo

Dari puncak kambo sepertinya dapat dijadikan spot untuk mengintip matahari terbit. Hanya saja kita harus naik ke puncak pagi hari dengan udara yang sangat dingin. Jika Anda kebetulan berada di palopo sempatkanlah untuk menikmati puncak Kambo.

(Visited 704 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Indahnya Kota Palopo dari Puncak Kambo' have 1 comment

  1. June 9, 2016 @ 11:04 pm Adetruna

    Kapan saya yg urang Bandung bisa merasakan senasasi mengintip mentari pagi dr puncak Kambo?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool