Kuliner Khas Makassar

Es Pallu Butung, Kuliner Berbahan Dasar Pisang Yang Berkualitas

Es Pallu Butung, Kuliner Berbahan Dasar Pisang Yang Berkualitas
5 (100%) 1 vote

Kota Makassar sebagai pintu gerbang Indonesia Timur ternyata bukan hanya menjadi pusat bisnis saja tetapi Makassar juga merupakan salah satu target wisatawan untuk menghabiskan waktu libur.

Selain itu, kuliner kota Makassar juga tidak kalah seperti daerah-daerah lainnya. Makassar saat ini menjadi salah satu tempat pelampiasan para penggila kuliner di Indonesia. Berbagai macam kuliner tersaji dengan cantiknya di Makassar. Dimulai dari kuliner yang berkategori berat hingga kuliner yang ringan. Rempah-rempah khas kota Makassar yang diracik sedemikian rupa menjadi bumbu andalan kuliner kota Makassar.

Salah satu kuliner yang menjadi andalan kota Makassar adalah es Pallu Butung. Es Pallu Butung saat ini sudah bisa digolongkan menjadi kuliner yang sangat diincar oleh para pecinta kuliner. Jika ke Makassar tidak lengkap rasanya jika kita tidak menikmati kuliner ini. Es Pallu Butung banyak kita temui di Makassar apalagi pada bulan Ramadhan.

Es Pallu Butung

Es Pallu Butung

Berbagai macam variasi es Pallu Butung dibuat oleh para penjual guna menarik perhatian pembeli serta meng-kolaborasikan rasa yang dianggap mereka layak untuk dikonsumsi. Es Pallu Butung mempunyai bahan dasar yaitu pisang dimana Sulawesi Selatan saat ini merupakan daerah penghasil pisang terbesar. Pisang yang berkualitas bagus selalu dijadikan bahan dasar es Pallu Butung guna memberikan rasa khas yang tidak ada duanya.

Es Pallu Butung

Salah satu variasi yang dibuat dalam penyajian es Pallu Butung

Berbeda dengan es Pisang Ijo, proses penyajian es Pallu Butung yaitu pisang yang telah direbus dipotong-potong kecil kemudian disiram bahan semacam bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan santan sehingga rasanya gurih. Setelah itu serutan es diletakkan diatas pisang yang telah disirami oleh fla tersebut. Untuk menambah penampilan yang menarik dimata pembeli biasanya para penjual menambahkan sirup yang berwarna merah serta susu kental manis.

Bentuk dan cara penyajian yang menarik membuat selera makan kita akan bertambah. Es Pallu Butung biasanya dinikmati oleh orang pada siang atau sore hari sebagai pelepas dahaga atau semacam cemilan.
Dibulan Ramadhan ini, es Pallu Butung selalu menjadi menu pembuka puasa andalan bagi masyarakat Makassar. Penyajian yang tidak terlalu lama serta ditambah lagi es serut yang bisa menghilangkan rasa haus setelah satu hari lamanya berpuasa.

Jadi jangan pernah melewatkan kuliner yang satu ini jika anda berkunjung di kota Makassar. Kuliner berbahan dasar pisang lainnya juga kalian bisa nikmati di kota Daeng yang menjadi kota andalan para pemburu kuliner.

Pisang Ijo

Pisang Ijo

Pisang Epe'

Pisang Epe’

(Visited 358 times, 1 visits today)


About

Penikmat Hutan, Gunung & Lautan | Penyuka Ketenangan | Pencinta warna Orange | Suami dari perempuan berdarah Bugis | Senang menulis, lagi belajar pegang kamera, suka jalan-jalan dan olahraga menantang adrenalin


'Es Pallu Butung, Kuliner Berbahan Dasar Pisang Yang Berkualitas' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool