Duri Enrekang

Berjuta Warna Duri, Enrekang

Vote Us

Duri merupakan salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya suku dari kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Dimana Enrekang itu sendiri merupakan salah satu daerah tingkat II, dengan jumlah penduduk lebih kurang 190.579 jiwa dan luas wilayah 1.786,01 km persegi.

Jalan panjang dan berkelok adalah jalan yang akan kita tempuh jika ingin berpelesir ke kabupaten Enrekang. Ditinjau dari segi sosial budaya, masyarakat Kabupaten Enrekang memiliki ke-khas-an tersendiri. Hal tersebut disebabkan karena kebudayaan Enrekang berada di antara kebudayaan Bugis, Mandar dan Toraja. Bahasa yang digunakannya pun cukup unik; memiliki 3 bahasa dari tiga rumpun etnik yang berbeda, yakni bahasa Duri, Enrekang dan Maiwa. Bahasa duri dituturkan oleh penduduk di kecamatan Alla’, Baraka, Malua, Buntu Batu, Masalle, Baroko, Curio dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja. Bahasa Enrekang dituturkan oleh penduduk kecamatan Enrekang, Cendana dan sebagian penduduk di kecamatan Anggeraja. Bahasa Maiwa dituturkan oleh penduduk di kecamatan Maiwa dan kecamatan Bungin.

Baiklah, mari mulai bertualang, daerah yang akan kita tuju dari Makassar ini berjarak 196 km dengan lama perjalanan lebih kurang lima jam perjalanan darat menggunakan mobil. Cukup pegel bukan yah?! Jika tidak disiapkan dengan baik XD, Maka  mari siapkan minuman dalam cooler box dan snack terbaik biar gak BeTe di jalan. Dan satu lagi jangan lupa berdoa, tujuan kita kali ini adalah Duri Enrekang.

Apa hal menarik dari Duri Enrekang? ada banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan dari sana, berikut beberapa di antaranya, sebelum kita benar-benar sampai ke sana.

Air Terjun Lewaja

Wisata air terjun Lewaja terletak tepatnya lebih kurang 6 km dari pusat kota Enrekang. Ada dua wisata alam yang dapat kita nikmati, yaitu Air Terjun Lewaja itu sendiri dan permandian alami Lewaja.

Medan untuk menuju tempat ini memang cukup sulit, kamu memang perlu berhati-hati. Karena jalur yang harus dilalui untuk ke tempat ini memang cukup menantang. Kamu akan melewati pegunangan yang berjarak lebih kurang 1km dari permandian. Pemandangan yang indah akan bisa kita nikmati selama menuju ke tempat ini. Tak hanya itu jalan licin dan curam jurang dan lembah juga tidak luput dari kita untuk menuju tempat ini.

Babi Rusa

Babi Rusa adalah hewan yang cukup unik, habitatnya di daerah hutan hujan tropis, merupakan marga hewan dari beberapa jenis babi liar yang hanya terdapat dan hanya ada di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di kabupaten Enrekang.

Dan babi rusa ini termasuk salah satu hewan yang langka dan dilindungi. Karakteristiknya lebih mirip dengan babi tapi dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari babi.

Batu Sisik Naga

Nah, bagi kamu pencinta batu-batuan, ada satu batu khusus khas yang berasal dari daerah Duri Enrekang ini. Batu permata yang merupakan fosil yang membatu sejak jutaan tahun lalu. Batu permata ini dikenal dengan batu sisik naga. Tingkat kualitas batu ini pun berbeda-beda tergantung motif yang dihasilkan setelah dilakukan penggosokkan.

Duri Enrekang

Batu sisik naga Enrekang

Situs Gua Tontonan

Situs Gua Tontonan berada di Kelurahan Tanene, Kecamatan Anggeraja. Situs ini terletak di pinggiran Sungai Mataallo yang memiliki arus yang cukup deras. Dan di sekitar situs ini banyak ditumbuhi semak belukar dan pohon bambu. Situs ini merupakan tebing yang pada ceruknya terdapat peti mati. Ada lebih kurang 14 peti mati yang terdapat dalam ceruk tebing tersebut.

Disinyalir situs ini ada hubungannya dengan kuburan batu yang ada di Toraja, cukup menarik memang, karena Enrekang merupakan perbatasan untuk Toraja.

Duri Enrekang

Buttu Kabobong, salah satu keindahan alam Enrekang

Upacara adat macera manurung

Upacara adat yang satu ini merupakan salah satu tradisi budaya yang ada di Kabupaten Enrekang. Perhelatan budaya ini diadakan sekali dalam 8 tahun. Di desa Kaluppini Kec. Enrekang sekitar 9 km dari ibukota Kabupaten.

Maccera’ manurung banyak dikunjungi orang bukan hanya penduduk lokal saja, tetapi juga turis lokal dan turis internasional.

Acara ini digelar dengan maksud memohon keselamatan dan rezeki dalam menjalani kehidupan sekarang dan masa yang akan datang. Dan dalam penyelenggaraan Maccera’ Manurung ini ada beberapa ritual atau prosesi yang dilalui seperti; Mappabangun Tana, Macce Domayang, dll

Nah, dari beberapa uraian singkat di atas kamu pasti sudah makin penasaran dengan kabupaten Duri Enrekang, bukan? Mungkin sudah waktunya untuk meluangkan waktu sejenak, mengunjungi Duri Enrekang dan melihat sendiri keunikan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan.

Mau liburan ke Makassar dan sekitarnya? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 269 times, 1 visits today)


About

Mommy dua anak hebat - perajut dan crafter - sesekali curhat di ungatawwa.wordpress.com


'Berjuta Warna Duri, Enrekang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool