Berbelanja Murah Meriah di Pasar Kaget

Berbelanja Murah Meriah di Pasar Kaget
5 (100%) 1 vote

Ada yang biasa menemani istri atau ibunya belanja ke pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern? Menemani istri/ibu belanja itu menyenangkan. Bisa menjadi quality time, bisa request ingin masak apa, bisa mengurangi beban istri/ibu dengan membawakan belanjaannya. Banyaklah pokoknya manfaatnya. Di rumah, belanja ke pasar termasuk salah satu tugas saya. Jadi bunda babyjo hanya perlu menyebutkan titip apa, dan sepulang kantor saya akan mampir di Pasar Batangase yang buka sampai jam 10 malam. Kadang juga saya kepengen makan sesuatu, tinggal beli bahannya di pasar tradisional dan dibawa pulang untuk dieksekusi.

Menurut saya sih, belanja di pasar tradisional lebih menyenangkan. Untuk bahan makanan, biasanya jauh lebih segar dibandingkan di pasar modern, selain itu seringkali dikasih bonus sama yang jualan. Dan bisa menawar pula :)) Nah bicara tentang pasar tradisional, jadi ingin membahas tentang hadirnya pasar kaget di Makassar.

Ingin berburu barang bekas di Makassar? di sini tempatnya

pasar kaget di Makassar

Salah satu pasar yang termasuk kategori pasar tradisional adalah pasar kaget. Sebutan pasar kaget disematkan karena keberadaan pasar ini biasanya tiba-tiba dengan memanfaatkan tanah kosong di komplek perumahan, tanpa inpres dan tanpa bantuan dana dari pemerintah. Pasar kaget biasa hanya buka pada hari tertentu atau jam tertentu, terkadang juga memanfaatkan momen tertentu. Intinya pasar kaget tidak bersifat rutin, kemunculannya “mengagetkan”, oh ada pasar toh ternyata di sini.

Harga yang ditawarkan untuk setiap item biasanya relatif murah dibandingkan pasar lainnya, apalagi jika dibandingkan dengan pasar modern misalnya supermarket atau toko di mall, harganya bisa beda jauh. Akan lebih murah lagi jika yang dipasarkan adalah hasil produksi pertanian lokal. Harga menyesuaikanlah soalnya kebanyakan yang menjadi konsumen pasar kaget berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Beragam barang bisa ditemukan di pasar kaget, mulai dari mainan, tas, baju bekas hingga sepatu bekas. Tergantung pasarnya juga sih, kalau pasar kagetnya yang diadakan di masjid besar seusai sholat Jumat yang bisa ditemukan ya barang semacam gamis, jilbab, buku-buku agama, songkok, baju koko, baju anak dan sejenisnya. Ini yang bisa ditemukan di pelataran Masjid Al Markaz Al Islami setiap hari Jumat.

Car free day Makassar

Keberadaan pasar kaget kadangkala tidak mengagetkan lagi karena sudah menjadi aktivitas rutin. Misalnya saat car free day (CFD) di Makassar. Di setiap hari minggu setiap kali CFD, akan bermunculan para pedagang menggelar lapaknya di sepanjang jalan Penghibur, kawasan Anjungan Pantai Losari. Para PKL ini menjual aneka ragam barang jualan mulai dari baju, celana, pakaian dalam, tas, sepatu, buku bekas, jam tangan, aksesoris, jaket, gantungan tas dan jilbab, hewan peliharaan seperti marmut, kelinci, anak ayam warna warni, ikan hias, keong yang dicat, ponsel dan berbagai macam barang elektronik murah, peralatan dapur, bahkan bahan makanan dan aneka bumbu dapur juga ada.

Pasar di bulan Ramadhan adalah salah satu contoh pasar kaget lainnya. Iyya, di saat bulan Ramadhan, pasar kaget di Makassar mendadak bermunculan dan bisa ditemukan di mana-mana, tapi beberapa yang paling ramai dikunjungi adalah pasar Ramadhan di jalan Andi Mappanyukki, di pelataran IMMIM jalan Jend. Sudirman, di Pasar Segar Panakkukang dan di pelataran Masjid Al Markaz.

pasar kaget di makassar jual sepatu murah

Ada juga fenomena pasar kaget di Makassar yang unik, yaitu muncul setiap malam hari saja. Ini yang saya amati di daerah Tamalanrea. Saya dan bunda Babyjo bahkan sempat mampir berbelanja beberapa barang. Tadinya pasar kaget ini buka di parkiran ruko depan Pintu Satu Kampus Unhas. Suasananya rameeee sekali, setiap kali melintas di malam hari pasti lagi macet karena kendaraan pada parkir di pinggir jalan.

Entah karena apa, pasar kaget ini hanya bertahan beberapa minggu dan berpindah di Pintu Nol, samping Danau Unhas. Gak lama kemudian, pindah lagi ke pelataran Dinas Kesehatan Makassar yang berlokasi di depan gerbang BTP. Lalu … eh tiba-tiba pasar kaget ini menghilang. Hingga di suatu malam, dalam perjalanan pulang ke Maros, saya melihat pasar kaget muncul di pelataran parkir ruko depan Mall Town Square. Saya lalu mengajak Bunda Babyjo untuk mampir. Ternyata ini adalah pasar kaget yang tadinya buka di parkiran ruko Pintu Satu Unhas.

pasar kaget di makassar

Yang paling banyak dijual sih pakaian ya, baik yang baru maupun yang bekas alias cakar. Sepatu-sepatu cakar yang masih bagus dijual rata-rata 30ribu sampai 50 ribu rupiah, meskipun ada juga di atas 50 ribu tapi tidak banyak. Di salah satu lapakan malah sepatu cakarnya dijual 50ribu untuk 3 pasang sepatu. Selain itu ada lapakan perhiasan besi putih (yang katanya asli Ternate), mainan anak-anak, tas, topi, kacamata, dompet, dan juga lapak makanan dan minuman.

Yang menyenangkan, saya jumpa seorang kawan yang sudah lama tidak jumpa. Ternyata dia buka lapak juga di pasar kaget ini bersama suaminya. Mereka membeli barang-barang unik di marketplace via internet lalu menjualnya kembali di pasar kaget. Katanya sih mereka sedang mencari jalan agar bisa mengimpor langsung dari produsen di China. Wow.

Temukan berbagai penawaran wisata menarik di sini Promo Tiket Pesawat, Paket perjalanan wisata, dan Bikin visa secara online

Jadi untuk kamu yang sedang berkunjung ke Makassar ataupun memang berdomisili di Makassar, sempatkanlah mengunjungi salah satu pasar kaget ini. Mana tau ketemu barang lucu yang kamu idamkan dari dulu dan bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Selamat berbelanja murah meriah di pasar kaget 🙂

(Visited 413 times, 1 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Berbelanja Murah Meriah di Pasar Kaget' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool