Gunung Nona

Erotic Mountain, Aurat Yang Tak Haram Dipandang

Vote Us

Indonesia sudah dikenal dengan keragaman budaya serta sumber daya alam yang melimpah. Kombinasi tersebut membuat negeri ini memiliki banyak  destinasi wisata yang tidak akan pernah habis untuk dijelajahi. Sulawesi Selatan sebagai salah satu provinsi dengan tingkat perekonomian yang berkembang pesat di kawasan timur Indonesia juga mempunyai banyak tempat wisata. Setiap kabupaten di Sulsel khas dengan masing-masing tempat wisata ataupun kulinernya.

Salah satu kabupaten yang wajib anda kunjungi saat berada di sulawesi selatan adalah kabupaten Enrekang yang berbatasan langsung dengan Tana Toraja  sebelah utara, Kabupaten Luwu sebelah timur, kabupaten Sidrap sebelah selatan dan Kabupaten Pinrang di sebelah barat.

Topografi Kabupaten Enrekang terdiri dari perbukitan dan pegunungan pada ketinggian 70-3000 meter dari permukaan laut. Salah satu gunung yang terkenal di kabupeten ini adalah gunung Nona, gunung ‘erotis’ yang tak pernah bosan dipandangi oleh wisatawan.

Masyarakat setempat menyebut Gunung Nona dengan sebutan  Buttu Kabobong karena bentuknya yang menyerupai organ vital wanita. Keberadaan Gunung Nona menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Enrekang. Tidak jarang turis-turis yang sedang menuju atau kembali dari Tana Toraja menyempatkan diri berfoto dengan latar Gunung Nona atau Buttu Kabobong ( Erotic Mountain).

Seperti keberadaan gunung Tangkuban Perahu yang menyisakan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi di Jawa Barat, beberapa gunung lainnya di belahan dunia manapun biasanya mempunyai legenda yang berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan tertentu. Begitu pula dengan legenda terbentuknya  Gunung Nona atau Buttu Kabobong.

Menurut cerita yang berkembang dikalangan masyarakat setempat, Buttu Kabobong terbentuk karena sepasang muda mudi yang melakukan hubungan diluar pernikahan dan kemudian memotong (maaf) kelamin mereka sendiri. Potongan tersebut lama kelamaan terbentuk menjadi gunung sehingga bisa menjadi peringatan bagi siapapun. Cerita ini hanya sebagian kecil dari banyak versi legenda terbentuknya Buttu Kabobong.

Gunung Nona atau Buttu Kabobong oleh warga lokal salah satu objek wisata yang berada di jalan poros trans Sulawsesi, Makassar-Toraja menjadi tempat favorit para pemudik untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan pegunungan. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Gunung Nona atau Buttu Kabobong oleh warga lokal salah satu objek wisata yang berada di jalan poros trans Sulawesi, Makassar-Toraja menjadi tempat favorit para pemudik untuk melepas lelah sambil menikmati pemandangan pegunungan. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang. source : beritadaerah.co.id

Tempat yang paling digemari saat menikmati pemandangan Buttu Kabobong adalah di Vila Bambapuang yang terletak tepat berhadapan dengan gunung. Dari tempat ini juga bisa menyaksikan gunung Bambapuang, yang dipercaya merupakan tangga penghubung ke langit oleh para leluhur. Selain itu, sajian masakan khas kabupaten Enrekang bisa menemani anda sembari bersantai menyaksikan pemandangan alam yang dibentangkan oleh sang pencipta.

Satu hal yang perlu anda ingat saat melakukan perjalanan ke Kabupaten Enrekang adalah, selalau siapkan minyak angin atau obat anti mabuk. Jalan yang berkelok-kelok sering membuat ‘menari’ kepala dan lambung bagi yang tidak terbiasa. Tapi jangan khawatir, pemandangan alam yang anda saksikan sepanjang perjalanan akan menjadi obat mabuk paling ampuh.

“It is good to have an end to journey toward; but it is the journey that matters, in the end.”
― Ernest Hemingway

Setiap perjalanan selalu menyisakan pelajaran bagi yang mau belajar. Seperti yang disebutkan dalam kitab suci “bacalah! Bacalah!”. Maka beruntunglah yang bisa mengambil hikmah dari setiap kisah, dari setiap perjalanan.

Happy Travelling !

 

sumber foto featured image : filckr Dandin (Gunung Nona, Tana Toraja)

 

(Visited 1,909 times, 1 visits today)


About

andiarifayani.blogspot.com | Sobat LemINA | Penyala Makassar


'Erotic Mountain, Aurat Yang Tak Haram Dipandang' have 1 comment

  1. May 20, 2015 @ 1:29 pm Sriyono Suke

    Wah gunungnya keren bingit…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool