Dalam Dekapan Pulau Gusung

Dalam Dekapan Pulau Gusung
4.25 (85%) 4 votes

Kita hidup negara Maritim.Dikelilingi oleh pulau-pulau Indah. Sebuah hal yang dianggap sebuah kemewahan oleh orang-orang di luar sana. Laut indah dan kaya itu ada di halaman rumah kita. Mari berlari kesana.

Tersebutlah sebuah pulau. Tak jauh dari Makassar. Bahkan pulau itu berada persis di depan Pelabuhan Makassar. Tempat dimana kapal-kapal besar berlabuh. Sejatinya Pulau ini dahulu adalah sebuah gundukan tanah yang berfungsi untuk memecah ombak. Ombak besar yang datang dari laut lepas kemudian menghantam kapal besar sangat membahayakan pelabuhan. Kapal-kapal itu dalam sekejap bisa berubah menjadi palu raksasa yang bisa merobohkan dermaga.

Pulau Gusung adalah pelindung bagi Pelabuhan Makassar

Nelayan di Pulau Gusung

Nelayan di Pulau Gusung

Pulau Gusung juga dikenal dengan nama Lae- Lae Caddi.Pulau ini dulunya adalah sebuah tanggul yang  memanjang dari utara ke selatan sepanjang 1 km. Proses sendimentasi yang terjadi secara terus-menerus dan sudah berlangsung lama, sehingga di bagian sisi utara tanggul terjadi penumpukan pasir putih yang lama kelamaan semakin membesar dan melebar sehingga membentuk lah pulau.Dulunya Pulau Gusung adalah Pulau ini tandus dan tidak berpenghuni. Akan tetapi, karena semakin banyaknya pengunjung yang datang untuk berekreasi, sehingga sebagian masyarakat sekitar pulau tersebut memanfaatkan untuk membangun pendopo sebagai tempat untuk beristrahat.

Pulau Gusung berjarak 1.6 km dari Pelabuhan Makassar. Untuk menuju kesana bisa dengan menggunakan speed boat dari Dermaga Popsa. Harga tiket untuk Pulang-Pergi sekitar 25 ribu.Namun jika anda ingin mencoba sensasi yang berbeda cobalah untuk berenang.

Bila anda ingin berenang ke Pulau Gusung maka waktu yang tepat adalah pagi hari. Sekitaran jam 6. Pertama kali berenang ke Pulau Gusung saya ditemani oleh teman-teman MWC atau Makassar Watersport Community. Nyaris seminggu tiga kali,teman-team MWC latihan renang menuju Pulau Gusung. Sebagai alat pengaman ada baiknya membawa pelampung. Pelampung ini berguna sebagai pit stop apabila merasa kelelahan di tengah perjalanan. Selain itu pelampung ini juga berfungsi sebagai penanda agar speed boat yang hilir mudik bisa melihat jika dilaut yang sedang berenang.

Berenang ke Pulau Gusung

Berenang ke Pulau Gusung

Untuk yang sudah mahir berenang dibutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk sampai di Pulau Gusung. Namun untuk yang pemula seperti saya dibutuhkan waktu lebih lama. Lama berenang juga ditentukan oleh arus laut. Semakin deras arus laut maka semakin lama kemungkinan waktu untuk mencapai Pulau Gusung.

Di Pulau Gusung terdapat beberapa penyewaan tempat istirahat. Sewanya cukup murah dan dapat digunakan seharian penuh. Paling mengasikkan adalah duduk di pendopo menikmati ikan bakar sambal memandang laut lepas. Soal ikan jangan khawatir.Di sana beberapa nelayan menjual ikan tangkapannya. Dengan sedikit biaya tambahan kita bisa meminta pemilik pondok penyewaan untuk membakar ikan-ikan tersebut.

Pulau Gusung dari jauh dalam perjalanan pulang

Pulau Gusung dari jauh dalam perjalanan pulang

Setelah puas menikmati ikan bakar ada kesenangan lain yang masih tersaji di Pulau Gusung. Anda bisa snorkeling dan memberi makan ikan. Ikan-ikan di Pulau Gusung jumlahnya cukup banyak dan jinak. Ikan-ikan tersebut biasanya di berikan mie instan, nasi, atau roti. Apabila anda snorkeling sebaiknya menggunakan sepatu karena karang-karangnya cukup tajam.

Aktivitas snorkeling di Pulau biasa juga disebut Muck Diving.Istilah muck diving diambil atau berasal dari sedimen yang berada di dasar laut: “Muck/kotoran” itu sendiri yang membuat daerah muck diving begitu berbeda dan menarik.  Karena sedimen/ lumpur/ sampah adalah habitat yang sempurna untuk berbagai macam biota eksotis dan unik. Dimana mereka membuat sarang/ tempat tinggal di sedimen lumpur dan “sampah” yang membentuk lingkungan itu (muck environment). Coral cover pulau Gusung sekitar 30-40% di kedalaman 1-2 meter dengan komposisi dasar pasir putih dan ditumbuhi rumput laut.

Dimana lagi mendapatkan hiburan yang mengasikkan disalah satu  pulau yang tak jauh dari Kota Makassar kalo bukan di Pulau Gusung.Sebuah kenikmatan bagi kita yang tinggal atau berkunjung di Makassar yang untuk melakukannya hanya dibutuhkan uang parkir dan sewa perahu yang setara dengan dua mangkok coto.

(Visited 1,092 times, 1 visits today)


About

Coffe Holic | Suka menggambar | suka menghayal | lagi belajar motret | suka grogi dekat cewe cantik | mengasuh http://daengadda.com/ |


'Dalam Dekapan Pulau Gusung' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool