Es poteng jajanan khas makassar

Semangkuk Es Poteng Penyegar Dahaga

Vote Us

Pernah mencoba semangkok es poteng? Bayangkan di tengah cuaca terik Makassar di siang bolong, tiba-tiba saja lewat paggandeng penjual es poteng dengan bunyi lonceng khasnya sambil berteriak : es potengggg, es potenggg lame kayu, siapa yang tidak akan tergoda? Es poteng ini merupakan salah satu jajanan tradisional Makassar yang masih menjadi favorit, disuguhkan dengan campuran es, sirup merah dan susu. Nikmat disantap terutama dalam suasana udara yang panas. Jajanan khas Makassar ini juga menjadi salah satu menu buka puasa favorit di bulan Ramadhan.

Poteng lame kayu adalah tape ubi kayu, kalau di Bandung dikenal dengan nama peyeum. Untuk membuat poteng ini dibutuhkan waktu sekitar 3 hari lamanya. Ubi kayu yang diolah menjadi poteng tidak boleh sembarang ubi kayu, jenisnya sebaiknya ubi mentega karena ubi putih tidak terlalu baik dibuat poteng. Saat penanaman ubi kayu ini tidak menggunakan pupuk urea atau pupuk non organik lainnya. Selain itu, akan lebih baik lagi jika ubi kayu yang digunakan adalah ubi yang baru dicabut dari kebun, bukan ubi yang sudah lama tersimpan karena akan mempengaruhi rasa poteng.

es poteng jajanan khas Makassar

Ubi mentega yang merupakan bahan dasarnya dipotong-potong kecil terlebih dahulu barulah direbus selama 1 jam atau hingga empuk, lalu didinginkan. Ubi kayu rebus tersebut ditempatkan dalam wadah bersih yang dilapisi daun pisang dan kering barulah ditambahkan dengan ragi manis yang sudah dihaluskan dan difermentasi selama 2-3 hari. Jadi deh poteng lame kayu alias tape ubi kayu. Cara membuat es poteng adalah dengan menempatkan beberapa potong tape di mangkok, tambahkan es serut, sirup DHT dan sedikit susu kental manis.

Berbicara tentang sirup DHT. Sirup ini merupakan sirup lokal yang sangat populer bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan. Ada juga yang menyebutnya sirup pisang ambon, seperti yang tertera di labelnya. Banyak kuliner atau jajanan khas Makassar ini yang menjadikan sirup DHT sebagai pasangan yang pas dalam penyajiannya. Sebut saja pisang ijo, es pallu butung, es poteng, maupun es buah. Tak lengkap rasanya menikmati kuliner tersebut tanpa ada tambahan sirup berwarna merah ini.

Jajanan khas Makassar ini memang enak, tapi disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi poteng karena bisa membuat kepala pusing bahkan mabuk. Dalam porsi terbatas, poteng ini dipercaya memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, mengobati sakit maag dan menyembuhkan jerawat.

Umumnya para penjual es poteng Makassar menjajakan dagangannya menggunakan sepeda kumbang. Di bagian belakang sepeda ditempatkan sebuah kotak kayu berpenutup yang berisi sepotong es balok dan beberapa botol sirup yang berjejer. Di bagian depan sepeda tergantung ember plastik yang berisikan bahan utama es poteng yaitu poteng lamekayu.

Penjual es poteng jajanan khas Makassar

Poteng (tanpa es) ini bisa juga ditemukan di pasar-pasar tradisional, bahkan di supermarket atau minimarket juga ada. Bedanya, di pasar tradisional kemasannya biasanya menggunakan bungkusan daun pisang atau kantong plastik sedangkan di super/minimarket poteng dikemas dengan menggunakan wadah mika. Saya biasa beli beberapa kotak dan dibawa pulang. Kadang dimakan begitu saja atau dibuat puding oleh istri. Katanya dibuat prol tape juga enak.

Poteng ubi kayu dapat ditemukan di hampir semua daerah di Sulawesi Selatan di antaranya di Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Maros, Pangkep, Bone, Palopo dan beberapa daerah lainnya. Sebagian besar penjual es poteng di kota Makassar berasal dari Gowa, Takalar dan Jeneponto. Di kampung istri saya, Batusitanduk, para penjual poteng di pasar tradisional adalah mbak-mbak Jawa. Selain jualan poteng, mereka juga berjualan beragam jajanan tradisional lainnya seperti tenteng kacang, cenil, getuk, kue lapis, pecel, nasi kuning, songkolo, dan lain-lain.

Beragam paket liburan hemat, bisa kamu dapatkan di sini: Tiket pesawat yang murah, Pilihan hotel yang murah, dan Tur Keliling Indonesia

Di Makassar sendiri, ataupun di Maros di mana saya berdomisili, penjual es poteng semakin jarang terlihat, mungkin karena tergeser kian banyaknya penganan sejenis yang lebih modern misalnya es krim atau es putar. Di beberapa pasar tradisional, saya masih sering mendapati daeng penjual es poteng ini mangkal, juga di ruas-ruas jalan tertentu misalnya di jalan AP Pettarani, Veteran atau di pondokan Unhas dan sekitaran danau Unhas.

Sekarang, beberapa penjual es poteng sudah mengganti sepeda kumbangnya dengan sepeda motor, agar bisa menjangkau pembeli di daerah yang lebih jauh. Meskipun kuliner Makassar modern sudah semakin banyak jenisnya, tetapi semangkuk es poteng sebagai jajanan khas Makassar selalu dinanti untuk melepas dahaga di siang bolong.

(Visited 364 times, 2 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Semangkuk Es Poteng Penyegar Dahaga' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool