kuliner modern makassar

Belanja Oleh-Oleh Kuliner Modern dan Kekinian dari Makassar

Vote Us

Wisata Kuliner – Makassar, surganya kuliner. Quote paling tepat untuk menggambarkan berapa lezat dan beragamnya kuliner Makassar yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke kota ini. Mulai dari makanan berat seperti coto, konro, pallubasa, sop saudara, songkolo, aneka seafood hingga kue-kue tradisional dan camilan khas Makassar yang sungguh sayang untuk dilewatkan.

Jika berniat berkunjung ke Makassar baik dalam rangka wisata ataupun kunjungan bisnis dan mencari referensi di Google, biasanya yang direkomendasikan memang seputar wisata kuliner di Makassar. Ini menjadi bukti bahwa bisnis kuliner di Makassar memang sangat potensial. Nah potensi inilah yang kemudian dilirik oleh pelaku kuliner modern yang mencoba menjajal pasar kuliner kota Makassar.

Sadar tidak jika belakangan ini sedang ada tren oleh-oleh khas daerah kekinian oleh para artis Indonesia? Dengan kreatifnya mereka menciptakan kuliner baru yang kemudian diberi label oleh-oleh khas kota tertentu. Padahal sih jika ditelusuri lebih jauh, jenis makanan yang mereka tawarkan bukanlah khas daerah tersebut melainkan dipengaruhi oleh kuliner luar negeri. Tapi karena kemasan yang bagus dan rasa yang enak, jadilah antrean panjang selalu terlihat di gerai kuliner modern ini.

Makassar tidak lepas dari tren ini, setidaknya ada 3 kuliner modern milik para artis yang kemudian diklaim sebagai oleh-oleh dari Makassar. Saya tambahkan dengan 2 kuliner modern Makassar lainnya yang sudah lebih dahulu hadir menambah warna warni dunia kuliner Makassar. Ini dia listnya.

kuliner modern makassar

Bosang Makassar

Saya pertama kali mencicipi Bosang Makassar by Ricky Harun saat menghadiri soft openingnya di Mall Ratu Indah pada bulan Desember 2016. Juga hadir pada grand opening gerai Bosang Makassar pada hari Minggu 15 Januari 2017 yang berlokasi di Jalan Ratulangi No 106. Dengan konsep open kitchen sehingga pengunjung bisa melihat semua aktivitas persiapan dan pembuatan cake ini. Katanya sih Bosang Makassar tidak menggunakan bahan pengawet dan disajikan fresh from the oven.

Perpaduan unik dari cheese cake yang super lembut, vla yang creamy dan pastry yang crunchy di bagian tengah cake. Ada beragam varian rasa Bosang Makassar ini yaitu coklat, keju, greentea, lemon, durian, redvalet dan pisang. Nah rasa pisang inilah yang kemudian dianggap mewakili ciri khas dari kota Makassar melihat banyaknya olahan pisang dalam kuliner Makassar. Harga Bosang Makassar berkisar 49 ribu sampai 55 ribu rupiah.

kuliner modern makassar

Makassar Baklave

Ini dia salah satu pilihan kuliner modern Makassar lainnya. Saya juga berkesempatan hadir dalam soft launching gerai Makassar Baklave yang berlokasi di Jalan Hasanuddin No 31. Lebih tepatnya sih menemani istri karena yang diundang bukan saya hehehe. Tapi ya itu tadi, saya juga beruntung bisa mencicipi dan membawa pulang satu kotak Makassar Baklave. Konon, Makassar Baklave terinspirasi dari jajanan khas Turki bernama Baklava.

Makassar Baklave by Irvan Hakim ini merupakan baklava yang sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Bagian bawahnya adalah cotton cake yang lembut cenderung manis sedangkan bagian atasnya adalah filo pastry yang gurih. Isiannya berbeda-beda tergantung varian Makassar Baklave yang dipilih. Ada 6 varian rasa dari Makassar Baklave yaitu nutty frutty, royal chocolate, oreo blast, banana fluffy, rich cheese dan green tea. Harga yang dibanderol untuk setiap jenis kue adalah 65 ribu rupiah.

kuliner modern makassar

Boluta’

Outlet kuliner modern Makassar yang terbaru adalah Boluta’ yang merupakan milik dari artis terkenal di Indonesia yaitu Arie Untung dan Fenita Arie. Baru saja diresmikan pada hari Sabtu, 06 Mei 2017 di mana outletnya berlokasi di Jalan Adhyaksa Lama No.25. Hadirnya Boluta’ turut menambah panjang deretan pilihan oleh-oleh kuliner modern Makassar yang bisa kamu bawa pulang.

Ada dua jenis cake yang ditawarkan oleh Boluta’ by Arie Untung yaitu Japanese Cheese Cake yang bentuknya bulat dan Bolu Rempah yang bentuknya persegi panjang. Saat opening sih yang diperlihatkan hanyalah varian Japanese Cheese Cake, dengan harga 55 ribu rupiah. Untuk masalah rasa saya belum bisa memberikan gambaran karena memang belum pernah mencicipi.

kuliner modern makassar

Brownies Amanda

Digadang-gadang sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung karena memang cake ini pertama kali hadir di kota Bandung. Belum lengkap rasanya jika meninggalkan Bandung tanpa membawa Brownies Amanda sebagai buah tangan. Pertama kali masuk ke kota Makassar pada tahun 2012 berlokasi di Jalan A.P Pettarani lalu membuka beberapa outlet cabang yang tersebar di penjuru kota.

Amanda Brownies hadir di Makassar dengan menawarkan lebih dari 20 varian rasa. Selain itu, kini ada produk baru yaitu Bolu Pandan. Ciri khas dari brownies ini adalah cita rasa yang empuk dan manis dengan adonan sangat sesuai serta mutu dan kualitas yang senantiasa terjamin. Kisaran harganya dimulai dari 34 ribu rupiah.

kuliner modern makassar

Browcyl

Pisang adalah salah satu jenis buah yang dapat diolah menjadi beragam kudapan. Selain murah dan mudah diperoleh, olahan pisang juga sangat digemari. Inilah yang kemudian ditawarkan oleh Browcyl, sebuah kreasi baru yang memadukan buah pisang dan brownies. Brownies dengan bahan dasar pisang ini mulai diperkenalkan ke masyarakat pada tahun 2012. berlanjut dengan dibukanya sebuah outlet yang berlokasi di jalan Let. Jen. Hertasning No. B5 lalu di Jl. A. Pettarani No. 9.

Beragam varian rasa yang ditawarkan oleh Browcyl mulai dari unti kenari, fla cokelat, keju, fla keju, cokelat, dan pandan. Ada juga unti original, tanpa bahan tambahan. Dalam bahasa Makassar, untuk berarti pisang. Harganya dimulai dari 34 ribu rupiah. Saya beberapa kali membawa Browcyl sebagai buah tangan untuk keluarga maupun menjenguk teman yang sakit. Manisnya pas, pisangnya enak, taburan kejunya juga banyak, dan yang paling penting adalah tidak bikin enek 😀

Boleh dibilang Browcyl inilah oleh-oleh khas yang asli Makassar. Selain dimiliki warga Makassar, kemasannya yang menarik juga menampilkan potensi-potensi wisata di Sulawesi Selatan.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Makassar? Kenapa enggak? Ambil promo tiket, paket tour  sekaligus pesan hotel murah.

Nah itu 5 kuliner modern Makassar yang seringkali dijadikan oleh-oleh dari Makassar. Kamu bagaimana, tertarik untuk bawa sebagai oleh-oleh juga?

(Visited 2,841 times, 24 visits today)


About

anbhar.net | AngingMammiri.Org | AC Milan | PSM | Sobatpadi | Suka Dunia Militer & Penerbangan | Berenang & Snorkeling | Ngemil | Jalan2 | | AB+


'Belanja Oleh-Oleh Kuliner Modern dan Kekinian dari Makassar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool