Festival di Makassar

Berakhir Pekan di Soundset Festival Makassar

Vote Us

Jalan ini tak pernah sepi di akhir pekan, apalagi pada malam harinya, sudah jadi langganan macet. Warga kota banyak tumpah ruah melewati jalan ini, jalan Penghibur, jalan di sepanjang Pantai Losari yang selalu ramai. Entah kenapa juga namanya jalan penghibur. Dulu saat pertama kali mengetahuinya, tiba-tiba saja saya terpikir dengan kosa kata yang hampir mirip bunyinya – wanita penghibur. Namun saya sedang tak ingin ambil pusing dan membahas kaitan nama jalan ini dengan profesi satu itu.

Sabtu malam (09/05) kemarin saya sempat terjebak macet di jalan itu. Macetnya pun parah. Untungnya saya berkendara motor, sehingga bisa menyelip diantara sela-sela kendaraan roda empat. Sepertiga dari jalur jalan telah dikapling dan dipagari besi karena akan digunakan untuk sebuah event yang akan dilangsungkan malam itu. Makassar Eat and Run 2015.

Makan sambil berlari? Mungkin berlari sambil makan? Pikiran iseng saya yang secara semena-mena membayangkan seperti apa event itu, hehehe…. Ini hanya bercanda saja. Event itu sebenarnya adalah lari santai malam hari yang dipadu sekaligus dengan wisata kuliner yang terpusat di anjungan pantai losari. Event ini juga diklaim sebagai yang pertama di Indonesia Timur. Sementara itu saya pun sedang dalam perjalanan menuju Benteng Rotterdam dimana ada sebuah event Soundset Festival 2015 yang sedang berlangsung disana. Sebuah event yang menggabungkan Picnic Park, Food Festival, Garage Sale, Traditional Games, dan Pementasan Musik. Benteng ini memang sudah biasa menjadi langganan sebagai lokasi event-event serupa itu.

Tampaknya Makassar pekan ini sedang banyak event. Mungkin di tempat lain juga sedang dilangsungkan event yang lain. Setahun belakangan ini, rasa-rasanya pemerintah kota sedang rajin-rajinnya menggelar event. Hampir setiap akhir pekan selalu ada yang digelar. Tentunya banyak warga kota Makassar yang senang dengan adanya hiburan-hiburan seperti itu, apalagi umumnya dilangsungkan secara gratis. Selain itu sebagai usaha pemerintah setempat mempromosikan kota Makassar sebagai tujuan wisata, sehingga diharapkan bisa mengundang banyak wisatawan.

Penampilan Band Ruang Baca

Penampilan Band Ruang Baca

Lolos dari kemacetan, akhirnya tiba di depan gerbang Benteng Rotterdam. Tak lama setelah melewati gerbang masuk, alunan musik yang lembut dan simpel namun terdengar nyaman. Sepertinya saya belum pernah sekalipun mendengar lagu itu, tapi saya cukup menikmatinya. Sambil musik mengalun, saya berkeliling mencari menu kuliner karena kebetulan sedang berlangsung juga food festival dan kebetulan lagi saya sengaja belum makan malam karena ingin sekalian berwisata kuliner. Setelah mencari-cari, pilihan saya jatuh pada Kuliner Merah Putih Nasi Bakar. Acara ini masih satu rangkaian dalam Soundset Festival Makassar.

Food Festival

Food Festival Area

Sambil menyantap makan malam ala Picnic Park diatas rumput sekaligus menikmati perayaan puisi-puisi karya Aan Mansyur yang baru saja merilis buku puisi Melihat Api Bekerja. Acara yang bertajuk “Menyimak Puisi dan Musik Bekerja” yang diprakarsai oleh ‘katakerja’ menampilkan pembacaan, deklamasi, hingga musikalisasi puisi.

Para Penonton

Menyaksikan Festival ala Piknik

Hingga pada saatnya tiba, si penulis puisi tersebut yang langsung membawakan beberapa puisinya, semakin melengkapi pesta puisi malam itu.

……
Kelak, aku adalah rumput yang mencium telapak kakimu
Ketika kau kelelahan menjemur pakaian anak-anakmu yang nakal
Buat apa kuserahkan hidupku kepada hal-hal lain
Jika cinta juga bisa membunuhku Berkali-kali
Dan berkali-kali lebih perih

……

Pembacaan Puisi

Pembacaan Puisi oleh si Penulisnya Sendiri

Sebait dua bait puisi yang sengaja saya rekam saat itu yang dibawakan langsung oleh sang penulis. Rangkaian pembacaan puisi itu ditutup dengan musikalisasi puisi dengan alunan beatbox. Sebuah pesta puisi yang apik.

Buat kalian yang sedang hunting tiket murah ke Makassar, jangan lupa juga untuk hunting event-event keren di Makassar saat akhir pekan.

(Visited 255 times, 1 visits today)


About

rangkaijejak.wordpress.com | Selalu penasaran dengan tempat baru ~ Blogger Newbie ~ Fotografer Wannabe


'Berakhir Pekan di Soundset Festival Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool