10 Jenis Kerbau Dan Nilainya Di Toraja Bagian 2

10 Jenis Kerbau Dan Nilainya Di Toraja Bagian 2
5 (100%) 1 vote

Kerbau atau Tedong dalam masyarakat Toraja memiliki posisi istimewa dan menjadi salah satu simbol prestise dan kemakmuran dalam upacara adat Toraja seperti Rambu Solo. Kebanggaan akan hal tersebut dapat dilihat dari jumlah tanduk kerbau yang dipasang pada bagian depan Tongkonan (rumah adat tradisional Toraja) keluarga penyelenggara upacara Rambu Solo.

Baca juga jenis dan harga kerbau Toraja bagian pertama di sini

Sebelumnya kita sudah mengenal lima jenis kerbau dan harga kerbau Toraja. Ada yang masih ingat? Tedong Saleko, Tedong Bonga, Tedong Boko, Tedong Ballian, dan Tedong Pudu. Dari kelima kerbau tentunya memiliki nilai jualnya masing-masing. Nah kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang lima jenis kerbau berserta harga kerbau Toraja lainnya  yang tidak kalah menariknya dari kerbau sebelumnya.

Langsung saja baca artikel berikut ini :

6. Tedong Todi

Kerbau Yang Memiliki Belang Putih Di Antara Tanduknya

Tedong Todi adalah jenis kerbau Toraja yang memiliki ciri warna hitam dan belang putih di kepalanya serta memiliki tanduk yang berbentuk U dimana memiliki panjang 1 meter. Dalam jenisnya, Tedong Todi memiliki dua varian berbeda yaitu Todi dan Todi Gara dimana letak perbedaannya hanya pada kedua bola matanya. Untuk Tedong Todi memiliki bola mata hitam seperti warna kulitnya sedangkan Tedong Todi Gara memiliki bola mata berwarna putih. Untuk harga kerbau Toraja jenis Tedong Todi sendiri berkisar kurang lebih 100 juta per ekor.

7. Tedong Tekken Langi’

harga kerbau Toraja

Kerbau Unik Dengan Tanduk Yang Asimetris

Nah jika sebelumnya kerbau-kerbau memiliki bentuk tanduk yang besar dan kuat, kali ini ada seekor kerbau yang memiliki keunikan lainnya. Namanya adalah Tedong Tekken Langi, kerbau ini memiliki bentuk tanduk yang tidak simetris karena ada yang menjulang ke atas dan ada yang menunduk ke bawah. Karena keunikannya ini, Tedong Tekken Langi biasanya hanya ditampilkan dalam upacara Rambu Solo’ dengan tingkatan tertentu seperti upacara Sapu Randanan (upacara adat Rambu Solo’ yang tertinggi).  Karena kerbau ini merupakan jenis kerbau yang langka maka harga kerbau Toraja ini berkisar diatas 100 juta rupiah.

8. Tedong Sokko

harga kerbau Toraja

Berbicara soal kerbau, di Tana Toraja punya berbagai macam kerbau yang unik-unik yaitu salah satunya adalah Tedong Sokko. Kalau umumnya tanduk kerbau selalu menghadap keatas, Tedong Sokko memiliki tanduk yang mengarah ke bawah melengkung menghadap ke depan wajahnya persis seperti tanduk domba. Tedong Sokko juga memiliki warna badan belang campuran hitam dan putih serta kaki yang pendek. Jika melihat dari keunikannya tersebut, maka harga kerbau Toraja jenis Tedong Sokko memiliki harga yang tinggi berkisar diatas 100 juta per ekor.

9. Tedong Bulan

harga kerbau Toraja

Ini Bukan KerbauAlbino Loh Yah

Ada yang tahu soal hewan albino? benar sekali hewan albino adalah hewan yang memiliki kelainan genetika dalam kelahiran dan salah satu cirinya adalah berwarna putih. Nah jika kamu melihat Tedong Bulan ini sekilas kamu terpikirkan bahwa ini adalah hewan albino tapi nyatanya adalah salah. Tedong Bulan memang memiliki kulit putih mulus agak kemerah-merahan dan juga tanduk kuning yang besar tapi keberadaannya sama seperti tedong lainnya tapi berbeda jenis. Jika sebelumnya semakin banyak keunikan pada hewan maka nilai jualnya tinggi pula maka hal ini tidak untuk Tedong Bulan karena berdasarkan urutan/kasta untuk upacara Rambu Solo maka harga kerbau Toraja jenis Tedong Bulan menempati posisi terendah dengan kisaran harga kurang dari 50 juta.

10. Tedong Sambao’

Tedong Sambao Adalah Jenis Kerbau Yang Umum Dijumpai di Toracaja

Tedong Sambao Adalah Jenis Kerbau Yang Umum Dijumpai di Toracaja

Masih berbicara soal kerbau di urutan terbawah, kali ini ada Tedong Sambao yang harganya tidak jauh berbeda dengan Tedong Bulan. Secara fisik Tedong Sambao memiliki warna yang abu-abu dengan tanduk kuning runcing keatas serta postur tubuh yang pendek. Tedong Sambao dapat kita jumpai dimana saja ketika di Toraja karena kerbau ini adalah hewan yang umum dijumpai. Dan jika berbicara soal harga, maka harga untuk seekor Tedong Sambo berkisar di nilai belasan juta.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Demikianlah 5 dari 10 kerbau yang terkenal di Toraja. Menurutmu kerbau mana yang paling unik dan ingin kamu beli. Tentunya jika ingin membelinya kamu harus menyiapkan dana yang lebih. Tapi jika kamu hanya ingin melihat beragam jenis kerbau lainnya di Toraja, sebaiknya jangan lewatkan upacara adat Rambu Solo. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasanmu mengenai seperti apa nilai seekor kerbau di mata masyarakat Toraja.

(Visited 81 times, 3 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'10 Jenis Kerbau Dan Nilainya Di Toraja Bagian 2' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool