Belajar Cinta Alam dari Masyarakat Suku Kajang

Belajar Cinta Alam dari Masyarakat Suku Kajang
5 (100%) 3 votes

Tradisi kesukuan secara perlahan sudah mulai menghilang di Negara Indonesia, namun tidak bagi suku kajang. Suku kajang merupakan salah satu suku tertua di Indonesia dan bahkan suku ini masih terus mempertahankan pesan – pesan leluhurnya secara turun temurun. Masyarakat suku kajang bertempat tinggal di dalam hutan atau lebih tepatnya di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Orang – orang menyebut suku kajang dalam sebagai wilayah adat yang benar – benar menerapkan prinsip adat suku kajang 100 %, tempat ini diberi nama wilayah adat Ammatoa. Pemberian nama Ammatoa disebabkan karena suku ini mengaku sebagai sebuah suku yang tertua di Indonesia. Terdapat tidak kurang dari 4.000 kepala keluarga yang hidup di kawasan adat ini.

Tanpa alas kaki masyarakat suku kajang pergi bekerja Sumber foto : syamsoe(dot)com

Tanpa alas kaki masyarakat suku kajang pergi bekerja Sumber foto : syamsoe(dot)com

Kehidupan masyarakat suku kajang sangat jauh dari kesan modernitas dan tidak menggunakan teknologi sama sekali, namun walaupun demikian ternyata banyak hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan masyarakat kajang terutama etika hidup mereka yang cinta alam sehingga alam tempat tinggalnya begitu tenang bebas dari polusi udara, tidak ada kerusakan alam.

Walaupun perkembangan dunia teknologi yang begitu cepat tetapi masyarakat suku kajang tidak peduli, mereka tetap hidup dalam kesederhanaan dan tidak menggunakan perangkat teknologi tersebut. Masyarakat menolak segala bentuk bentuk modernitas masuk ke wilayahnya karena mereka memiliki pemahaman tersendiri mengenai modernitas. Hal – hal yang berkaitan dengan teknologi bagi mereka dapat merusak kelestarian sumber daya alam yang merupakan sumber kehidupan untuk mereka. Inilah adalah mengapa saat memasuki kawasan adat ammatoa tidak ditemukan satupun rumah yang menggunakan listrik.

Adat suku kajang Foto: iballalompoa(dot)com

Adat suku kajang Foto: iballalompoa(dot)com

Kesederhanaan lain bisa kita lihat saat mereka bepergian, kemana pun mereka pergi tidak ada satupun masyarakat yang menggunakan sandal maupun sepatu. Kebiasaan ini mengandung makna filosofis yang begitu tinggi sebab setiap manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah sehingga kita sebagai manusia tidak boleh jauh dan berpisah dari tanah.

Salah satu keunikan yang dapat kita amati pada masyarakat yang hidup disana adalah kebiasaan menggunakan pakaian yang serba hitam. Bahkan pengunjung yang akan masuk juga diwajibkan untuk menggunakan pakaian hitam. Bukan tanpa alasan pakaian hitam merupakan simbol kesederhanaan bagi mereka.

Pembuatan sarung suku kajang Foto : budaya-indonesia(dot)org

Pembuatan sarung suku kajang Foto : budaya-indonesia(dot)org

Pelancong yang datang ke suku kajang banyak orang yang suka mencari sarung hitam asli suku kajang sebagai oleh – olehnya. Sarung ini adalah pakaian yang biasa digunakan masyarakat suku kajang, harga perlembar sarung cukup mahal karena kualitasnya yang sangat baik dan tahan lama.

Sarung tenun suku kajang sangat kuat sebab dibuat menggunakan bahan – bahan alami. Pemberian warna kain menggunakan daun tarung yang tumbuh di sekitar rumah mereka. Daun tarung mesti direndam semalaman agar warna hitamnya bisa keluar dan benang pun bisa diberikan pewarnaan.

Menenun sarung biasa dilakukan ibu – ibu di bawah rumah mereka dengan alat – alat sederhana. Proses pembuatan selembar sarung kajang membutuhkan waktu minimal 10 hari. Agar sarung kajang dapat mengkilap biasanya digosok berkali – kali menggunakan kerang. Dari suku kajang kita bisa belajar bahwa kemajuan teknologi tidak selalu berdampak baik bagi lingkungan, kesederhanaan dapat membuat hidup lebih tenang dan damai.

(Visited 719 times, 1 visits today)


About

Blogger yang suka jalan - jalan apalagi kalau gratis


'Belajar Cinta Alam dari Masyarakat Suku Kajang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloMakassar.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool