macora kitchen

Healthy Food Taste Good at Macora Kitchen

Healthy Food Taste Good at Macora Kitchen
5 (100%) 1 vote

Dari kejauhan, plang nama “Macora Kitchen” nampak bersinar di gelapnya malam. Motor melaju pelan dan akhirnya berhenti di depan pintu pagar sebuah rumah di Jalan Rajawali No. 7, tempat Macora Kitchen berlokasi. Malam ini kami berniat untuk makan malam di sini.

Macora Kitchen

Tampak depan Macora Kitchen, difoto di sore hari

Saat memasuki pintu pagar, yang langsung menarik perhatian adalah lokasi dapur Macora Kitchen yang terletak di bagian depan. Berbeda dengan kafé atau rumah makan pada umumnya, di mana bagian dapur biasanya terletak di belakang dan tersembunyi dari pengunjung. Dengan konsep dapur terbuka seperti ini sebenarnya lebih memudahkan pengunjung untuk melihat proses memasak makanan yang dia pesan, jadi bisa sambil bertanya-tanya soal menu tersebut ataupun proses pengolahannya. Selain itu dapur terbuka juga merupakan sebuah tantangan tersendiri karena dituntut untuk selalu nampak bersih.

Di depan dapur, ada dua buah meja dengan 4 kursi sebagai pasangannya. Di bagian kanan dapur adalah sebuah meja dengan buah-buahan segar yang digunakan sebagai tempat mengolah jus buah, sedangkan di bagian kiri dapur adalah sebuah pintu ke ruangan sebelah di mana beberapa meja, kursi dan rak buku diletakkan.

Menu andalan yang selalu saya pesan setiap kali berkunjung ke Macora Kitchen adalah Chicken Spinach with Mashed Potato. Citarasa daging ayam dan sayur bayam yang dipanggang berpadu dengan gurihnya lelehan keju mozarella. Dicocol ke sambel Macora yang pedesnya mantap itu, bikin lupa utang pulang deh 😀

Macora Kitchen

Chicken spinach with mashed potato

Menu-menu yang tersedia di Macora Kitchen diramu dari buah dan sayuran segar tanpa tambahan pemanis buatan ataupun pengawet, karena itulah mereka berani mengusung tema Healthy Food and Drinks. Mulai dari pemilihan bahan, cara penyimpanan bahan, perlakuan bahan makanan, cara masak hingga penyajiannya itu harus tepat. Contoh kecilnya adalah pemakaian minyak goreng. Ada yang mengatakan bahwa makanan sehat itu sebaiknya yang mentah dan tidak pakai minyak (dalam artian tidak digoreng) padahal minyak dibutuhkan untuk mengikat vitamin A. Jadi di Macora Kitchen, minyak goreng tetap digunakan dengan bijak, hanya dipakai sekali menggoreng saja dan kadang kala juga diganti dengan olive oil.

Makanan sehat juga harus memperhatikan kebutuhan gizi yang seimbang. Di Macora Kitchen, dalam penyajiannya memenuhi kebutuhan protein, kalsium, karbohidrat, lemak baik, dan vitamin. Coba deh Chicken Spinach with Mashed Potato yang memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Selain makanan sehat, tersedia  juga berbagai jus sehat di Macora Kitchen. Jus Markisa-Chili untuk kebugaran dan  pencernaan karena kaya akan kandungan vitamin C, jus buah naga dan apel yang sangat baik untuk asam urat dan beragam jus sehat lainnya. Jika penasaran, saat memesan, langsung  tanyakan saja apa peruntukan jus ini.

Selain makanannya yang enak dan sehat, salah satu hal yang saya sukai setiap kali berkunjung ke kafé ini adalah saya bisa bertukar pikiran dengan Vby (panggilan akrab dari Febrianty Utami, owner dari Macota Kitchen) tentang berbagai hal termasuk menu sehat, tanam menanam alias berkebun dan update pergosipan XD

Macora Kitchen

Ini dia Vby 😀 Konsep dapur terbuka memungkinkan pengunjung melihat proses pengolahan dan penyajian makanan yang dipesannya

Nah, apa yang membuat Vby dan teamnya berani mengusung tema Healthy Food and Drinks dan menjadi berbeda di tengah serbuan café kekinian dengan beragam menu lezat? Ini dia hasil obrolan saya 😀

Gaya hidup masyarakat perkotaan yang penuh dengan kesibukan, tuntutan hidup dan tingkat stres yang cukup tinggi menjadikan pola hidup sehat terkadang menjadi hal kesekian untuk dipikirkan. Tidak hanya berkutat di masalah pekerjaan dan keluarga, kesibukan bersosialisasi baik di dunia maya maupun di dunia nyata akhirnya menyita banyak waktu yang menjadikan kita tidak sempat menjaga dan memperhatikan pola hidup, asupan nutrisi, olahraga ataupun waktu istirahat.

Salah satu yang paling krusial adalah masalah makanan. Bagi sebagian orang, asal perut kenyang itu sudah cukup, padahal tidak segampang itu. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyimpanan, pengolahan dan penyajian makanan agar nutrisi tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Inilah yang kemudian diangkat oleh Macora Kitchen, dengan konsep Show Kitchen yang menyajikan menu makanan dan minuman sehat dengan citarasa lezat.

Bahwa makanan seharusnya tak hanya enak tapi juga bisa menyehatkan.

Vby mengatakan bahwa semua bermula dari pengalaman pribadinya yang tidak menjaga pola makan dan harus merasakan tidak enaknya terserang asam urat dan kolesterol padahal usianya baru 22 tahun saat itu. Sakit kepala sudah menjadi “makanan”nya sehari-hari, aktivitasnya pun jadi terganggu.

Saat sakit itulah, Vby mulai memikirkan kembali tentang pola hidup sehat yang harus dia terapkan dan ini bisa dimulai dari makanan yang dia konsumsi. Ide mendirikan sebuah tempat dengan konsep makanan sehat semakin jelas terbayang, dengan tujuan untuk mengedukasi anak muda bahwa menjaga asupan makanan itu seharusnya dimulai dari kita masih muda, bukan di saat usia sudah tua dan sakit-sakitan.

Bulan Agustus 2014, Macora Kitchen mulai open order meskipun hanya melayani orderan via online saja. Lalu semakin berkembang dengan memasok makanan dan minuman ke beberapa kafe yang ada di kota Makassar sampai akhirnya memutuskan untuk membuka kafe sendiri yang berlokasi Jalan Rajawali No. 7, Makassar.

Macora Kitchen

Makanannya enak dan sehat

Macora Kitchen hadir di Makassar sebagai jawaban akan kurangnya tempat makan yang menyediakan menu-menu sehat. Menghadirkan minuman kesehatan yang dipadukan dari buah dan sayuran tanpa bahan kimia, serta makanan yang tidak hanya lezat di lidah namun juga aman bagi tubuh.

Jam buka Macora Kitchen dimulai pukul 10 pagi hingga pukul 11 malam, jadi mau makan siang lalu makan malam di sana juga bisa 😀 Harganya variatif di kisaran 10 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah.  Harga yang terjangkau demi kebutuhan akan makanan sehat dengan tidak melupakan citarasanya.

Siapa bilang makanan sehat itu tidak enak? Cobalah berkunjung ke Macora Kitchen 🙂

Penyewaan mobil mainan di KMB
Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 348 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Healthy Food Taste Good at Macora Kitchen' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool