desa sorowako

Desa Sorowako Dengan Segala Pesonanya

Vote Us

Banyak cerita menarik yang berkembang mengenai desa Sorowako, mulai dari penghasil nikel terbesar di Indonesia, danau terdalam se asia tenggara, kehidupan masyarakat yang sejahtera membuat banyak orang penasaran untuk datang kesana. Saya salah satu dari yang penasaran mengenai semua hal itu. Walaupun Sorowako hanya berjarak 200 km dari Kota Palopo tetapi belum pernah saya menginjakkan kaki disana, jaraknya memang terbilang jauh, dari Kota Makassar kira – kira berjarak 400 km. Saya selalu menanti waktu yang tepat untuk datang langsung ke sorowako, hingga pada suatu hari seorang tetangga yang akan menikah akan diantar ke tempat tersebut Kesempatan ini tidak saya sia – siakan hingga segala aktivitas lainnya segera saya hentikan agar bisa ikut dalam rombongan pengantin. Akhirnya dengan mengandalkan sebuah bus charteran kami berangkat ke tempat tujuan yakni desa Sorowako. Sorowako terletak di kabupaten Luwu Timur dan berada di ketinggian sehingga perjalanan panjang kami dilalui dengan adanya tekanan udara pada telinga yang begitu keras rasanya seperti berada di pesawat terbang. Hal ini wajar terjadi jika anda melakukan perjalanan ke daerah ketinggian.

Perjalanan panjang selama 6 jam membuat kami harus tiba pada malam hari di rumah keluarga pengantin dan kebetulan dekat dari perusahaan tambang nikel yang ada di Sorowako. Saya mencoba untuk jalan – jalan keluar rumah sambil menunggu kantuk datang, pemandangan menakjubkan bagi mata saya ternyata langit malam sorowako begitu indah akibat warna orange yang tidak biasa kita saksikan di sekitar kita. Warna orange tersebut terlihat dari jarak jauh yang berasal dari aktivitas penambangan di sana. Aktivitas tambang di tempat ini memang berlangsung selama 24 jam tanpa henti. Pagi di sorowako begitu sejuk dan damai , tampak masyarakat menggunakan helm kerja lalu lalang menandakan mereka siap bekerja. Rombongan kami memanfaatkan waktu yang terbatas itu untuk jalan ke danau matano yang sangat terkenal itu.

Danau ini ternyata berada di kawasan tambang nikel tetapi orang lain bebas masuk kawasan ini tanpa retribusi apapun, selama perjalanan ke danau matano mata anda disuguhi oleh mesin pabrik besar dan mobil dengan bentuk yang berbeda dari biasanya, menarik dan cukup seru dilihatnya. Sepanjang jalan banyak kita temukan rumah karyawan yang berderet rapi. Ada yang menarik dari kawasan perumahan disana karena rumah karyawannya yang sama persis dengan yang lainnya dipenuhi oleh bunga – bunga yang di tata rapi, walaupun banyak rumah yang berjejeran tetapi suasana sangat sepi tidak ada orang yang lalu lalang.

pantai ide desa sorowako

Pantai ide. Sumber : fotosintesa dot com

Tidak jauh dari rumah warga sudah mulai terlihat danau yang begitu luasnya. Ada spot menarik yang mesti anda kunjungi kalau ke matano, masyarakat menyebutnya pantai ide. Walapun ini sebuah danau tetapi ada bagian yang disebut pantai oleh warga, disebut pantai Ide karena katanya tempat ini selalu digunakan untuk mencari ide oleh para karyawan perusahaan tambang.

Pantai Ide memang sungguh mempesona, airnya yang begitu jernih membuat siapa saja ingin segera lompat untuk berenang di dalamnya, kawanan ikan air tawar yang belum pernah saya lihat sebelumnya juga terlihat berenang di pinggir pantai. Terdapat dermaga kayu sekitar 100 meter membentang ke tengah danau sering dijadikan spot selfi ria atau sekedar menikmati ikan – ikan yang berenang disana. Tempat khusus untuk berenang yang diperbolehkan hanya pada bagian pinggir pantai ide, jangan ke tengah karena katanya terdapat jurang yang cukup dalam, bahkan saya mengamati kapal yang lewat biasasanya hanya di bagian pinggir saja

desa sorowako

Dermaga pantai ide : tempo.co

Saya membayangkan asyiknya tinggal di kawasan ini, begitu membuka pintu rumah langsung disuguhkan danau yang cantik dan bersih semoga suatu hari saya bisa kembali menikmati dinginnya danau matano.

(Visited 198 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Desa Sorowako Dengan Segala Pesonanya' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool