warung koffie batavia Makassar

Bernostalgia di Warung Koffie Batavia

Bernostalgia di Warung Koffie Batavia
Vote Us

Ketika mencium aroma makanan yang menguar di udara, kadang-kadang mengingatkan pada suatu masa tertentu. Pernah merasakan ini gak? Misalnya muncul ingatan akan makanan yang dibawakan oleh mantan pacar atau makanan yang pernah jadi favorit di masa kecil dulu. Makanan membangkitkan kenangan, ternyata ini pernah jadi bahan penelitian. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa aroma makanan dapat membangkitkan memori positif.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr Avinash Kant menggunakan aroma kentang panggang untuk mengetes para partisipan. Kentang dipanggang di dalam oven dengan suhu 140 C selama sejam, lalu peneliti menanyakan apakah aroma yang keluar menimbulkan perasaan tertentu. Ternyata sebagian besar partisipan mengaku bahwa mereka teringat kenangan masa kecil yang menyenangkan, seperti waktu bersantap bersama keluarga dan bersantai di malam api unggun.

Di Makassar ada yang namanya Warkop Dottoro, salah satu warkop legendaris di kota ini.

Menurut penelitian, emosi positif tersebut timbul karena dipicu oleh oleh Maillard Reaction‘. Aroma yang terbentuk selama proses pemanggangan secara tidak sadar dikenali oleh memori kita. Kenangan yang dipicu tergantung dari pengalaman ketika kita pertama kali memakan kentang panggang.

tape goreng keju Warung Koffie Batavia

Tape Goreng Keju, the last one 😀

Nah emosi positif inilah yang muncul ketika saya mencicipi salah satu menu yang disajikan di Warung Koffie Batavia, pada saat saya datang ke soft openingnya menemani Bunda Babyjo. Tape Goreng Keju, nama menu yang membangkitkan nostalgia masa lalu. Sebenarnya sih saya gak memesan menu ini, tapi dipesan oleh salah seorang teman blogger Makassar. Tapi yaaa sebagaimana kebiasaan kami kalau sedang berkumpul yaitu memesan menu berbeda dan saling mencicipi, saya akhirnya mengambil satu tape goreng ketika dipersilahkan. Saat itulah saya teringat akan kenangan pertama kali mencicipi tape goreng. Tahun 2001, saat sedang PKL di Bandara Juanda Surabaya.

tiket mudik murah

Dan ternyata bukan hanya saya yang mengalaminya, bunda Babyjo dan salah satu teman blogger juga. Rasa-rasanya mereka pernah mencicipi kudapan serupa di masa kecil dulu. Rasa itu muncul saat mereka mencoba Poffertjes, kudapan tradisional yang berasal dari Belanda. Nama lainnya adalah dutch mini pancakes, karena memang Poffertjes sebenarnya adalah pancake yang berukuran mini.

poffertjes warung koffie batavia

Poffertjes, kudapan tradisional Belanda

Selain dua menu tersebut, masih ada beberapa menu lainnya yang saya yakin akan sukses membangkitkan kenangan saat kamu mencicipinya. Memang konsep yang diusung oleh Warung Koffie Batavia adalah warung modern dengan karakteristik Belanda – Indonesia yang tertuang di dalam desain interior dan sajian menu. Interior bergaya Batavia pada jaman kolonial Belanda tampak mendominasi. Dimulai dari pagar kayu pendek, sekat berbentuk lengkungan, jendela-jendela, dan tulisan berbahasa Belanda di atas bar. Dengan lagu jadul yang mengalun pelan di latar belakang, melengkapi nuansa jadul di warung modern ini.

Warung Koffie Batavia Makassar yang baru saja dibuka di Phinisi Point Mall ini merupakan outlet ke delapan di Indonesia. Warung ini sudah ada di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Jambi, dan Balikpapan. Nah, yang terakhir dibuka adalah di kota Makassar ini sekaligus mewakili outlet pertama di kawasan Timur Indonesia.

warung koffie batavia

Ketika pertama kali dibuka, namanya adalah Koffie Warung Tinggi. Lalu berganti menjadi Warung Koffie Batavia. Memakai kata Batavia agar identik dengan Jakarta, ini diperkuat pada interior dan menu yang sebagian besar adalah menu khas Batavia alias Betawi.

Sedangkan kata Koffie digunakan karena memang salah satu menu andalan yang ditawarkan adalah kopi tubruk yang merupakan kopi tradisional Indonesia dan kopi peranakan yaitu perpaduan antara racikan Cina peranakan dan Batavia. Selain itu tersedia juga aneka ragam olahan kopi mulai dari espresso hingga manual brewed. Di area bar-nya, tertulis slogannya De Brenderij Van Kwaliteitskoffie, kalimat berbahasa Belanda yang artinya pembuat kopi berkualitas.

Yuk keliling Makassar! Eits, ambil promo tiket murahpaket tour & jangan lupa pesan hotel murah juga!

Pilihan menu lainnya ada banyak sih. hidangan pembuka seperti Siomay, Singkong Goreng, Bitterballen, Roti Bakar Kornet Keju, Martabak Telur Classic, Martabak Telur Mozzarella Cheese. Menu utama misalnya Nasi Uduk Warung Batavia, Nasi Goreng Kambing, Sop Bubtut, Bebek Goreng, Soto Betawi, Lontong Cap Gomeh, Bakso Malang, Mie Goreng Tek Tek, dan lain-lain. Adapula menu pencuci mulut seperti Martabak Manis, Kue Cubit, Tape Goreng Keju, dan Poffertjes. Jika ingin minuman selain kopi, bisa memesan minuman dengan Milk-Based, Tea, Juices, dan Mineral Water.

Jadi, hadirnya Warung Koffie Batavia ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata kuliner untuk santap siang atau malam, ataupun menjadi lokasi jumpa dengan kawan sambil ngopi.

(Visited 82 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Bernostalgia di Warung Koffie Batavia' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool