Icip-icip Kudapan Tradisional Makassar Dijamin Enak

Vote Us

Hidup di kota metropolitan seperti Makassar tentu sebagian besar warganya memiliki gaya hidup modern. Tak terkecuali soal kuliner yang tiap waktu selalu hadir memberikan inovasi-inovasi terbaru yang mengundang selera untuk mencicipinya.  Lalu bagaimana dengan kuliner tradisional? Tunggu dulu, mereka juga tidak kalah pamor kok, walaupun keberadaan mereka yaitu kue Makassar kurang terekspos sih di tengah masyarakat modern sekarang.

Lalu bagaimana nasib mereka? Tenang dulu sob, nyatanya eksistensi mereka masih bisa kita jumpai kok di sudut-sudut kota Makassar. Tidak sedikit pula, panganan tradisional kue Makassar ternyata masih memiliki tempat istimewa di hati masyarakat modern. Salah satu tempat yang masih eksis menjual kudapan tradisional khas Sulawesi Selatan adalah pasar tradisional.

Beruntunglah kita sebagai masyarakat modern karena berkat kehadirannya membuat kita tidak kehilangan kuliner asli milik daerah sendiri. Sudah menjadi rahasia umum kalau Makassar terkenal dengan coto dan pisang epe-nya. Tapi apa ada yang tahu ternyata Makassar juga memiliki kudapan tradisional. Buat kamu yang suka berburu jajanan tradisional jangan sampai melewatkan ini :

1. Hangatkan Pagimu Ditemani Buroncong

Kue Makassar

Pertama, ada kue Makassar Buroncong atau biasa disebut baroncong dalam bahasa bugis. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa, soda kue, dan garam kemudian di panggangdalam loyangan berbentuk setengah lingkaran. Nah biasanya orang Makassar menyantapnya di pagi hari ditemani secangkir teh atau kopi. Dalam bahasa Indonesia, kue ini juga disebut “kue pancong”. Meski bentuknya sama, tapi buroncong tetap punya kekhasan sendiri. Tidak percaya? Cobalah!

Rasanya yang gurih dan aromanya yang khas membuat makanan ini jadi primadona di hati warga Makassar. Selain dijajakan di pasar, buroncong juga bisa sobat temui di gerobak-gerobak keliling yang berjualan di jalanan. Harganya pun cukup terjangkau dengan Rp.5.000 sobat bisa mendapatkan 5 kue buroncong untuk di makan.

2. Nikmatnya Kelembutan Barongko

Kue Makassar

Di Makassar buah sekelas pisang bisa diubah menjadi berbagai variasi makanan yang tidak kalah enak dari jajanan di supermarket. Mungkin sobat sudah mengenal kue Makassar Pisang Epe’, Pisang Peppe’, Kolak Pisang, dan Pisang Ijo. Tapi ada satu lagi olahan pisang yang cukup terkenal yaitu Barongko.

Barongko terdiri pisang yang dihaluskan dan ditambahkan dengan telur, santan, gula serta garam. kemudian dikukus dalam daun pisang yang biasanya dikaitkan dengan lidi. Barongko bertekstur lembut dengan rasa yang manis. Di beberapa variasi Barongko bisa berasa durian karena di tambah sari durian.

Khusus untuk Barongko sendiri, kita jarang menemukan pedagang yang menjual kue Makassar ini di pinggir jalan. Tapi jika sobat mau mencobanya, Barongko biasa di jual di pasar, khususnya Pasar Toddopuli dengan harga Rp.3.000 untuk satu Barongko.

3. Si Hitam Manis Tape

Kue Makassar

Buat kamu yang suka makanan yang asem-asem manis, sepertinya kamu harus mencoba makanan yang satu ini namanya yaitu Tape. Tape adalah makanan yang terbuat dari beras ketan hitam yang di kukus dalam dandang, setelah itu tape di taburi dengan ragi atau gula pasir agar rasanya agar lebih manis.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencicipi tape, sebaiknya perlu hati-hati dalam menyantapnya. Memakan tape yang berlebihan efeknya bisa memabukkan sama seperti alkohol. Disamping efek samping tersebut, nyatanya Tape juga mujarab dikonsumsi bagi penderita maag.

4. Si Merah Basah Bolu Peca’

Kue Makassar

Bentuknya persegi warnanya coklat kemerahan dan rasanya manis sekali. Sudah tahukan? namanya adalah Bolu Peca’. Bolu Peca’ sendiri adalah salah satu kue yang paling familiar jika ada acara pernikahan di Sulawesi Selatan. Kue khas Bugis ini berbahan dasar tepung beras dan tepung ketan yang ditambahkan gula merah yang dicairkan.

Kue Makassar ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dibanding kue bolu lainnya, dan uniknya kue Bolu peca’ ini meiliki kuah berwarna merah yang berasal dari gula merah yang dicairkan. Untuk menikmati waktu senggang sobat menyantap kue Bolu Peca’ ditemani secangkir teh hangat akan terasa nikmat.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel makassar, tour murah, dan tiket pesawat Makassar

5. Si Mungil Putu Cangkir

Kue Makassar

Mungkin sebagian besar sobat sudah tahu kue ini, karena kue Makassar ini paling sering kita jumpai mulai dari pedagang pinggiran jalan sampai penjual yang berkeliling kompleks. Namanya adalah Putu Cangkir, kue yang sangat familiar di tengah-tengah kita semua karena memang kue ini memiliki rasa yang sangat enak ditambah lagi bentuknya yang unik.

Putu cangkir terdiri dari gula merah dan gula pasir yang diaduk kemudian ditambah kelapa setelah itu di kukus. Sanat disajika Putu Cangkir memiliki aroma yang khas dan tekstur yang lembut. Harga untuk menikmati kue Putu Cangkir  adalah Rp.10.000 untuk 10 biji Putu Cangkir.

(Visited 918 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Icip-icip Kudapan Tradisional Makassar Dijamin Enak' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool