Menikmati Gelato di Kafe Flashback

Menikmati Gelato di Kafe Flashback
4.5 (90%) 2 votes

Flashback. Kembali ke masa lalu. Melihat kembali masa lalu sesekali perlu kita lakukan. Baik itu saat mood sedang bagus-bagusnya maupun sebaliknya. Mengenang masa lalu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jiwa. Inilah yang ditawarkan oleh Kafe Flashback, sebuah kafe yang hadir di bilangan Pasar Segar Panakkukang, Makassar

Ketika kita menikmati dan membayangkan masa lalu, secara umum akan membawa dampak psikologis yang baik. Kebanyakan orang mengasosiasikan masa lalu dengan perasaan hangat, jaman dulu, masa kecil, yang memercikkan kebahagiaan.

Mengenang masa lalu juga merangsang otak untuk: meningkatkan mood, mempertinggi keyakinan diri, dan menguatkan hubungan sosial. Mengingat masa lalu juga meningkatkan kemampuan dalam membangun hubungan dengan orang lain; kemampuan empati dan membuka hati,dan kerelaan memberi dukungan emosi pada orang lain.

Konsep inilah yang mengilhami kehadiran kafe yang terletak di Kompleks Pasar Segar R8 ini. Berangkat dari ingatan akan jajanan masa kecil pemiliknya yaitu es tong-tong, dikenal juga sebagai es puter, Kafe Flashback kemudian mencoba membangkitkan kembali kenangan pada es tong-tong secara kekinian dengan menghadirkan sajian utama berupa gelato. Letaknya berada di salah satu bagian Pasar Segar Panakkukang yang memang sedang bertransformasi jadi pusat kuliner kota Makassar.

Pasar Segar Panakkukang

Aneka varian rasa gelato di Kafe Flashback yang terbuat dari buah segar

“Kami ingin mengembalikan kenangan masa kecil pada es tong-tong, makanya kafe ini kami beri nama Flashback” tutur Juju, Public Relation Kafe Flashback. “Gelato bisa memberikan kesegaran yang bagus untuk meningkatkan mood.”

Oh iya, mungkin masih ada yang sulit membedakan antara es krim dan gelato. Secara harfiah gelato sendiri artinya es krim dalam bahasa Italia. Namun, dalam resep dan bahan baku serta pengolahan, gelato agak berbeda dibandingkan es krim. Gelato sendiri memiliki lemak lebih sedikit dibanding es krim. Es krim dibuat dengan krim masak yang mengandung lemak minimal 10 persen. Sementara gelato lebih banyak menggunakan susu dibanding krim. Juga, gelato biasanya menggunakan lebih sedikit kuning telur.

Mudahnya, untuk membedakan es krim dan gelato bisa dilakukan dengan memperhatikan saat mencair. Es krim jika melncair akan ada busa-busa kecilnya dan teksturnya seperti sup, sementara tekstur gelato akan tetap elastis.

“Sengaja kami mencantumkan es krim dalam daftar menu karena masih banyak yang tidak tahu apa itu gelato. Mereka tahunya cuma es krim” ungkap Juju, Public Relation Kafe Flashback.

Ada beragam varian rasa yang bisa kalian nikmati, di antaranya Vanilla, Coklat, Strawberry, Green Tea, Rum, Durian, Mangga, Nenas, Tiramisu, Red Velvet, Bubble Gum, dan Buah Naga. Semua menu itu dibuat ala homemade dari buah segar. Jadinya, menu ini hadir bergantian karena sesuai ketersediaan bahan dan buah segar.

Pasar Segar Panakkukang

Gelato Buah Naga Kafe Flashback

Penyajian gelato ini ada dua pilihan yaitu dengan menggunakan cup atau cone waffle. Selain gelato Kafe Flashback juga menyajikan aneka menu lain semisal milk shake, float, teh dan kopi. Ada pula roti bakar dan kentang bakar bagi yang mengemil. Semuanya dengan harga terjangkau, mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 25.000,- per porsi.

Kesegaran buah sebagai bahan dasar gelato itu tampak dari gambar yang menghiasi tembok dalam ruangan seluas sekira lima kali delapan meter. Ruangan bernuansa putih dengan gambar-gambar cerah buah beraneka warna ini bisa menampung 20an pengunjung, sementara bagian teras bisa menampung 30an pengunjung. Cukup memadai bagi yang ingin mengadakan acara kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga besar.

Seperti yang tampak pada hari itu, di mana belasan ibu-ibu dan remaja putri yang tergabung dalam komunitas Quiqui Makassar mengadakan pelatihan merajut. Tampak beberapa ibu membawa balita mereka. Saat para ibu larut dalam pelatihan merajut, anak-anak mereka pun asik menikmati gelato.

Oh iya, saat ini ada promo bagi yang berulangtahun, cukup datang ke Pasar Segar Panakkukang dan menunjukkan kartu identitas, maka pengunjung yang berulangtahun pada hari itu akan mendapatkan satu gelato ukuran besar. Promo lainnya adalah ‘I Love Monday’ beli 1 gratis 1 bagi anak sekolah pada setiap hari mulai Pkl 14:00 – 16: 00 wita.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Booking tiket online, Bikin tiket passport online, dan Beragam paket wisata

Nah, bagi yang ingin menyegarkan mood dengan kesegaran gelato sembari mengenang kembali masa lalu, Kafe Flashback di Pasar Segar Panakkukang yang mengusung tagline Brings Memories in Tastes ini bisa jadi pilihan di tengah cuaca Makassar yang kadang panas.

(Visited 154 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Menikmati Gelato di Kafe Flashback' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool