Car Free Day di Pantai Losari Makassar

Car Free Day di Makassar

Car Free Day di Makassar
Vote Us

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor dalam Bahasa Indonesia memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungannya terhadap kendaraan bermotor. Bahkan untuk ke warung dekat rumah saja, terkadang kita bahkan tidak mau jalan kaki tapi lebih memilih untuk naik motor, iya kan?

Selain itu, Car Free Day ini juga dimaksudkan untuk mengurangi beban pencemaran udara dan kemacetan akibat dari kegiatan transportasi. Akhirnya Car Free Day pun dicetuskan, awalnya oleh para aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Car Free Day ini bermula pada tanggal 25 November 1956, dilaksanakan oleh pemerintah Belanda setiap hari Minggu. Kemudian Prancis pada tahun 1995 melaksanakan pesta memperingati Green Transport Week di kota Bath, semua masyarakat turun ke jalan untuk merayakan acara tersebut. (GoSulSel.Com)

Di Indonesia, Car Free Day (disingkat CFD) dimulai di kota Jakarta pada pada tanggal 23 Mei 2002 dimotori oleh Koalisi LSM Lingkungan dan dilaksanakan pada hari Minggu terakhir setiap bulan berjalan. Car Free Day ini berlangsung selama 8 jam yaitu dari pukul 06 pagi hingga pukul 2 siang. CFD ini terus disosialisasikan dan  mengalami beberapa penyesuaian. Dan akhirnya pada tanggal 13 Mei 2012, Car Free Day di Jakarta dilaksanakan setiap hari Minggu dimulai pukul 06 pagi dan berakhir pukul 11 siang. (Wikipedia)

Dari Jakarta, Car Free Day terus menyebar dan mulai dilaksanakan di beberapa kota besar dan kota kecil di Indonesia, beberapa di antaranya adalah kota Bandung, Bekasi, Bogor, Surabaya, Semarang, Solo, Malang, Medan, Banda Aceh, Kediri, Blitar, Makassar dan masih banyak kota lainnya.

Car free day Makassar

Di Makassar sendiri, hari bebas kendaraan (Car Free Day) dilaksanakan di kawasan Pantai Losari dan di Jalan Jend. Sudirman sebagai ruang bagi publik untuk bersantai dan berolahraga. Oleh Pemerintah Kota Makassar, Car Free Day mulai diterapkan pada tanggal 7 Juni 2009 yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pukul 05.00 hingga 10.00 WITA. Pada tahap pertama sebagai uji coba, CFD hanya dilaksanakan dua kali sebulan yang berlangsung selama tiga bulan lalu dilanjutkan ke tahap berikutnya dengan sekali seminggu yang sudah berlangsung hingga sekarang ini.

Awalnya Car Free Day Makassar hanya dilaksanakan di Jl Penghibur, kawasan Anjungan Pantai Losari, sekitar satu kilometer dari Losari. Nah pada hari Minggu 4 Mei 2014, kawasan Car Free Day di Makassar bertambah lagi yaitu sepanjang Jalan Protokol Jenderal Sudirman, mulai dari perempatan Sungai Saddang (depan Rumah Jabatan Gubernur) sampai perempatan Jalan Bawakaraeng –Jalan Kartini.

Car free day Makassar Car free day Makassar

Perbedaan yang paling tampak antara CFD di Jalan Jend. Sudirman dan kawasan Pantai Losari adalah para pedagang kaki lima. Dulu, para pedagang ini memenuhi ruas jalan sepanjang Pantai Losari akhirnya ruang yang tersisa bagi para pejalan kaki sangat sempit. Jangankan untuk jogging, untuk berjalan saja susah mesti senggol kiri kanan saking sesaknya.

Sekarang para PKL ini direlokasi ke kawasan sekitar Anjungan Metro agar tak mengganggu warga yang ingin beraktivitas di Pantai Losari tanpa kendaraan. Fungsi Car Free Day di Pantai Losari akhirnya dikembalikan sebagai ruang publik untuk bersantai dan berolahraga.

Saya sendiri lebih suka ke CFD di Pantai Losari dibanding di kawasan Jenderal Sudirman. Alasannya sih sekalian jalan-jalan sambil cuci mata liat barang-barang siapa tau ada yang cocok untuk dibeli. Para PKL ini menjual aneka ragam barang jualan mulai dari baju, celana, pakaian dalam, tas, sepatu, buku bekas, jam tangan, aksesoris, jaket, gantungan tas dan jilbab, hewan peliharaan seperti marmut, kelinci, anak ayam warna warni, ikan hias, keong yang dicat, ponsel dan berbagai macam barang elektronik murah, peralatan dapur, bahkan bahan makanan dan aneka bumbu dapur juga ada.

CFD Makassar

Car free day Makassar

Selain itu, ada area kuliner juga di CFD Pantai Losari ini. Mulai dari kerak telor, bakso, siomay, batagor, bubur ayam, gado-gado, nasi kuning, lontong sayur, bubur kacang ijo, gorengan dan aneka jajanan lainnya berjejer di sepanjang pelataran Metro. Habis jogging atau jalan-jalan bakar kalori eh ketemu penjual jajanan 😀

Car Free Day Pantai Losari sering juga dijadikan tempat kumpul para komunitas hobi seperti komunitas sepeda, klub sepeda, para pecinta fotografi, penggemar klub bola, klub penyayang binatang dan lain-lain. Sedangkan Car Free Day di kawasan Jenderal Sudirman lebih sering dijadikan ruang untuk berolahraga seperti jogging atau bersepeda. Kadang-kadang komunitas skate board dan sepatu roda juga berkumpul di sini.

Jadi, kalau kamu sedang berkunjung atau berwisata di Kota Makassar, sempatkan diri untuk mampir di kawasan Car Free Day Pantai Losari ya. Siapa tau kita ketemu di sana 🙂

(Visited 877 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Car Free Day di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool