Begini Urutan Saat Melamar Gadis Bugis Makassar

Begini Urutan Saat Melamar Gadis Bugis Makassar
1 (20%) 1 vote

Pernikahan adalah salah satu bagian terpenting dari kehidupan manusia dimana sepasang insan mengikrarkan janji bersama untuk sehidup semati membina rumah tangga. Lebih dari pada itu, pernikahan juga adalah sebuah momen mengikatkan silaturahmi antara keluarga pihak pria dan wanita. Dalam prosesi pernikahan biasanya dilaksanakan secara khusus sesuai dengan adat dan kebudayaan daerah, tak terkecuali dengan masyarakat Bugis Makassar

Cerita lain tentang pernikahan Bugis bisa kamu simak di sini

Pernikahan dipandang sebagai suatu hal yang sakral, bermakna religius, dan sangat dihargai. Dalam kebudayaan Bugis Makassar, upacara pernikahan terdiri dari beberapa tahap kegiatan dimana harus dilaksanakan secara berurutan. Hal ini dipercaya mengandung nilai-nilai yang sarat akan makna, di antaranya agar kedua mempelai dapat membina hubungan yang harmonis dan abadi.

Jadi bagi kamu yang sudah punya niat untuk meminang gadis pujaanmu, maka kamu harus mengerti dan paham cara melamar gadis Bugis Makassar sesuai dengan budaya Bugis Makassar.

 

1. Mattiro/Anjari Toana

Mattiro dalam bahasa Bugis Makassar meiliki arti melihat dan memantau dari jauh. Istilah ini digunakan mengenal calon mempelai wanita dan sekaligus membuka jalur prosesi lamaran sebelum masuk ke jenjang pernikahan. Disinilah awalnya sang calon mempelai pria mengenal lebih dekat gadis pujaan hatinya.

 

2. Mapessek-pessek

Mapesesek-pessek adalah mencari atau mengumpulkan informasi baik pihak laki-laki kepada pihak perempuan dan sebaliknya melalui teman ataupun kerabat terdekat. Informasi yang dimaksud bisa tentang keturunan, pekerjaan, dan hubungannya di masyarakat ataupun lingkungan sekitarnya. Informasi yang didapatkan akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengajukan atau menerima pinangan.

 

3. Mammanuk-manuk

Mammanuk-manuk artinya mencari calon. Dalam tahapan ini, Biasanya ada seseorang yang datang mammanuk-manuk, dalam hal ini sama seperti mapessek-pessek yaitu teman atau kerabat terdekat membicarakan prosesi lamaran antara kedua belah pihak keluarga dan menentukan waktu kunjungan resmi (Madduta Mallino) dari pihak keluarga laki-laki.

 

4. Madduta Mallino

Pada acara ini pihak keluarga perempuan mengundang pihak keluarga laki-laki. Sebelum berkunjung ke rumah keluarga pihak perempuan, keluarga pihak laki-laki akan mengutus Duta Mallino (utusan resmi keluarga laki-laki) untuk menyampaikan amanat dalam prosesi lamaran sehingga bisa berlanjut ke tahap prosesi Mappasiarekkeng.

 

5. Mappasiarekkeng

Mappasiarekkeng memiliki arti mengikat dengan kuat dimana kedua belah pihak bersama mengikat janji yang kuat atas kesepakatan pembicaraan yang dirintis sebelumnya. Dalam acara ini akan dirundingkan segala sesuatu yang berkaitan dengan upacara pernikahan, antara lain Tanra esso (penentuan hari), Balanca (Uang belanja), Doi Menre (uang naik), Sompa (mas kawin) dan lain-lain.

 

6. Mappasau Botting dan Cemme Passih

Ritual Mandi Cemme Passih Untuk Gadis Bugis Makassar

Tiga hari sebelum pernikahan, biasanya gadis Bugis Makassar yang jadi calon pengantin akan mengikuti ritual Mappasau (mandi uap) yang kemudian dilanjutkan dengan bedak hitam yang terbuat dari beras ketan yang digoreng hangus dan terakhir ritual Cemme Pasih yaitu mandi tolak balak dan meminta perlindungan kepada Tuhan.

 

7. Mappenre Temme

Barzanji Sehari Sebelum Acara Pernikahan

karena mayoritas suku Bugis Makassar memeluk agama Islam, sehari sebelum hari pernikahan akan diadakan acara mappanre temme (khatam Alquran) dan pembacaan Barzanji yaitu doa-doa atau puji-pujian kepada Baginda Nabi Muhammad Saw yang dilafalkan dengan irama atau nada.

 

8. Mappaccing

gadis Bugis Makassar

Prosesi Mappaccing

Mappaccing memiliki arti membersihkan diri. Upacara Mappaccing merupakan simbol sekaligus harapan bahwa kedua calon mempelai telah siap untuk membangun kehidupan rumah tangga dengan bersih seperti Mappaccing Ati (bersih hati), Mappaccing Nawa-nawa (bersih pikiran), Mappaccing Pangkaukeng (bersih/baik tingkah laku/perbuatan), dan Mappaccing Ateka (bersih itikat).

 

9. Pernikahan

gadis Bugis Makassar

Alhamdulillah sudah sah

Setelah prosesi mappaccing selesai, keesokan harinya mempelai laki-laki diantar ke rumah mempelai perempuan untuk melaksanakan akad nikah kemudian dilanjutkan dengan acara resepsi. Resepsi biasanya diadakan di gedung pernikahan.

 

10. Massita Besseng

Massita Besseng adalah kunjungan kedua orang tua pengantin laki-laki ke rumah pengantin wanita untuk bertemu orang tua penganti perempuan. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan satu hari setelah pesta pernikahan digelar. Tujuannya adalah untuk bersilaturahmi dan saling mengenal antar kedua keluarga secara lebih dekat.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murahnya di: Tiket Pesawat Jakarta Makassar & Hotel di Makassar. Eits, gak mau ribet? Ambil paket perjalanan wisata aja!

Dan seperti itulah proses melamar gadis Bugis Makassar, mungkin terlihat sangat panjang tapi percayalah setelah kamu melewati itu semua, kamu tidak akan bisa melupakan momen-momen indah itu. Jadi nikmatilah prosesnya dan percaya bahwa keberagaman kebudayaan di Indonesia sangat banyak dan menarik.

Jadi kapan nih nikahannya? jangan lupa bagi-bagi undangan ke kita juga yah.

(Visited 370 times, 1 visits today)


About

Reinventing Teamwork


'Begini Urutan Saat Melamar Gadis Bugis Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool