sop kikil

Dua Kuliner Kaki Lima Makassar Rasa Bintang Lima

Dua Kuliner Kaki Lima Makassar Rasa Bintang Lima
Vote Us

Tak usah menyinggung kembali tentang Coto Makassar yang begitu terkenal. Di sini, di Makassar, hampir tiap 500 meter di jalan besar maupun jalan kecil ada penjual Coto Makassar. Jadi mari lupakan sejenak tentang Coto Makassar atau Pisang Ijo yang tak kalah kondangnya.

Ada dua tempat kuliner ( iyah, dua ajah dulu yaah… 😛 ) yang saya rekomendasikan untuk kamu jika ingin merasakan jajanan lezat tanpa butuh mengorek kantong lebih dalam jika sedang berada di Makassar. Yaa, terkecuali jika kamu ditraktir :3.

Sate Dan Sop Kikil Pak Rauf

Mungkin kamu tak sering mendengarnya, bahkan jika bertanya sekali pun, jarang yang mengetahui gerobak sederhana kaki lima ini. Warung yang tidak lagi dijalankan oleh Pak Rauf ini terletak di pertigaan jalan Gunung Merapi dan Gunung Lompobattang. Gerobak dengan tenda orange ini, kini diasuh oleh anak dari Pak Rauf. Mereka mulai memasang tenda untuk berjualan saat sore dan melapak hingga dagangan pun laris manis terjual. Emper toko tempat mereka berjualan tidaklah begitu luas, tak heran jika meja dan kursi yang disediakan pun amat terbatas. Hanya satu meja panjang, satu meja kecil, juga semester setengah meja yang menempel pada gerobak sederhana milik Pak Rauf.

Tentang sate dan sop kikil Pak Rauf; potongan daging sapi, ayam dan usus yang besar bisa kamu dapatkan dan pesan dengan kalap, sebab bukan saja rasanya yang enak serta gurih, harganya pun relatif murah hanya dua ribu rupiah pertusuk. Kebanyakan sate yang dijual di Makassar disajikan dengan saos kacang yang nikmat, begitupun dengan sate racikan keluarga Pak Rauf. Dagingnya beraroma seperti dendeng setelah di bakar, rasanya berempah dan manis karena dioles dengan madu, tak hanya itu, dangingnya pun sangat empuk.

Lalu apa yang terjadi dengan sop kikilnya?. Bisa saja kamu memesan sop kikil atau satenya saja, tapi rugi dan kurang pas rasanya jika tidak mencicip sop kikilnya juga. Sop kikil Pak Rauf menjadi istimewa dengan kuah berkaldu yang nikmat dan segar, pun semangkuk sop kikil ini dapat menghangatkan hatimu yang beku XD. Ohya, untuk semangkuknya, sop kikil ini bisa kamu dapatkan dengan harga dua belas ribu lima ratus rupiah, murah bukan? Sup dengan kuah berkaldu yang nikmat dan segar pengusir sepi dan penghangat hati yang dingin XD.

bakso

bakso marthen

Bakso Toraja Pak Marthen

Pak Marthen memang jeli melihat peluang pasar, banyaknya permintaan akan bakso racikannya membuat gerobak bakso sederhana dengan rasa istimewa ini tersebar di beberapa tempat. Sebut saja salah satunya di jalan Yoseph Latumahina; depan Rumah Sakit Hikmah Makassar. Sejak 1992 gerobak bakso biru dengan garis putih ini mangkal di depan rumah saya hihi. Ya betul di jalan Yoseph Latumahina depan Rumah Sakit Hikmah. Namun seiring berjalannya waktu, saya pun pindah, dan sepertinya Pak Marthen tidak diperbolehkan lagi melapak di depan rumah saya (yang dulu XD ). Sebuah bangunan besar dan megah sudah berdiri di sana sejak tanah dan bangunan berganti pemilik, 2006.

Sempat Pak Marthen curhat tentang beberapa hal yang membuat saya mendapatkan bakso semangkuk, gratis dan boleh nambah, kala bertemu beberapa tahun kemudian. Dia dengan penuh semangat bercerita bahwa telah mempunyai lebih dari lima gerobak.

Hanya dengan Rp. 10.000,- kamu harus siap menikmati semangkuk bakso yang nikmat ala Pak Martin! Atau bakso tanpa kuah dengan kecap, Lombok kuning –lombok khas Makassar dengan rasa pedas yang kuat- bertabur bawang goreng dan daun bawang yang tak kalah sedap.

Penasaran? Ini dia beberapa tempat mangkal gerobak bakso Pak Marthen; Samping Rumah Sakit Hikmah; dan gerobak bakso jualan Pak Marthen diantaranya ada di jalan Gunung Latimojong –depan Toko Halim-, jalan Baji Gau –samping sekolah menengah pertama negeri tiga-, jalan Gunung kelabat dan beberapa tempat lainnya.

(Visited 3,597 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Dua Kuliner Kaki Lima Makassar Rasa Bintang Lima' have 3 comments

  1. May 21, 2015 @ 12:07 am Anbhar Prabukesuma

    Bakso Pak Marthen ada juga di pasar segar, waktu nongkrong di kopi api, khie tawwa pesan di sana 😀

    Reply

    • May 27, 2015 @ 5:45 pm unga

      Iyah tawwa… tambah banyakmi gerobaknya

      Reply

  2. July 27, 2015 @ 1:12 pm Rina sari

    Maaf mau perbaiki sedikit bakso marthen cuma punya 2cabang saja . Yaitu dijalan tupai no76 dan di jalan gunung latimojong (dpn toko halim)

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool