Cucuru Bayao

Cucuru Bayao : Si Kuning Yang Menggoda

Cucuru Bayao : Si Kuning Yang Menggoda
5 (100%) 2 votes

Saya sedang tidak membahas tentang  warna salah satu partai yang sedang kisruh sekarang ini. Membahas soal partai tidak akan pernah ada habisnya. Hidup sudah terlalu berat, kenapa harus menambah bebannya lagi. Karna hidup sudah berat, mari membahas soal makanan saja yang dapat membuat hidup menjadi lebih berwarna. Tsah!

Sulawesi Selatan terkenal akan budayanya yang beragam. Mempunyai empat suku yang yang terdiri dari Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Dari semua suku tersebut mempunyai adat istiadat yang khas.  Salah satunya adat istiadat saat menggelar ritual perkawinan. Perkawinan tentu tak jauh-jauh dari soal makanan. Nah, dalam perkawinan Bugis Makassar ada beberapa penganan yang wajib dihidangkan di meja. Meja ini biasa disebut dengan meja oshin yang bentuknya pendek. Mungkin terinspirasi dengan film Oshin yang dari Jepang.

Saya paling semangat jika ada kerabat yang akan menikah. Selain sebagai ajang reuni juga sebagai pelepas rindu akan kue tradisional yang hanya ada jika acara perkawinan. Semua kue tradisional dalam jamuan adat perkawinan Bugis Makassar merupakan simbol dan harapan bagi kedua mempelai serta bagi kelangsungan rumah tangganya kelak. Salah satu kue yang menjadi incaran saya adalah cucuru bayao.  Saya sudah terkenal di kalangan keluarga sebagai pemburu kue cucuru bayao ini.

Cucuru Bayao

Cucuru Bayao

Cucuru bayao merupakan kue tradisional yang kerap hadir dalam berbagai pesta adat utamanya pesta perkawinan yang disajikan dalam Bosara bersama kue tradisional lainnya seperti Barongko, Taloba, Biji Nangka, Kue Pelita, Sikaporo dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Makassar, Cucuru  artinya kue dan Bayao yang artinya telur. Kue yang berbahan dasar dari telur,  gula pasir dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua. Tekstur yang lembut dengan rasa yang begitu manis dan gurih dengan aroma dan rasa telur yang kuat.

Cita rasa manis yang kental pada kue-kue perkawinan Bugis Makassar sebagai simbolisasi harapan akan manisnya kehidupan yang akan diarungi oleh kedua mempelai. Rata-rata kue tradisional Bugis Makassar memang mempunyai rasa yang manis. Konon katanya kalau anak gadis mencicipi kue-kue tradisional ini di acara perkawinan maka jodohnya sebentar lagi akan tiba. Errrr….tapi jangan terlalu percaya yah secara mitos itu tidak berlaku pada saya *tutup muka pake bosara*

Yang menarik dari acara adat istiadat dari Bugis Makassar adalah penyajian makanan yang menggunakan piranti saji yang khusus. Piranti itu disebut dengan Bosara. Bosara adalah semacam baki berkaki dilengkapi dengan penutupnya yang biasa digunakan pada ritual adat upacara adat  tradisional. Piranti saji tersebut dulunya hanya digunakan oleh kalangan bangsawan, namun kini masyarakat luas juga mewarisi tradisi menggunakan Bosara dalam ritual adat. Seperti saat acara pesta perkawinan maupun menjamu tamu kehormatan. Bosara biasanya terbuat dari emas, perak, tembaga atau besi yang dilengkapi dengan tudung saji. Penutup Bosara tersebut terbuat dari anyaman rotan dan daun lontar. Kalangan bangsawan biasanya membalut kembali penutup saji tersebut dengan kain sutera atau beludru.

Cucuru Bayao

Salah Satu Kue Tradisional yang disajikan di Bosara

Seperti halnya dengan kue-kue tradisional lainnya yang dijadikan ole-ole khas Makassar, kini Cucuru Bayao juga banyak dijual dan dikemas untuk dijadikan ole-ole. Dengan mudah dapat ditemui di kedai-kedai kue. Jika suatu waktu anda berkunjung ke Makassar, jangan lupa masukkan Cucuru Bayao ke dalam list kulineran yang wajib untuk dicicipi. Karena kue tradisional tidak pernah lekang dimakan zaman meski kue-kue modern dengan tampilan menggiurkan bermunculan. Ayo kita lestarikan warisan kuliner nusantara.

(Visited 1,695 times, 1 visits today)


About

Perempuan Biasa, Pentjinta Kuliner, Tukang Jalan, Penikmat dan Pemburu Senja. Kadang ngeblog di http://irhapunya.net


'Cucuru Bayao : Si Kuning Yang Menggoda' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool