Craftour, Berbelanja Bahan Craft di Makassar (I)

Craftour, Berbelanja Bahan Craft di Makassar (I)
5 (100%) 1 vote

Kriya adalah kegiatan seni yang menitik-beratkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. (Wikipedia)

Jaman saya SD dulu, ada mata pelajaran keterampilan di mana kita diajarkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kerajinan tangan misalnya menyulam dan merajut. Kalo gak salah ingat di kelas 5 atau 6. Saya senaaaang sekali dan menjadikannya sebagai hobi baru di samping membaca. Mamak turut memfasilitasi hobi baru ini dengan membelikan benang wol dan jarum rajutnya. Sayangnya, hobi hanya bertahan setahun dua tahun lalu terlupakan.

Tahun 2011, saya membaca undangan kelas merajut yang diposting oleh Ekbess. Saya tertarik dan memutuskan datang ke Kampung Buku untuk memperbaharui ingatan saya tentang rajut merajut ini. Berawal dari kelas merajut itulah, terbentuk QuiQui Komunitas Perajut Makassar.

Di Makassar, kegiatan kerajian tangan atau crafting sudah semakin berkembang. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, khususnya sosial media, informasi tentang dunia craft pun semakin cepat tersebar. Ada beberapa komunitas atau perorangan yang berkaitan dengan craft, sebut saja Komunitas Flanel, Quiqui, Zukaa Craft, Ungatawwa Handmade, Camane Craft, Craft & Recycle, Jasmine Boutique & Workshop, Jari Kreatif Makassar, Toompank Craft, Megumi Flanel, The Ribbing Studio, ShineKnit, Bengkel Craft, A Little Project, Melodi Rajut, Phoenix Craft, MB Handmade, In-aRt Craft & Design dan masih banyakkkk lagi. Mereka-mereka ini biasa juga mengadakan kelas craft baik yang gratis maupun yang berbayar.

Nah, saya ataupun teman-teman crafter lainnya sering kali mendapat pertanyaan begini : di mana yaaa beli alat dan bahan craft di Makassar?

Berangkat dari pertanyaan itu, akhirnya saya merangkum beberapa toko craft yang ada di kota Makassar. Ini dia :

salah satu toko craft makassar

Toko ADA, Jl Gunung Latimojong

Sejak dulu, setiap kali ada menanyakan toko craft Makassar apa yang direkomendasikan untuk berbelanja bahan craft saya selalu menjawab Toko ADA. Saya sudah lupa kapan tepatnya saya pertama kali berbelanja di toko craft Makassar ini, samar-samar teringat dulu pernah ke toko ADA di jaman SMA untuk membeli beberapa pak stik es krim. Ingatan paling jelas sih di tahun 2003. Iyya, tahun 2003 saya pernah berbelanja benang wol di toko ADA untuk membuat ikat rambut rajut dan menjualnya ke teman-teman kuliah saat itu hahahha

Toko ADA berlokasi di jalan Gunung Latimojong tepat di depan SD Tamamaung, tidak susah untuk menemukannya karena ada plang nama besar yang menjadi penanda toko ini. Saya biasa menjadikan Restoran Bambuden sebagai penanda karena lokasi toko ADA memang tidak jauh dari restoran ini.

Toko ADA menyediakan beragam alat dan bahan untuk crafting (kriya) seperti benang rajut dan benang untuk menjahit, jarum jahit, hakpen, beragam pita, aneka macam kancing dan manik-manik, kain-kain, kain flanel, kain sulam, lem, gunting dan lain-lain, yang dijual dalam bentuk satuan dengan harga realtif murah. Jadi kalaupun hanya belanja sehelai pita misalnya gak masalah kok, tapi biasanya sih pulang dari sini hasil belanjaan jadi makin banyak 😀

toko-harapan, toko craft Makassar

Toko Harapan, Jl KH. Agus Salim

Nah, toko Harapan ini merupakan rekomendasi berbelanja toko craft Makassar jika ingin membeli dalam jumlah banyak dengan pilihan yang lebih beragam. Mulai dari kancing-kancing yang memenuhi sejumlah lemari kaca, bunga-bungaan imitasi dari yang mungil hingga yang besar, dakron, jarum dan perlengkapan menjahit, aneka warna dan jenis benang, pita-pita beraneka warna, busa dan puring, kain-kain meteran dan kaos yang ditimbang, kain bordir dan buanyakkk lagiii. Pokoknya, hingga saat ini, toko Harapan merupakan toko paling lengkap dalam hal jahit menjahit dan peralatan craft.

Toko Harapan berlokasi di deretan ruko bagian timur Pasar Sentral tepatnya di jalan  KH. Agus Salim. Dari ujung jalan Laiya berbelok ke arah kanan setelah mencapai pasar Sentral. Gak jauh kok, ada plang namanya meskipun sudah kusam dan agak pudar. Kalau mau ke sini, saya sarankan sebaiknya naik motor atau kendaraan umum saja soalnya susah parkirnya, jalannya sempit dan macet terlebih setelah kejadian Pasar Sentral kebakaran.

Suasana di toko craft Makassar ini selalu ramai. Pernah saya datang jam 10 pagi dengan harapan di sana masih sepi jadi bisa lebih leluasa untuk memilih, tapi ternyata sudah rame 😀 Nah karena di toko ini memang selalu rame pembeli ya kitanya harus sabar. Mulai dari bersabar dilayani di lemari kaca saat memilih barang, diberi nota barang lalu ngantri lagi di kasir untuk bayar. Setelah dapat struk dari kasir, ngantri lagi di bagian pengambilan barang.

**

Katanya ada beberapa kok cuman dua toko craft saja? Tenang. Dua toko craft ini memang paling terkenal di kota Makassar. Nah untuk toko lainnya akan saya lanjutkan di artikel berikutnyaaaaa….

(Visited 919 times, 3 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Craftour, Berbelanja Bahan Craft di Makassar (I)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool