pattunuang

Bertualang di Alam Terbuka Pattunuaang Kabupaten Maros

Bertualang di Alam Terbuka Pattunuaang Kabupaten Maros
5 (100%) 1 vote

Bertualang di alam terbuka memiliki keseruan tersendiri, anda bebas untuk melakukan hal – hal seru bersama teman – teman. Tempat indah dan unik selalu menjadi pilihan petualang sejati. Kabupaten maros Sulawesi Selatan memiliki sebuah tempat yang pas bagi petualang di alam terbuka yaitu kawasan wisata pattunuang. Pattunuang terletak di desa semangki tepatnya sekitar 3 km dari objek wisata bantimurung maros. Untuk menemukan tempat ini butuh sedikit petualang dan banyak tanya ke penduduk sekitar karena tidak ada penanda khusus tempat ini. Tetapi petualangan anda dapat dimulai dari wilayah maros waterpark.

pattunuang

sumber gambar btravelindonesia(dot)com

Kawasan wisata pattunuang menawarkan beragam sensasi alam yang beragam mulai dari keriuhan air sungai, tebing karst yang menjulang tinggi, gua yang jumlahnya sangat banyak dan hewan endemik langka yang akan menemani anda bertualang.

Sepanjang perjalanan menyusuri kawasan ini anda akan takjub dengan keindahan alamnya yang sangat menyejukkan, anda juga akan menemukan sungai pattunuang yang cantik dengan banyak batu besar berjejeran terbentuk secara alami. Sungai ini bisa dijadikan arena rafting yang sangat memicu adrenalin, tetapi untuk menikmati rafting baiknya pada saat musim hujan antara januari sampai april dimana aliran sungai akan mengalir deras membuat anda ketagihan melakukan rafting. Disekitar sungai sering dijadikan lokasi kamping atau perkemahan bagi pengunjung atau petualang yang ingin menikmati malam disini.

pattunuang

sumber gambar sajakantigalau.wordpress(dot)com

Terdapat batu unik di sekitar lokasi camping, batu ini terlihat mirip perahu yang terbalik dan ditumbuhi oleh rerumputan. Banyak cerita yang berkembang mengenai asal usul batu ini, ada yang mengatakan batu ini berasal dari cina yang terdampar akibat air sungai yang surut tiba – tiba dan lama kelamaan menjadi sebuah batu, ada juga cerita mengenai saudagar cina yang datang melamar gadis semanggi namun cintanya ditolak, akhirnya ia mengharamkan perahunya dan akhirnya berubah menjadi batu.

tarsius fuscus

tarsius fuscus – sumber gambar btravelindonesia(dot)com

Perjalanan wisata selanjutnya yang dapat anda kunjungi adalah biseang labboro (bislap). Di tempat ini anda dapat memanjat tebing karst yang menjulang kokoh, berkemah maupun susur gowa yang jumlahnya sekitar 40 goa. Untuk bisa sampai ke kawasan bislap pengunjung harus menyusuri jalan selebar 2 meter di sisi sungai. Perhatikanlah sungai tersebut kadang pengunjung akan melihat kadal naga air (Hydrosaurus amboinensis) yang suka berjemur di atas batu setelah mencari makan kupu – kupu yang banyak beterbangan di hutan ini, selain itu kadang pengunjung juga akan melihat hewan kecil bermata besar sebesar kepalan tangan yang merupakan hewan endemik Sulawesi selatan bernama tarsius fuscus.

sumberfoto: desawisatasamangki.blogspot(dot)com

sumberfoto: desawisatasamangki.blogspot(dot)com

Lokasi bislap terletak di sebelah kanan sungai sehingga pengunjung harus melintasi sebuah dengan view alam sungai yang cantik, tidak heran bila tempat ini sering dijadikan lokasi foto pra wedding oleh para fotografer. Di kawasan bislap anda dapat memilih untuk susur gua alami atau memanjat tebing karst. Untuk menikmati panorama alam di bislap ini cukup merogoh koceh Rp. 5.000 pada hari biasa dan Rp.7.500 pada saat hari libur panjang, harga yang sangat murah dibanding keindahan alamnya.

(Visited 2,704 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Bertualang di Alam Terbuka Pattunuaang Kabupaten Maros' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool