kepulauan spermonde

Indahnya Kepulauan Spermonde

Vote Us

Salah satu wisata yang terkenal di Makassar adalah wisata baharinya. Keindahan pulau Samalona, Kayangan atau Kodingareng Keke sudah bergaung di mana-mana dan menjadi tujuan utama wisatawan lokal dan asing. Tapi tak banyak yang tahu bahwa pulau-pulau indah yang dapat dijangkau dari kota Makassar bukan hanya pulau Samalona atau Kodingareng Keke saja. Masih ada pulau Kodingareng, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu-Lumu, Langkai, Kapoposang, Badi, Cangke, Karanrang hingga Lanjukang. Pulau-pulau ini tergabung dalam gugusan Spermonde.

Kepulauan Spermonde terletak di Selat Makassar, memiliki kurang lebih 120-an pulau yang tersebar mulai dari Kabupaten Takalar di selatan hingga Mamuju selatan dan masuk ke dalam Sulawesi Barat. Pulau ini ada yang berpenghuni dan ada juga yang tidak tetapi memiliki keindahan yang serupa, pasir putih dengan sebaran terumbu karang di sekitar pulau. Konon nama Spermonde diberikan orang-orang Belanda, yang berasal dari kata sperm (sperma), karena dari udara pulau-pulau ini terlihat seperti pergerakan sperma yang berjejer.

Kepulauan Spermonde

Kepulauan Spermonde (Sumber : mongabay.co.id)

Kepulauan Spermonde terbagi ke dalam empat zona dengan menarik garis dari arah utara ke selatan, yaitu inner zone, middle inner zone, middle outer dan outer zone.  Ini dia paparannya, bersumber dari sacmakassar.org.

Zona pertama atau zona yang paling dangkal, sejajar dengan garis pantai dengan kedalaman maksimum ± 20 meter dan sebagian besar didominasi oleh gundukan pasir.

Zona kedua dimulai dari ± 5 km dari garis pantai dengan kedalaman ± 30 meter dan terumbu karang yang sebagian besar terletak di sisi pulau (fringing reefs).

Zona ketiga mulai dari 12,5 km di lepas pantai-dengan kedalaman ± 30-50 m dan terumbu karang di daerah dengan sedikit gundukan pasir.

Zona keempat atau zona terluar atau zona terumbu karang penghalang (barrier reefs) dimulai dari jarak sekitar 30 km dari pantai Makassar. Bagian timur mencapai kedalaman 40-50 m, sedangkan bagian barat zona ini memiliki kontur curam/drop off dengan kedalaman lebih dari 100 m.

Jika memiliki hobi diving atau menyelam, maka Kepulauan Spermonde merupakan tujuan yang tepat. Sejumlah spot penyelaman yang berada di kawasan ini sudah cukup terkenal, sebut saja Mercusuar, Samalona West, DPL Point, Jetty/House Reef, Foliose Point, Baby Coral, Eliana Point, Nudieville, Kampung Anemone dan Taman Laut Kapoposang, Spot penyelaman terbaik adalah Taman Laut Kapoposang yang berlokasi di Pulau Kapoposang. Pulau ini berjarak sekitar 70 km dari Makassar yang dapat ditempuh selama 2 sampai 3 jam menggunakan speddboat.

Meskipun seumur-umur baru sekali diving, itupun pada saat belajar diving di Pulau Samalona, saya sangat menikmati keindahan pulau-pulau di gugusan Spermonde ini. Gak bisa diving ya bisa berenang atau snorkeling. Saya berkesempatan mengunjungi beberapa pulau yang bisa dijangkau dari Makassar melalui dermaga Kayu Bangkoa, dermaga wisata Pulau Kayangan, dermaga POPSA ataupun via pelabuhan Paotere.

pulau samalona

Pulau yang terdekat adalah Pulau Lae-lae,  Gusung dan Pulau Kayangan.  Kemudian ada Pulau Samalona.  Dengan jarak sekitar 6,8 km dari Kota Makassar, pulau Samalona termasuk dalam zona I (inner zone) di gugusan Spermonde. Pulau kecil ini hanya berpenghuni sekitar 16 kepala keluarga dan luasnya tidak lebih dari 100 meter persegi. Bersama teman-teman, kami paling sering ke pulau ini saat sedang punya waktu luang. Tempatnya yang relatif dekat dari Makassar, bersih dan pasir putihnya menjadi daya tarik tersendiri.

kodingareng-keke

Pulau Kodingareng Keke termasuk dalam zona II (middle inner zone) dengan jarak  13,48 km dari kota Makassar. Pantai sisi selatan pulau tersusun oleh pecahan karang berukuran kecil hingga kerikil, sedangkan pada sisi utara tersusun oleh pasir putih yang berukuran sedang halus. Pulau ini tidak berpenghuni tapi konon sedang dibangun semacam penginapan di sana. Saya belum pernah berkunjung lagi sejak ada bangunan tersebut.

pulau barrang lompo

Pulau Barrang Lompo juga termasuk dalam zona II (middle inner zone) dengan jarak 12, 77 km dari kota Makassar. Pulau ini merupakan pulau yang berpenghuni dengan jumlah penduduk mencapai 3, 563 jiwa dari 800 KK. Bersama teman-teman blogger Makassar, saya pernah menginap selama semalam di pulau ini. Pagi harinya, kami berperahu ke gusung Bone Batang untuk snorkeling, berenang dan bermain pasir.

kapoposang

Pulau Kapoposang termasuk dalam zona IV di gugusan Kepulauan Spermonde. Belum ada  transportasi reguler untuk menuju pulau ini. Bersama teman-teman dari Explore Sulawesi, kami menyewa sebuah kapal kayu di pelabuhan Paotere untuk berkunjung ke sini menikmati keindahan pulau dan bawah lautnya. Subuh-subuh saya terbangun mengelilingi pulau mencari penyu bertelur, sayangnya belum beruntung 😀

pulau lanjukang

Pulau Lanjukang yang berjarak 40 km dari kota Makassar, termasuk Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah,  terletak pada zona 4 (outer zone) di Spermonde. Pulau ini biasa juga disebut pulau Lajjukang, Laccukang atau Lanyukang.  Belum ada transportasi reguler menuju pulau ini. Teman-teman di Makassar Backpacker biasa beramai-ramai menyewa kapal di Dermaga Kayu Bangkoa.

**

Baru segelintir pulau dari 120-an pulau di gugusan Spermonde yang pernah saya kunjungi. Mungkin suatu saat nanti, akan ada rejeki lagi untuk mengunjungi pulau lainnya dan menikmati keindahan yang ditawarkan oleh kepulauan Spermonde.

(Visited 313 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Indahnya Kepulauan Spermonde' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool