Ikan Bakar

Ikan Bakar Sop Saudara Khas Pangkep

Ikan Bakar Sop Saudara Khas Pangkep
5 (100%) 1 vote

Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) terkenal sebagai penghasil ikan bandeng terbesar di Sulawesi Selatan. Ikan bandeng menjadi komoditi andalan karena sebagian besar petani tambak menjadikan jenis ikan bandeng sebagai salah satu jenis ikan produksi untuk dijual, pada tahun 2014 kabuten pangkep memproduksi ikan bandeng sebesar 10.726,2 ton (sumber: profil komoditi unggulan kabupaten pangkep), tak heran berbagai jenis olahan makan dari ikan bandeng pun banyak terdapat di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Pangkep.

Ikan Bakar

Ikan bakar Sop Saudara adalah salah satu jenis masakan olahan dari ikan bandeng khas kabupaten Pangkep, namun tak perlu jauh-jauh menuju ke Kabuten Pangkep untuk menikmati jenis masakan ini, di kota Makassar pun terdapat banyak warung makanan yang menyajikan menu ikan bakar sop saudara. Jenis masakannya sangat sederhana, yaitu ikan bandeng di bakar tanpa menggunakan bumbu lalu di sajikan bersama dengan sop saudara nasi dan sambel kacang. Sop Saudara berbahan dasar daging yang di beri bihun atau perkedel.

Harga tiap porsinya masakan ini sangat murah, berkisar lima belas ribu rupiah sampai tiga puluh ribu rupiah, tergantung tempat anda menikmatinya. Khusus di kota Makassar warung makanan ikan bakar sop saudara sangat mudah ditemui, jika anda sedang berada di kota Makassar dan ingin menikmati ikan bakar sop saudara anda cukup bertanya pada tukang becak, sopir taxi atau kepada siapa saja. Karena sebagian besar warga kota Makassar yang ramah sudah tau dimana anda bisa menemukan warung ikan bakar Sop Saudara.

Ikan Bakar

Kuah Sop saudara hampir mirip dengan kuah coto namun dengan rasa dan racikannya berbeda. Masakan ini adalah racikan Hj. Dollahi pada tahun 1950an, ia membuka warungnya saat itu di Karebosi. Konon nama Sop Saudara yang unik ini terinspirasi dari nama Coto Parakaitte. Parakaitte dalam bahasa Makassar berarti ‘saudara’ atau sesama. Pemilik warung berharap agar mereka yang menikamati Sop Saudara merasa bersaudara dengan pemilik dan pelayan di warung tersebut.

Ikan Bakar

Beberapa teman dari luar kota yang pernah berkunjung ke Makassar sangat menikmati masakan ini. Mereka sangat menyukai Ikan-ikan bandeng yang disajikan masih dalam keadaan segar kemudian di bakar di atas arang. Selain itu padasnya sambel kacang bisa di atur sendiri oleh penikmat apalagi di tambah dengan perasan jeruk nipis. Sambel kacang juga sering di sajikan bersama irisan mentimun. Bagi anda yang ingin berangkat ke Makassar, ikan bakar sop saudara perlu anda masukkan dalam catatan anda sebagai makanan yang penting untuk dicoba.

(Visited 2,527 times, 1 visits today)

Tagged:


About

Saya menyukai matahari dan perjalanan-perjalanan bersamanya


'Ikan Bakar Sop Saudara Khas Pangkep' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool