Berbelanja Bahan Craft di Makassar

Craftour, Berbelanja Bahan Craft di Makassar (II)

Vote Us

Jika di artikel sebelumnya : Craftour, Berbelanja Bahan Craft di Makassar (I) saya hanya merekomendasikan dua toko craft yang paling terkenal di Makassar, maka di sesi II ini ada beberapa pilihan toko craft Makassar yang tersebar di beberapa lokasi. Jadi gak perlu jauh-jauh lagi ke Pasar Sentral. Meskipun tokonya lebih kecil dan pilihan lebih terbatas daripada Toko Ada dan Toko Harapan, tapi cukuplah jika ingin membeli alat bahan craft dalam  satuan ataupun kemasan kecil.

Di mana saja toko craft di kota Makassar? Simak yuk berikut ini :

toko craft makassar singa raja

Toko Singa Raja, Jl. Timor

2 atau 3 tahun lalu, Piyo, Tata dan saya berkeliling ke beberapa toko craft yang ada di Makassar. Nah diajaklah saya ke toko Singa Raja ini, katanya ada toko craft baru yang lumayan lengkap dan murah. Sayangnya, saat kami mampir, toko Singa Raja lagi tutup. Di lain waktu, ketika sedang mencari benang poli untuk merajut saya memutuskan mampir ke toko Singa Raja lagi, ternyata memang benar. Ada berjenis-jenis benang dijual di sini.

Saya juga menemukan benang poli yang saya cari dan tersedia beragam warna mulai dari yang polos hingga yang sembur. Pegawainya ramah melayani pembeli dan bisa diminta pendapatnya dalam memilih warna atau jenis benang. Alat dan bahan craft yang dijual di toko craft Makassar ini lumayan lengkap dan murah tetapi untuk renda tidak dijual meteran, harus membeli dalam partai banyak.

Toko Singa Raja terletak di jalan Timor no 59. Gak ada angkutan umum yang lewat di jalan ini, jika tak naik kendaraan pribadi, bisa naik becak dari Pasar Sentral atau jalan kaki saja. Tokonya gampang ketemu kok soalnya ada plang nama besar yang terbaca dari kejauhan.

Toko Astra Jaya, Jl. Perintis Kemerdekaan

Yang tinggal di Tamalanrea dan sekitarnya, cukup tertolong dengan adanya toko Astra Jaya yang berlokasi di deretan ruko depan Town Square (MToS), tepatnya di Ruko Puri Kencana Sari, Jl. Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea. Jika masuk ke deretan rukonya, berbeloklah ke arah kanan. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Pasar Sentral lagi.

Eits jangan tertipu oleh nama ya, karena toko ini menjual peralatan craft atau kerajinan tangan bukan peralatan motor 😀 Peralatan craft yang dijual cukup lengkap, mulai dari manik-manik, pita, jarum dan benang jahit, alat bahan merajut dan menyulam, flanel dan lain-lain. Hanya saja untuk benang polinya, sedikit lebih mahal dibanding benang poli di toko craft Makassar yang saya sebutkan di atas. Tetapi untuk perlengkapan jahit justru lebih murah di toko Astra Jaya.

Suasana di toko ini hampir selalu ramai dengan pengunjung mungkin karena toko ini adalah satu-satunya pilihan di kawasan Tamalanrea. Yang jaga juga cukup ramah dalam melayani pembeli.

toko craft makassar

Toko Craft Lainnya

Selain empat toko craft yang saya rekomendasikan sebelumnya, sebenarnya masih ada beberapa lagi toko craft di Makassar dengan lokasi yang tersebar meskipun tidak selengkap 4 toko craft di atas. Ini dia hasil rangkumannya berdasarkan hasil diskusi dengan teman-teman QuiQui Komunitas Perajut Makassar dan beberapa teman lain yang juga crafter Makassar.

Toko Mahkota, yang berlokasi di Jl. G. Lompobattang tidak jauh dari RS. Pelamonia. Tata merekomendasikan toko ini saat saya mencari toko craft di Makassar yang buka hingga malam hari.

Toko Sahabat, tadinya toko ini berlokasi di dalam Pasar Sentral. Pasca kebakaran, toko Sahabat pindah ke Jl. KH. Wahid Hasyim. Ada dua cabang toko Sahabat di jalan ini.

Di Pasar Sentral ini sebenarnya ada beberapa toko craft Makassar, misalnya toko yang direkomendasikan oleh Echie yang sayangnya dia lupa namanya. Toko craft ini sederetan dengan toko Harapan. Katanya, kain rendanya murah-murah 😀

Toko Astra, berlokasi di ujung Jl. KH. Agus Salim, tidak jauh dari Jalan Diponegoro. Perlatan craftnya lumayan lengkap mulai perlatan menjahit hingga merajut. Di toko ini juga bisa obras dan neci. Saya menemukan Toko Astra secara tidak sengaja saat sedang berbelanja di toko sebelahnya, yang merupakan toko baju langganan mamak 😀

Toko Yan, Jl Ratulangi tidak jauh dari persimpangan Veteran – Ratulangi – Pabaeng-Baeng . Toko ini menjual alat bahan menjahit juga seperti toko craft lainnya, tapi jangan cari manik-manik, renda atau pita ya soalnya tidak tersedia.

Toko Sutra Jaya, berlokasi di Jl Cendrawasih tidak jauh dari pertigaan Jl Baji Gau. Toko ini menjual alat bahan menjahit dan juga melayani jasa pasang kancing bungkus, obras dan neci.

Toko craft Pasar Daya, lokasi ada di dalam pasar Daya sederetan dengan toko-toko emas. Kios kecil ini menjual peralatan jahit menjahit mulai dari manik-manik, benang, pita jarum dan sebagainya.

Untuk yang berdomisili di Maros, bisa menemukan toko craft di ruko Pasar Batangase. Kios kecil ini menjual beragam alat bahan menjahit, benang untuk merajut, pita dan renda, lem tembak, dakron, dan lain-lain.

Toko kain di Makassar. Di Pasar Sentral banyak sekali toko kain tapi ada beberapa toko yang menjadi pilihan para crafter Makassar. Di antaranya adalah toko kain Grand Monalisa dan New Monalisa. Kedua toko ini masih di bawah satu kepemilikan dan letaknya pun berdekatan yaitu di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Selain kedua toko ini, ada juga toko kain Masempo dan toko kain Alfa yang masih terletak di kompleks Pasar Sentral Makassar. Toko-toko ini menjual kain-kain berkualitas dengan harga murah, baik lokal maupun impor.

Toko Mewah, yang berlokasi di Jalan Sulawesi No 95. Toko ini tidak menjual peralatan craft tapi merupakan toko yang menjual mesin jahit di Makassar. Saya seringkali mendapat pertanyaan seperti : di mana beli mesin jahit di Makassar? Nah di toko Mewah ini 😀 Kalau mesin jahitnya rusak, bisa coba bawa ke toko ini juga. Toko mesin jahit lainnya ada di Jalan Laiyya (Toko Alam) dan di lantai 3 Makassar Town Square.

Nah khusus untuk benang rajut import ataupun lokal, bisa membeli di Kampung Buku Jl. Abdesir BTN CV Dewi ataupun di Ungatawwa Handmade Jl Dg Tata BTN Tabaria. Pilihannya memang terbatas tapi lumayanlah jika sedang terdesak dan tidak bisa menunggu orderan via online 😀

**

Masih ada rekomendasi toko craft Makassar lainnya? Yuk berbagi di kolom komentar 😀

(Visited 2,709 times, 1 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Craftour, Berbelanja Bahan Craft di Makassar (II)' have 1 comment

  1. January 31, 2017 @ 2:52 pm Ika

    Mo nanya sist, toko masempo itu letaknya di bagian mana yah, klo boleh minta alamatnya.. makasih

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool