Tempat Seru Berburu Hidangan Buka Puasa di Makassar

Vote Us

Marhaban ya Ramadhan…
Bulan ramadhan sudah di depan mata. Selain fokus ibadah mendulang berkah Ramadhan, jangan lupa menikmati serunya berburu hidangan buka puasa khas Makassar di pasar tradisional dan pasar kuliner Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan ini memang seakan menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang makanan. Tak heran jika kemudian banyak bermunculan pedagang makanan dadakan. Mereka mencari rezeki dengan menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa.

Di seluruh penjuru kota Makassar, sangat mudah ditemui aneka jajanan khas Makassar untuk berbuka puasa. Jajanan khas mulai dari aneka gorengan, jalangkote, pisang ijo, pallubutung, hingga kue-kue tradisional lainnya tersebut banyak dijajakan di pinggir jalan menjelang sore hari. Namun ada juga tempat yang menjadi lokasi khusus berkumpulnya para pedagang makanan yang menyediakan hidangan buka puasa di Makassar. Tempat ini hanya ada di bulan ramadhan. Di mana saja itu? Ini dia tempat hunting takjil di Makassar.

 

Pasar/Bazar Kuliner Ramadhan Mappanyukki

Sesuai namanya, pasar kuliner ini terletak di Jl. A. Mappanyukki. Lokasinya tepat di belakang gedung Wisma Kalla. Membentang dari Jl. Hau Bau hingga perempatan Jl. Merpati. Pasar kuliner inilah yang paling ramai dikunjungi saat ingin berburu hidangan buka puasa di Makassar.

buka puasa di Makassar

Kesibukan penjual dan pembeli di Pasar Kuliner Ramadhan Mappanyukki (foto: gosulsel)

Berbagai macam penganan khas Makassar untuk buka puasa seperti pisang ijo, pallu butung, es buah, es cendol, jalangkote, dan aneka gorengan tersedia di sini. Kue-kue khas tradisional yang sudah mulai jarang ditemui di pasar seperti sanggara balanda, bolu peca, barongko, cucuru bayao dll, mudah dijumpai di tempat ini. Selain itu, makanan siap saji pun dapat dibeli di tempat ini, berbagai jenis olahan ikan seperti ikan bakar, ikan goreng, pallu mara, berbagai macam lauk dari ayam,  juga sayur asem, sayur bening, lode, paria kambu, dan lainnya.

Pasar kuliner yang berlangsung hanya di bulan Ramadan ini, memulai aktifitasnya sejak pukul 14.00 wita hingga Magrib. Lokasi di tengah kota dan dekat pusat perkantoran menjadikannya tempat favorit para pekerja kantoran berburu takjil khas Makassar sebelum pulang ke rumah. Tentu ini sangat membantu karena tidak perlu repot lagi menyiapkan hidangan berbuka puasa. Selain itu banyak juga warga dari wilayah lain yang khusus datang untuk berburu penganan favoritnya di sini.

Pasar yang awalnya diinisiasi dan diisi warga sekitar Jl. Mappanyukki ini, sejak beberapa tahun terakhir sudah dikelola dengan professional dan dikomersialkan. Sponsor pun berdatangan dengan menyiapkan tenda-tenda serta membuka stand promosi. Dan para pengisi stand makanan pun dikenakan biaya sewa.

buka puasa di Makassar

Baruga A. Mappanyukki yang masih dalam tahap finishing. Lantai 1 dan 2 difungsikan sebagai mesid, lantai 3-5 nantinya sebagai kantor dan klinik (foto: kabar.news)

Menjelang maghrib, jalanan yang tadinya sesak berubah menjadi lengang. Memang di tempat ini kebanyakan pemburu hidangan berbuka puasa lebih memilih take away. Sementara yang ingin berbuka puasa di sekitar pasar ini, terdapat mesjid di gedung Baruga Mappanyukki yang selalu menyediakan ratusan porsi takjil gratis.

 

Bazar Ramadhan IMMIM

Seperti di Pasar Ramadhan Mappanyukki, Bazar Ramadhan IMMIM hanya diadakan di bulan Ramadhan. Kegiatan ini digelar dan dikelola secara profesional oleh YASDIC IMMIM (Yayasan Dana Islamic Center – Ikatan Mesjid Musholla Indonesia Muttahidah). Lokasinya sendiri berada pelataran parkir dan lantai 1 gedung IMMIM yang terletak di Jl. Jend. Sudirman. Tempat ini strategis karena banyak dilalui angkutan kota.

buka puasa di Makassar

Buka puasa bersama di Bazar Ramadhan IMMIM (immim.or.id)

Di Bazar Ramadhan IMMIM, selain penjual makanan dan minuman, banyak juga stand/tenant yang menjual produk fashion, aksesoris dan kosmetik. Inilah yang membedakannya dengan pasar kuliner Ramadhan Mappanyukki. Selain itu disediakan meja untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa di sini. Ada juga Mesjid IMMIM di lantai 2 gedung. Hadirnya stand non-kuliner juga membuat bazar ini tetap ramai sebelum dan sesudah berbuka puasa. Bazar yang rutin diadakan sejak tahun 2010 ini mulai buka dari jam 2 siang hingga am 8 malam.

Selain aneka tenant, bazar di sini juga terkadang dimeriahkan dengan berbagai lomba. Seperti fashion show cilik, lomba jilbab variasi, lomba mewarnai anak-anak, kuis, cerdas-cermat al-qur’an, festival maramis, lomba nasyid, hingga acara talk show Ramadhan. Pengelola acara juga rutin mengundang penghuni panti asuhan untuk berbuka puasa bersama di sini.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket mudik murah, Explore Toraja + Tiket PP dan pesan hotel murah dari sekarang!

Nah itulah 2 tempat seru berburu hidangan buka puasa di Makassar saat Ramadhan tiba. Sebenarnya masih banyak pasar dadakan kuliner untuk mencari hidangan buka puasa di Makassar yang tersebar di penjuru kota, namun umumnya tidak dikelola dengan baik. Bazar Ramadhan juga biasa diadakan pemerintah kota namun terkadang jadwal dan tempatnya berubah setiap tahun.

 

(Visited 835 times, 4 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Tempat Seru Berburu Hidangan Buka Puasa di Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool