Berbagai Olahan Pisang Khas Makassar

Berbagai Olahan Pisang Khas Makassar
3 (60%) 2 votes

Makassar merupakan penghasil pisang ketiga terbesar di Indonesia. Selain harganya yang murah dan mudah didapat, kandungan gizi pisang juga sangat tinggi. Tak heran banyak panganan yang berbahan dasar pisang, sebut saja es pisang ijo, pallubutung, barongko, pisang epe’, sanggara’ balanda, roko’ roko’ unti, pisang peppe’, dan beberapa olahan lainnya.

Kali ini saya akan memberi info beberapa panganan khas Makassar yang berbahan dasar pisang dan tempat makan yang enak menurut saya.

Pisang Ijo Megaria

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Buah pisang raja yang matang dibalut tepung beras yang decampur daun pandan dan daun suji yang menambah semerbak wangi pisang ijo. Tepung terigu rebus nan kenyal berlaburan di mangkuk ditambahkan susu kental manis dan sirop rasa pisang ambon khas Makassar menambah kelezatan es pisang ijo ini. Pisang ijo ini dapat kamu temui di Jl. Gunung Latimojong No. 38A (jln. Sungai Poso), Makassar,

Sanggara’ Balanda Mama Toko Kue

Sanggara’ di suku Bugis – Makassar berarti “pisang goreng”, oleh karena itu Sanggara’ Balanda artinya pisang goreng Belanda. Sanggara’ Balanda dulunya merupakan kue para bangsawan dan para raja. Namun kini Sanggara’ Balanda bisa kamu temui di pasar-pasar tradisional dan di toko-toko kue di Makassar. Salah satu toko kue yang terkenal enak di Makassar adalah Mama Toko Kue. Mama Toko Kue dapat kamu datangi di Jalan Serui dan Jalan Bau Mangga. Tempatnya asyik untuk nongkrong dan melepas lelah setelah berkeliling-keliling Makassar.

Pisang Epe’ Losari

Pisang epe' rasa original

Pisang epe’ rasa original

Siapa yang tak mengenal pisang epe’? Salah satu panganan khas Makassar yang menjadi ikon kota Makassar. Pisang epe’ dapat kamu jumpai di sepanjang Jalan Penghibur menuju Jalan Pasar Ikan. Pisang kepok yang dibakar kemudian dipipihkan, ditambahkan berbagai topping menjadi menu pilihan saat bersantai menikmati sunset Pantai Losari. Tempat berkumpulnya warung pisang epe’ dapat kamu jumpai tak jauh dari lokasi pusat oleh-oleh Makassar, Jalan Somba Opu.

Pisang Goreng dan Sarabba’ Sungai Cerekang

Lokasi nongkrong yang satu ini tak kalah hits dengan Pantai Losari, walaupun tempatnya tidak berada dalam kawasan wisata Makassar namun Jalan Sungai Cerekang bisa jadi pilihan kamu untuk menikmati wisata malam di Makassar. Tak perlu takut masuk angin karena warung-warung di Jl. Sungai Cerekang ini menyajikan minuman hangat, sarabba’ yang terbuat dari jahe dan berbagai rempah-rempah yang dapat menyegarkan badan, tentunya ditemani pisang goreng yang hangat dan renyah.

Browcyl, Brownies Pisang khas Makassar

Outlet Browcyl Makassar

Outlet Browcyl Makassar

Kalau dengar kata brownies biasanya merujuk pada brownies Amanda di Bandung. Tapi jangan salah, di Makassar juga ada brownies yang rasa dan teksturnya unik dan enak. Browcyl (brownies pisang) merupakan salah satu oleh-oleh khas Makassar yang lagi naik daun saat ini. Ada berbagai varian rasa yaitu unti kenari, unti original, unti pandan, unti strawberry, unti keju, unti cokelat, dan fla cokelat. Outlet Browcyl dapat kamu jumpai di Jalan Hertasning dan di Jalan A.P. Pettarani (akses menuju bandara). Dan jika beruntung kamu bisa mendapat harga khusus dari sang pemilik Browcyl.

Yang saya sebutkan di atas hanya sebagian kecil panganan dari olahan pisang namun sebagian besar memiliki rasa yang sangat manis. Jadi, jangan kaget kalau warga Makassar itu manis-manis. Hehehe….

(Visited 3,135 times, 1 visits today)


About

Social Media Junkie | Urban Farmer | Moody Chef | Moody Blogger | Admitted as a Backpacker


'Berbagai Olahan Pisang Khas Makassar' have 2 comments

  1. June 10, 2015 @ 8:40 am Herna Waty

    numpang info ya kak, siapa tahu berguna,
    ini mengenai peluang usaha piscok meler (pisang coklat) yang lagi trend
    http://qudapan.blogspot.com/2015/06/analisa-usaha-piscok-meler-modal-kecil-kecilan.html
    makasih sebelumnya 🙂

    Reply

  2. September 2, 2015 @ 8:24 pm Ratri Beby Atul Mutiara

    Tolong infonya.. Kapasitas produksi pisang ijo perbulan/ pertahun berapa?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool