Keliling Makassar Dengan Trans Mamminasata

Keliling Makassar Dengan Trans Mamminasata
3 (60%) 2 votes

Dua pekan yang lalu, saya mengajak si anak kecil untuk naik busway dari Maros menuju Mall Panakukkang Makassar. Karena kurang paham dengan rutenya, saya bertanya ke seorang teman dan disarankan untuk menunggu di halte depan Citra Mart Sudiang. Setelah menimbang-nimbang beberapa kemungkinan, saya pikir baiklah oke juga, soalnya saya sendiri belum pernah naik moda transportasi ini padahal sudah beroperasi selama kurang lebih 3 tahun.

Berhubung lokasi rumah ada di dalam jalan poros Kariango Maros, tentulah saya harus naik angkutan umum dulu alias pete-pete dari depan kompleks hingga di pasar Batangase. Lalu dari depan pasar naik pete-pete lagi sampai di Sudiang. Saat melewati halte BPS saya melihat ada busway yang lagi ngetem di situ. Alih-alih melanjutkan perjalanan menuju halte Citra Mart, akhirnya saya minta diturunkan di dekat halte BPS dan langsung naik ke atas busway. Hanya ada satu orang penumpang, ditambah saya dan babyjo lalu pak supir dan kondekturnya. Saya pun memilih duduk di barisan depan belakang sopir agar si anak kecil bisa leluasa memandang ke jalan raya.

Naik Busway Makassar Trans Mamminasata

Setelah menunggu kurang lebih 10 menit, busway mulai meninggalkan halte BPS menuju Mall Panakukkang, salah satu mall terbesar di Makassar. Sepanjang perjalanan menuju Mall Panakukkang, busway akan berhenti di beberapa halte yang dilewatinya. Kalau di halte tidak ada orang maka busway akan terus melaju, sebaliknya saat driver melihat ada orang yang sedang duduk atau berdiri menunggu di halte maka busway akan berhenti. Ha yang bikin kesal, kadang-kadang orang-orang ternyata hanya numpang duduk di halte busway, dan pas busway berhenti lalu kondektur tanya : Mall Panakkukang Pak/Bu? Dia hanya geleng-geleng dengan ekspresi terganggu. Lah, lagian ngapain ada di halte busway klo gak mau naik –“

Mungkin karena bukan jam pulang kantor, busway-nya relatif sepi. Setelah halte BPS, baru adalagi penumpang yang naik di halte Daya lalu di halte Cokroaminoto. Jadinya lumayan sepi sih, adem dan nyaman. Si anak kecil excited sekali dan gak berhenti bertanya sepanjang jalan :)) Perjalanan dari Sudiang berakhir tepat di depan Mall Panakkukang. Nah di sini sudah ada 2 atau 3 busway juga yang menunggu penumpang.

Harga yang saya bayarkan adalah 5 ribu rupiah, sedangkan untuk penumpang yang masih tergolong anak-anak tidak dikenakan biaya. Sayangnya saya lupa tanya kok tidak dikasi karcis ya? Padahal kata teman, klo tidak dikasi karcis sama kondekturnya, jangan lupa minta yaaa.

Busway Makassar Trans Mamminasata

Bus Rapid Transit (BRT) Trans Mamminasata yang sering juga disebut busway Makassar, merupakan salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Kota Makassar. Operasional busway ini di bawah kendali Dinas Perhubungan Sulsel. Kapasitas penumpang 40 orang sudah termasuk pegangan tangan berdiri yang disediakan untuk 20 orang penumpang dan 20 kursi untuk penumpang yang duduk. Jam operasional busway ini dimulai pukul 07.00 Wita hingga 19.00 Wita setiap hari.

Awalnya ada 11 koridor yang dirancang untuk BRT Trans Mamminasata tapi pada kenyataannya tidak semua beroperasi dan berjalan dengan baik. Sependek pengetahuan saya, kini busway Makassar memiliki lima koridor, dimana titik pusatnya berada di depan Mall Panakkukang. Sayangnya di depan Mall Panakkukang ini malah tidak ada halte permanen, hanya berupa sebuah tangga untuk naik ke busway-nya.

Oya, tolong dikoreksi jika salah, karena saya lupa bertanya ke petugas BRT waktu itu 😀 Rute busway Makassar berikut hanya berdasarkan pengamatan saya saja melihat lokasi halte busway yang saya lewati.

  • Rute: Jalan Ahmad Yani- Jalan Tol Reformasi-Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Pulang Pergi)
  • Rute: Mall Panakkukang – Mall Ratu Indah – Jl Rajawali – Mall GTC – Trans Studio – Pantai Losari-  Karebosi Link/MTC  – Mall Panakkukang (Pulang Pergi)
  • Rute: Sudiang – Jl Perintis Kemerdekaan – Jl AP Pettarani – Mall Panakkukang (Pulang Pergi)
  • Rute : Mall Panakkkukang – Jl Alauddin – Pallangga Gowa (Pulang Pergi)
  • Rute: Terminal Daya – Jl Perintis Kemerdekaan – Jl Poros Makassar Maros – Terminal Maros (Pulang Pergi)

Busway Makassar Trans Mamminasata

Tidak seperti perjalanan pergi ke Mall Panakkukang yang jumlah penumpangnya tidak sampai 10 orang sehingga bisa bebas memilih posisi tempat duduk sesuai selera, perjalanan balik dari Mall Panakkukang menuju Sudiang sangat rameee. Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya busway koridor 3 tiba juga. Sayangnya saya kurang lincah dan hanya berdiri menunggu penumpang berebutan naik, pas saya mau naik eh diinfokan sama kondektur ternyata harus berdiri. Karena males, akhirnya saya pilih untuk menunggu busway berikutnya yang katanya gak lama lagi.

Sekitar 20 menit menunggu, busway koridor 3 selanjutnya tiba juga. Gak mau mengulang kesalahan yang sama, saya buru-buru naik dan alhamdulillah dapat tempat duduk. Banyak juga yang berdiri loh, mungkin karena jam pulang kantor kali ya. Perjalanan pulang agak tersendat karena macet di beberapa titik, dan akhirnya tiba dengan selamat di halte BPS kembali.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Tiket murah dari Jakarta ke Makassar , Hotel murah di Makassar, dan Beragam paket wisata

Berkeliling Makassar dengan Trans Mamminasata bisa jadi alternatif transportasi wisata murah untuk kamu yang sedang berlibur di Makassar. Bahkan untuk kamu yang tinggal di Makassar sekalipun. Kamu bisa berkeliling kota Makassar dengan naik busway ke tiga sisi kota yakni ke arah Kabupaten Maros, Mall to Mall, Pantai Losari, dan ke arah Kabupaten Gowa. Tapi jangan lupa, busway Makassar ini hanya beroperasi sampai jam 7 malam saja, selepas itu, silakan naik transportasi pilihan kamu 😀 Selamat berkeliling!

(Visited 1,913 times, 7 visits today)


About

Mother of #BabyJo || Blogger http://nanie.me || Traveller and Food Lover http://jokkajokka.com || Find me at IG @naniekoe


'Keliling Makassar Dengan Trans Mamminasata' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool