Berwisata Sambil Belajar Bahasa Inggris di Benteng Penyu Makassar

Berwisata Sambil Belajar Bahasa Inggris di Benteng Penyu Makassar
3.7 (73.33%) 3 votes

Benteng Rotterdam menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di Makassar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai losari dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Posisinya juga strategis karena  dekat  dengan berbagai toko penjual souvenir khas sulawesi selatan.

Benteng Rotterdam bisa diakses melalui kendaraan umum atau pete’ pete’ berwarna biru dengan kode B. Pete’pete’ ini mangkal di terminal Mallengkeri dan kembali di rute yang sama. Jika tak ingin menghabiskan banyak waktu diatas pete’ pete’ yang sering ngetem sembarangan, bisa memilih mode transportasi lain seperti taksi atau becak menuju benteng rotterdam.

Benteng rotterdam tidak hanya menjadi tempat wisata yang menambah pundi-pundi pendapatan parawisata daerah Makassar. lebih dari itu, gedung-gedung yang berdiri kokoh  di kawasan benteng rotterdam ini menjadi saksi bisu puluhan sampai ratusan pemburu ilmu tiap minggunya. Mereka datang ke benteng Rotterdam untuk belajar di club atau perkumpulan-perkumpulan  bahasa inggris atau lebih dikenal dengan sebutan English club.

area di dalam benteng Rotterdam yang menjadi tempat berkumpul untuk belajar bahasa inggris

Area di dalam benteng Rotterdam (kiri) yang menjadi tempat berkumpul untuk belajar bahasa inggris (foto : babe)

Terdapat dua English club di benteng rotterdam yaitu Benteng Panynyua English Club (BPEC) dan Pioneer English Club. Setiap hari minggu, kedua english club ini menempati pelataran dua gedung utama. Mereka duduk melantai beralaskan tikar atau banner bekas kemudian melakukan aktifitas rutin  mingguan yaitu belajar bahasa inggris.

Kegiatan belajara bahasa inggris ini gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Orang-orang yang belajar bahasa inggris di sini datang dari berbagai kalangan. Mulai dari anak sekolahan sampai yang sudah kerja. Saya sendiri (dulu) sering datang belajar ke benteng rotterdam. Bahkan sempat menjadi pengurus BPEC selama dua tahun.

insert 1 bpec

Benteng Panynyua English Club (BPEC) merupakan club bahasa inggris yang didirikan pada tahun 1986, jauh sebelum saya lahir. Menurut  beberapa informasi yang saya dapatkan dari pengurus BPEC, club bahasa inggris ini dibentuk oleh beberapa  guide lokal Makassar yang ingin berbagi ilmu bahasa Inggris mereka.

praktek speaking langsung dengan orang asing

praktek speaking langsung dengan orang asing

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa dinamakan Benteng Panynyua English club. Benteng Panynyua merupakan nama lain dari benteng Rotterdam yang berarti benteng Penyu. Nama tersebut dinobatkan bukan tanpa alasan. Jika dilihat dari udara, ternyata bangunan benteng rotterdam terlihat seperti penyu yang merangkak menuju pantai. Hal ini juga yang menjadi alasan pemberian nama BPEC.

Kegiatan belajar bahasa Inggris di benteng Rotterdam atau benteng Ujung Pandang atau benteng Panynyua dilaksanakan setiap hari minggu pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang hari. waktu yang cukup lama untuk sebuah proses pembelajaran. Tapi tenang saja, karena dikemas dalam kegiatan yang tidak monoton, belajar bahasa inggris di benteng Rotterdam jadi terasa menyenangkan.

Jika sedang berada di Makassar, silahkan mampir ke Benteng Rotterdam atau Benteng Penyu. Belajar bahasa inggris sambil menyelami sejarah di sudut-sudut benteng ini.

(Visited 1,205 times, 1 visits today)


About

andiarifayani.blogspot.com | Sobat LemINA | Penyala Makassar


'Berwisata Sambil Belajar Bahasa Inggris di Benteng Penyu Makassar' have 1 comment

  1. March 29, 2016 @ 5:40 pm Ahmad

    salam,
    saya dari penerbit buku Kaysamedia di Kampung Inggris Pare.
    bagaimana cara mengadakan seminar bahasa inggris di komunitas ini?
    siapa yang harus dihubungi?
    terima kasih
    balas ke kaysamedia@yahoo.com

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool