Bendungan Kampili Gowa

Cantiknya Batuan di Bendungan Kampili, Kabupaten Gowa

Cantiknya Batuan di Bendungan Kampili, Kabupaten Gowa
5 (100%) 3 votes

Bendungan adalah bangunan yang dibuat untuk menahan laju aliran air, bendungan biasanya digunakan untuk irigasi, sumber air disaat musim kemarau dan bahkan ada yang dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Selain manfaatnya yang begitu banyak tersebut ternyata ada bendungan yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Terdapat sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Gowa bernama bendungan kampili ternyata memiliki keunikan tersendiri sehingga selalu dkunjungi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Apa saja keunikannya? Akan kita bahas berikut ini.

Bendungan kampili terletak di Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Tempat ini cukup mudah ditemukan, bila anda ingin berkunjung mulai dari kota Makassar perjalanan dapat ditempuh kearah barat melewati jembatan kembar. Setelah lewat jembatan kembar anda akan melihat sebuah jalanan pertama di sebelah kiri, silahkan susuri jalanan tersebut hingga tiba di desa kampili dan terlihat tulisan bendungan kampili. Akses menuju tempat ini sangat mudah dan hanya butuh waktu 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Bendungan Kampili

Bendungan Kampili

Kunjungan ke bendungan kampili sebaiknya dilakukan saat musim kemarau karena bila aliran air bendungan deras maka anda tidak akan dapat menikmati keindahan bendungan kampili. Memasuki bendungan kampili pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis, pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan di sekitar bendungan.

Bendungan Kampili

Bendungan kampili terlihat biasa saja dari bagian depan dengan struktur yang sama dengan bendungan kebanyakan, terdapat sebuah got besar yang dilewati air yang mengalir sampai ke sawah penduduk. Cobalah turun ke area bendungan karena tepat di bagian bawah bendungan terdapat batuan yang terbentuk secara alami menyerupai grand canyon. Bagian bawah bendungan ini mirip dengan grand canyon yang berukuran kecil, diantara batuan dipisahkan oleh celah – celah yang mirip dengan ngarai yang harus dilewati dengan melompat. Terdapat banyak sekali bebatuan yang saling terhubung dengan bentuk yang unik disertai lengkungan – lengkungan hasil bentukan alam. Banyak sumur – sumur kecil yang berisi air berwarna kehijauan yang tergenang bersatu menambah keindahan tempat ini. Setiap tempat disini bisa dijadikan spot fotografi yang sangat indah, tidak heran bila banyak model yang mengambil tempat ini sebagai lokasi foto bahkan beberapa kita temukan menjadikan lokasi ini sebagai tempat foto prawedding.
Pengunjung juga dapat menikmati air bendungan dengan mandi di bawah aliran air. Di sekitar bendungan sering terlihat banyak pengunjung yang memancing ikan, anda dapat memancing ikan air tawar disini tentunya dengan membawa pancing dan umpan sendiri.

Bendungan Kampili

Bendungan bissua, letaknya hanya 5 km dari bendungan kampili

Tidak jauh dari bendungan kampili masih ada sebuah bendungan yang tidak kalah cantiknya bernama bendungan bissua. Bendungan ini lebih besar dan lebih luas daripada bendungan kampili. Uniknya kita dapat berjalan diatas bendungan menggunakan jembatan aspal, di tempat ini begitu sunyi sehingga hanya terdengar gemercik air yang jatuh dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat relaksasi. Sekali berkunjung 2 bendungan cantik dapat anda nikmati.

(Visited 11,674 times, 7 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Cantiknya Batuan di Bendungan Kampili, Kabupaten Gowa' have 1 comment

  1. July 21, 2015 @ 8:26 am Bimo Aji Widyantoro

    Lama ku mi tinggal bertetangga dengan kecamatan Pallangga baru kutahu ada bendungan Kampili. Dari yang kudengar sih warga bilang Kampili saja tapi ternyata ada juga tepat wisata unik seperti ini. Terima Kasih Infonya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool