Coffee Station Makassar

Coffee Station: Coffee Shop dengan Rasa dan Kualitas Tinggi

Coffee Station: Coffee Shop dengan Rasa dan Kualitas Tinggi
5 (100%) 1 vote

Sore itu saya memutuskan untuk berbuka puasa di luar rumah. Berhubung kedai kopi yang biasa menjadi titik kumpul saya dan teman – teman sedang tutup selama Ramadhan, akhirnya saya memilih untuk menjajal sebuah coffee shop  baru. Beberapa tahun belakangan coffee shop  memang marak bermunculan di Makassar.  Gaya hidup nongkrong di coffee shop  di kalangan professional dan anak muda di kota – kota besar menjadi salah satu penyebab kenapa coffee shop  makin bertebaran di Makassar.

Salah satu coffee shop yang baru di Makassar adalah Coffee Station yang terletak di bilangan Panakukkang, kawasan bisnis Makassar yang berkembang pesat sejak 10 tahun terakhir. Lokasinya yang berhadapan dengan Mall Panakukkang menjadikan coffee shop  ini mudah ditemukan. Menjadi wajar jika meski baru seminggu lebih buka, coffee shop  ini tergolong ramai.

Lokasi yang strategis hanya salah satu alasan penunjang mengapa tempat hang out anak muda Makassar ini menjadi ramai dalam waktu tergolong cepat. Alasan lain adalah desain interior. Seperti lazimnya tempat hangout yang menyasar anak muda sebagai target pasar, Coffee Station ini didesain dengan gaya dan selera anak muda. Menciptakan suasana nyaman dan cozy, meski luas coffee shop ini hanya seukuran rumah toko (ruko).

Coffee Station Makassar

Interior Coffee Station Makassar

Coffee shop seluas tak lebih dari 5 x 10 meter ini terbagi dua, smoking area dan non smoking area. Bagi perokok, 2 (dua baris) depan disiapkan untuk mereka. Sementara, non smoking di area 2 (dua) baris belakang. Tak ada pemisah, yang ada hanya batas imajiner berupa tiang yang agak menonjol dari dinding di kedua sisi. Plus, tanda dilarang merokok yang melekat pada meja non smoking area.

Setengah jam menjelang berbuka puasa, saya sudah duduk di sudut depan Coffee Station. Seorang barista cewek yang juga merangkap sebagai waitress datang mebawa buku menu. Saya pun memesan Black Coffee Sapan Siuluk V60. Sehari sebelumnya, saya sempat mencicipi kopi sejenis ini racikan John Chendra di Toko Ujung, salah satu toko penyedia kopi legendaris Makassar. Setelah mencicipi racikan Om John, panggilan akrab kami ke dia, saya langsung jatuh cinta pada seduhan ala V60. Biasanya, di rumah menyeduh kopi Sapan Siuluk dengan Vietnam Drip. Karena itulah saya memesan Sapan Siuluk V60. Namun, barista tadi malah menawari saya mencoba kopi Benteng Alla’ V60 dan saya mengiyakannya tanpa berpikir panjang.

Coffee Station Makassar

Menu Buka ala Benteng Alla V60 Coffee Station

Tak lama setelah adzan Maghrib berkumandang, barista tadi datang membawa pesanan saya plus beberapa biji kue tradisional Bugis – Makassar. Jadilah saya berbuka puasa dengan kopi Benteng Alla’ dan kue tradisional, tentu saja dengan minum air putih sebelumnya. Tak lama kemudian, seorang barista cowok datang membawakan secangkir kopi kecil. Ari, saya tahu namanya belakangan, menawarkan saya untuk mencoba kopi itu. “Ini kopi Benteng Alla’ V60 tapi dengan komposisi air dan kopi yang berbeda” ungkapnya sambil meminta saya membandingkan aroma dua kopi itu. Kopi pertama dengan cangkir transparan memiliki aroma Caramel lebih kuat dibanding cangkir putih.

Ari, yang ternyata adalah barista utama Coffee Station ini adalah murid pertama John Chendra, pemilik sertifikat Q and R Grader yang dikeluarkan oleh Coffee Quality Institut (CQI), lembaga akreditasi pencicip kopi profesional yang berbasis di Amerika Serikat. Pemilik sertifikat Q Grader CQI ini di dunia masih tergolong sedikit, hanya berkisar 1000an orang. Untuk Makassar dan kawasan timur Indonesia baru John Chendra yang memiliki sertifikat ini. Mungkin karena alasan itulah, sajian kopi di Coffee Station memiliki rasa dan kualitas yang tinggi.

Espresso Bon Bon Coffee Station

Espresso Bon Bon Coffee Station

Coffee Station Makassar

Green Tea dan Ice Cappucino Coffee Station

Untuk menu andalan, Coffee Station menawarkan Espresso Bon Bon, racikan espresso plus susu kental manis. Serupa kopi susu tapi hadir dengan versi mini dengan rasa yang lebih kuat. Racikan ini juga hanya bisa dijumpai coffee shop ini. Dengan harga terjangkau, hanya 17k – 28k rupiah, Coffee Station juga menyajikan aneka racikan kopi dan menu lain. Beberapa menu terlaris di coffee shop ini adalah Greentea, Ice Cappucino, aneka jenis kopi dengan seduhan Vietnam Drip dan V60.

Bagi pecinta kopi atau yang sekadar mencari tempat hangout di Makassar, Coffee Station ini bisa menjadi pilihan. Selain menawarkan rasa dan kualitas yang tinggi, coffee shop ini juga menjanjikan tempat yang nyaman dan cozy untuk menikmati kopi atau pun berkumpul bersama teman – teman.

(Visited 3,598 times, 1 visits today)


About

sharing is caring | bebas merdeka 100% | writer and traveller wannabe | peneliti paruh waktu | social media enthusiast |


'Coffee Station: Coffee Shop dengan Rasa dan Kualitas Tinggi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool