Pasar Malino

Buah Tangan dari Pasar Malino

Buah Tangan dari Pasar Malino
Vote Us

Sudah jadi kebiasaan,  ketika kita bepergian akan  ada permintaan ole-ole atau buah tangan dari teman maupun kerabat. Jika dompet sedang tebal, gak ada salahnya berbagi rejeki dengan cara membawakan ole-ole. Tapi bagaimana jika sebaliknya? Apalagi yang minta ole-ole jumlahnya sekampung?

Nah, waktu ke Malino beberapa waktu lalu, saya dan istri juga ketiban titipan ole-ole ini. Dan karena yang meminta adalah orang tua dan keluarga dekat, dengan senang hati kami pun meluangkan waktu demi mendapatkan titipan yang diminta mulai dari sayur paku, tomat, buah alpukat, markisa hingga tenteng Malino.

Pasar Malino

Ayo dipilih-dipilih, oleh-ole buat di rumah 😀

Malino memang merupakan daerah penghasil buah-buahan, sayuran dan tanaman hias. Di sepanjang jalan berjejer kios-kios kecil dengan ragam buah, sayur dan bunga yang dijual, semua dalam kondisi segar dengan harga murah. Akan tetapi jika tidak ingin repot berpindah-pindah tempat demi mencari titipan atau ole-ole, maka pasar Malino merupakan tempat yang pas.

Ingin mencari buah-buahan seperti markisa, alpukat, strawberry, mangga, petai dan lain-lain? Atau mungkin sayuran kol, daun bawang, wortel, kentang, tomat, tanaman hias hingga dodol, tenteng dan gula merah,  semua ada dalam satu lokasi, ya di Pasar Malino ini.

Pasar Malino

Aneka tanaman hias di Pasar Malino

Di bagian depan pasar Malino adalah tempat pakir kendaraan. Saat weekend, lokasi parkir ini sangat padat dengan antrian mobil yang keluar masuk. Saat berkunjung ke sana, kendaraan yang kami bawa bahkan tidak kebagian tempat parkir karena sudah penuh. Akhirnya kami parkir di seberang pasar, di sebuah tanah kosong yang sepertinya memang diperuntukkan sebagai tempat parkir cadangan.

Bergerak ke bagian dalam Pasar Malino, maka anda akan disambut deretan buah dan sayuran. Ada yang begelantungan dan ada yang disusun dengan rapi di lapak si penjual. Silakan memilih, memilah dan menawar. Namanya pasar tradisional, tentu adegan tawar penawar merupakan hal yang umum. Asal jangan menawar dengan sadis, kasian sama ibu-ibu penjualnya.

Pasar Malino

Bersama si kecil, keliling Pasar Malino mencari buah tangan

Pasar ini tidak terlalu luas, jadi bisa ditelusuri dalam waktu kurang dari sejam untuk melihat-lihat sambil membandingkan harga dan kesegaran buah atau sayur yang diincar dari lapak satu dengan lapak lainnya. Setelah mendapatkan beberapa buah dan sayur yang diinginkan, saya dan teman-teman komunitas Blogger Makassar pun meninggalkan pasar Malino dan bergerak ke arah hutan pinus untuk menikmati kesejukan udara Malino.

Pasar Malino

Lapak penjual sepatu bekas impor di depan Pasar Malino

Malino merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dengan jarak sekira 90 km dari kota Makassar. Melewati waduk Bili-Bili, jarak ini dapat ditempuh selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Kondisi jalan umumnya beraspal meskipun ada beberapa jalan yang tidak rata dan berlubang. Jadi mesti lebih hati-hati saat berkendara, terlebih saat weekend karena arus lalu lintas cukup padat dengan kendaraan yang bertujuan sama yaitu Malino.

Malino memang merupakan salah satu tujuan wisata populer karena jaraknya yang lumayan dekat dengan Kota Makassar ditambah lagi dengan keindahan alamnya yang memiliki daya tarik tersendiri. Kebun teh, kebun strawberry, kebun markisa, air terjun, lembanna dan pasar Malino terlalu menarik untuk dilewatkan. Selain itu suhu di Malino yang sejuk cenderung dingin yaitu berkisar 10°C sampai 26°C, membuat wisatawan lokal yang umumnya berasal dari Kota Makassar dan sekitarnya menjadikan Malino sebagai pilihan untuk tempat mengademkan diri  😀

(Visited 855 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Buah Tangan dari Pasar Malino' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool