PO Bintang Timur Makassar

Bintang Timur, Idola saat Pulang Kampung

Vote Us

Jazirah Sulawesi Selatan terletak di tengah hingga barat daya pulau Sulawesi. Dengan pembagian wilayah terdiri dari 21 kabupaten dan 3 kota. Sebagian besar wilayah tersebut berada di bagian utara Makassar, Ibukota Provinsi. Kabupaten terjauh adalah Luwu Timur di bagian utara dengan ibukota Malili (565 km) dan di selatan adalah Kab. Kep. Selayar dengan ibukota Benteng (263 km). Daerah utara relatif lebih ramai dikunjungi karena di sana terdapat daerah wisata yang sudah terkenal yaitu Toraja dan juga Luwu Timur yang merupakan daerah pertambangan nikel.

Untuk menjangkau daerah-daerah tersebut tersedia berbagai pilihan moda transportasi, baik darat maupun udara. Dengan kondisi infrastruktur jalan yang cukup baik, perjalanan darat menjadi favorit, selain murah juga terdapat banyak pilihan. Saat ini terdapat banyak penyedia jasa transportasi (PO) yang melayani perjalanan dari Makassar ke daerah-daerah utara di Sulsel dan sebaliknya.

Mereka menyediakan armada bus berukuran besar (didominasi Marcedes Benz OH-Series dan Scania) dengan berbagai macam fasilitas yang memanjakan penumpang. PO-PO yang melayani jalur ini seakan berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan menghadirkan armada bus tipe (chassis) terbaru dengan fasilitas terbaik. Dari forum bismania.org, persaingan PO di Makassar memberikan fasilitas terbaik ke penumpang, membuat armada bus-bus yang yang beroperasi di Sulawesi Selatan masuk kategori bus-bus terbaik di Indonesia.

Bus Makassar

Salah satu armada terbaru PO Primadona (sumber: portalsolata[dot]com)

Adapun fasilitas-fasilitas yang memanjakan penumpang seperti, tempat duduk yang empuk dan dapat diatur serta dilengkapi sandaran kaki (leg rest), selimut, bantal, bus dengan suspensi udara dan AC adalah fasilitas standar di hampir semua armada PO. Beberapa armada bahkan ada yang dilengkapi dengan LCD TV, Wifi, GPS, dan toilet.

Jadwal keberangkatan bus-bus ini umumnya adalah malam hari, walaupun ada juga beberapa PO yang melayani pemberangkatan di pagi hari. Keberangkatan biasanya dimulai malam hari setelah maghrib (umumnya untuk jarak terjauh seperti ke Sorowako), dan terakhir pukul 22.00 WITA dengan rute yang lebih dekat seperti Toraja/Palopo. Keberangkan dimulai dari pool atau perwakilan PO masing-masing. Sebagian besar penumpang biasanya lebih memilih naik dari pool/perwakilan dibandingkan naik di terminal, karena lebih mudah dijangkau. Dari sana bus-bus ini masuk ke Terminal Regional Daya (TRD) sebelum melanjutkan perjalanan menyusuri Jl. Printis Kemerdekaan.

bus-terminal

Bus-bus di Terminal Regional Daya

Dalam perjalanannya, bus-bus ini biasanya akan singgah di toko-toko roti yang banyak tersebar di sekitar wilayah Maros untuk membeli ole-ole. Deretan bus-bus yang interval keberangkatannya berdekatan, terkadang jadi penyebab macet di daerah poros Makassar-Maros. Tak jarang ditemui lebih 10 armada bus berjejer di pinggir jalan, menurunkan penumpang untuk membeli ole-ole.

bus-roti

Deretan armada bus yang parkir menurunkan penumpang untuk membeli ole-ole di toko roti

Sejak menikah, saya memiliki kebiasaan baru yaitu melakukan perjalanan ke Palopo. Kadang mengantar/menjemput istri di kampung halamannya, maupun mudik lebaran di sana. Karena perjalanan memakan waktu 8-9 jam, kami lebih memilih menggunakan jasa bus malam. Selain nyaman, kamipun bisa beristirahat dalam perjalanan. Apalagi sejak adanya si kecil yang selalu ikut jika pulang kampung.

bus-selfie

Kursi yang empuk bikin nyaman selama perjalanan

Salah satu bus favorit kami jika pulang kampung adalah PO Bintang Timur. PO ini memiliki pool di Jl. Perintis Kemerdekaan, tidak jauh dari pintu 1 Unhas. Namun sejak tinggal di Maros, kami lebih sering menunggu bus di jalan poros Makassar-Maros, rute yang memang dilalui bus-bus yang bergerak ke arah utara ini. Untuk tempat duduk, kami selalu memilih yang bagian tengah, dengan pertimbangan goncangannya tidak terlalu terasa. Kami selalu menghindari tempat duduk di bagian belakang.

Sebagaimana bus malam umumnya di Makassar, PO Bintang Timur memiliki interior yang menarik dengan fasilitas-fasilitas standar yang disebutkan di atas terdapat di bus PO Bintang Timur. Ekterior bus PO Bintang Timur rata-rata memiliki warna ceria. Bisa dilihat dari hampir semua armadanya bergambar karakter-karakter kartun masa kini dengan warna-warna cerah. Keunikan bus yang dimiliki PO Bintang Timur adalah memiliki nomor polisi yang sama, yaitu 7879. Yang membedakan hanya 2 huruf dibelakang angka tersebut. Sementara kode wilayah yang digunakan adalah DD dan DP.

PO Bintang Timur Makassar

Salah satu armada PO Bintang Timur dengan tema kartun Angry Bird

Salah satu alasan kami selalu memilih PO Bintang Timur karena di kampung istri terdapat perwakilan PO ini. Jadi mereka selalu singgah di sana. Walaupun sebenarnya banyak bus PO lain yang juga melewati kampung istri.

Jika perjalanan dari Makasar, biasanya bus berangkat jam 9 malam dan sampai subuh hari di kampung. Bus akan singgah di penjual roti di daerah Maros dan kadang singgah lagi jika ada permintaan dari penumpang yang ingin buang air. Maklum di bus ini tidak menyediakan toilet.

Untuk perjalanan ke Makassar, bus berangkat sekitar jam 7.30 dan melewati kota Palopo sekitar jam 8 malam. Bus-bus biasanya berpapasan dengan bus dari arah berlawanan di sekitar daerah Tanru Tedong, salah satu daerah di Kab. Sidrap. Bus juga kadang singgah makan malam atau ngopi di daerah Kab. Barru sekitar pukul 1 atau 2 dini hari dan baru tiba di Makassar sekitar subuh hari. Sering juga bus mengantar penumpang masuk ke bandara jika ada yang akan melakukan penerbangan pagi.

Jadi  jika berkunjung ke Sulawesi Selatan dan ingin menjelajah ke utara, jangan ragu memilih PO ini, karena dijamin akan memberikan kenyamanan layanan VIP.

(Visited 5,924 times, 7 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Bintang Timur, Idola saat Pulang Kampung' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool